28 Oktober 2022 3:39 pm

Tips Memilih Kurir Pengiriman Terbaik (Bisa Pick-up / Drop, Resi Otomatis)

Tips Memilih Kurir Pengiriman Terbaik (Bisa Pick-up / Drop, Resi Otomatis)
Tips memilih kurir pengiriman terbaik. Bagi Anda yang berbisnis online, khususnya yang bergerak dalam bidang penyedia barang, pastinya penting menentukan jasa pengiriman yang tepat untuk memperlancar bisnis Anda.
Bagi pebisnis mana pun, meningkatkan kualitas produk dan layanan adalah dua faktor terpenting, tapi Anda juga tidak boleh mengabaikan faktor-faktor lain. Misalnya, dalam bisnis online, tips memilih kurir pengiriman terbaik juga tidak kalah penting.
Memilih kurir yang tepat dapat secara langsung meningkatkan penjualan produk. Sebagai contoh, jika Anda memiliki website sendiri dan menjual produk langsung di website, seharusnya konsumen bisa langsung memilih kurir atau jasa pengiriman yang mereka inginkan.
Dengan demikian, proses belanja konsumen akan jauh lebih mudah, kualitas layanan Anda pun meningkat. Jadi, penting memilih kurir pengiriman yang tepat untuk mendukung perkembangan bisnis Anda.

Gambar: Pexels
Gambar: Pexels
Kurir yang tepat seharusnya tidak hanya menguntungkan pembeli, tapi juga menguntungkan Anda sebagai penjual. Misalnya, ada beberapa kurir yang menyediakan layanan pick-up paket di lokasi Anda, jadi Anda tidak perlu repot-repot mendatangi outlet setiap hari.
Ada pula kurir yang mendukung fitur drop paket. Artinya, Anda bisa melakukan booking pengiriman dan pembayaran terlebih dahulu melalui sistem. Setelahnya, Anda tinggal men-drop paket di outlet, tidak perlu input alamat dan menghitung ongkir lagi.
Lantas, kurir apa saja yang menyediakan layanan tersebut dan faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan? Yuk simak tips memilih kurir pengiriman terbaik berikut ini!

Tips memilih kurir


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Memilih kurir bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Lagi pula, pilihan kurir atau jasa pengiriman di Indonesia memang cukup banyak dan beragam, tergantung kebutuhan Anda.
Biasanya nama besar kurir sudah jadi alasan kuat untuk menentukan pilihan Anda. Terlebih jika kurir pengiriman tersebut jarang bermasalah dan dikenal tepat waktu.
Biar begitu, lebih baik jika Anda memperhatikan beberapa faktor dalam tips memilih kurir pengiriman terbaik, apa saja?
1. Biaya pengiriman — Harga adalah faktor utama yang diperhatikan konsumen dalam pembelian online. Pastikan Anda memilih kurir pengiriman dengan harga yang masuk akal, sebaiknya tidak terlalu mahal. 2. Tepat waktu — Selain soal harga, ketepatan waktu juga jadi faktor penilaian kualitas kurir. Pilih kurir yang jarang bermasalah dengan keterlambatan pengiriman atau kendala waktu lainnya. 3. Tracking real-time — Saat ini hampir semua kurir atau jasa pengiriman menyediakan fitur tracking real-time. Pembeli bisa melacak keberadaan produknya melalui kode resi. 4. Barang aman dan terjaga — Selain ketepatan waktu, faktor yang tidak kalah penting adalah keamanan produk atau paket. Tidak jarang muncul masalah barang rusak karena proses pengiriman yang terlalu kasar. 5. Paket pengiriman lengkap — Bagi pebisnis online, kurir yang terbaik adalah yang bisa melayani pengiriman lengkap dengan berbagai jenis barang, berat barang, dan jarak kirim.

Pilihan kurir pengiriman yang bisa pick-up / drop


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Nah selain 5 tips memilih kurir pengiriman di atas, Anda juga harus mempertimbangkan layanan ekstra yang biasanya diberikan oleh jasa pengiriman barang. Satu layanan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan adalah jasa pick-up barang atau drop barang.
Bagi pebisnis online, khususnya jika penjualan Anda terus meningkat dari ke hari, Anda bisa menghemat waktu pengiriman dengan jasa pick-up. Jadi, Anda tidak perlu mendatangi outlet pengiriman setiap hari, terlebih jika lokasi produksi Anda cukup jauh.
Anda cukup melakukan request pickup lewat sistem atau menghubungi outlet terdekat dan meminta pengambilan paket pada jam-jam tertentu, misalnya setiap jam 9 pagi dan jam 3 sore. Jadi, Anda bisa memastikan pengiriman paket di hari yang sama.
Pengiriman paket dengan layanan pick-up atau drop memang lebih mudah, tapi sebelum pickup atau drop, pastikan label pengiriman sudah ditempelkan di paket Anda. Dengan demikian, Anda bisa mencegah kesalahan pengiriman sekaligus mempercepat proses pengiriman.
Sejauh ini ada beberapa kurir atau jasa pengiriman yang menyediakan layanan pick-up atau drop paket, di antaranya:

Nama Kurir
Pick-up
Drop
Tersedia
Tersedia
Tersedia, menggunakan WhatsApp Bot
Tersedia dengan menjadi mitra
Tersedia dengan menjadi mitra
Tersedia dengan menjadi mitra
J&T Express
Tersedia, order langsung melalui website resmi
Tersedia, order langsung melalui website resmi
Support terbatas
Support terbatas
Tersedia
Tersedia
Tersedia dengan menjadi mitra
Tersedia dengan menjadi mitra
Tersedia
Tersedia


Layanan pick-up dan drop juga membuat proses pengiriman paket jadi lebih ringkas. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, seperti tagihan bulanan, resi otomatis, cashless saldo logistik, dan lainnya.
Selain itu, Anda juga bisa membuat kerja sama langsung dengan agen atau outlet terdekat untuk kurir-kurir tertentu. Misalnya untuk JNE yang tidak memberikan layanan penuh untuk pick-up dan drop paket, Anda mungkin bisa langsung bekerja sama dengan agen terdekat di lokasi Anda.
Pilihan kurir atau pengiriman tersebut seharusnya sudah cukup untuk menjalankan bisnis online Anda. Akan lebih mudah jika Anda memiliki landing page atau website untuk menjual produk yang langsung terhubung dengan pilihan kurir tersebut.
Tidak hanya itu, dengan menghubungkan jasa kurir di website, Anda juga bisa mendapatkan diskon khusus, jadi konsumen akan merasa diuntungkan dengan biaya ongkir yang lebih murah.
Berdu bekerja sama dengan beberapa kurir tersebut untuk mengirimkan paket COD dan NON COD dengan diskon ongkir mencapai 30%, di antaranya:
  • SAP — 2% biaya COD. Biaya retur 50% ongkir. Toleransi berat 300g.
  • Anteraja — Belum support COD. Toleransi berat 300g.
  • JNE — 3% biaya COD. Biaya retur 50% ongkir. Toleransi berat 300g.
  • Ninja Express — 3% biaya COD. Gratis biaya retur. Toleransi berat 300g.
  • Sicepat — 3% biaya COD. Gratis biaya retur. Toleransi berat 300g.
  • JDL — 2% biaya COD. Gratis biaya retur. Toleransi berat 300g.
  • ID Express — 3% biaya COD. Biaya retur 50% ongkir. Toleransi berat 300g

Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Dengan menggunakan landing page atau website di Berdu, Anda bisa memastikan pengiriman paket jadi lebih mudah dan cepat. Anda juga bisa memberikan diskon ongkir untuk setiap pengiriman paket yang dipesan melalui Berdu.
Berdu menyediakan fitur cashless, Anda bisa melakukan top-up ongkir terlebih dahulu, jadi kurir hanya perlu pick-up paket atau langsung drop paket tanpa harus hitung ongkir satu per satu di counter agen atau outlet kurir.
Website Berdu juga mendukung integrasi dengan marketplace seperti Tokopedia atau Shopee. Jadi, Anda bisa mengatur stok barang dan pengiriman dengan mudah, tidak akan ada masalah selisih barang, pengiriman terlambat, atau bahkan pengiriman dobel.
Selain itu, Anda juga bisa mengatur finansial bisnis dengan lebih baik melalui layanan tagihan bulanan. Artinya, Anda bisa langsung membayar tagihan pengiriman paket per satu bulan, tidak perlu satu per satu di setiap harinya.
Nah itu dia ulasan singkat soal tips memilih kurir pengiriman terbaik. Pastikan website Anda menyediakan pilihan kurir yang cukup mendukung konsumen ya!
Ayo buat Website kamu sekarang!