25 April 2022 10:43 am

Cara Menghubungkan Akun Shopee ke Website Anda

Cara Menghubungkan Akun Shopee ke Website Anda
Anda memiliki website dan ingin menghubungkannya dengan Shopee? Atau Anda sudah memiliki akun Shopee dan ingin membuat website untuk mengembangkan brand?
Nah, Berdu dapat membantu Anda mengatasi dua persoalan tersebut. Saat ini sudah jadi hal biasa ketika satu brand memiliki akun penjualan di marketplace seperti Shopee dan memiliki website sendiri.
Sejak pandemi melanda Indonesia, semakin banyak bermunculan toko-toko online yang merespons kebutuhan konsumen. Toko online yang ingin berkembang seharusnya menerapkan integrasi akun marketplace dengan website.
Mungkin Anda merasa marketplace saja sudah cukup, tapi faktanya tidak demikian. Anda membutuhkan website untuk melebarkan strategi marketing, seperti menerapkan strategi Search Engine Optimization atau bahkan beriklan di Google.
Tak perlu khawatir, website tersebut justru bisa dihubungkan dengan akun Shopee Anda untuk memperkuat dan meningkatkan penjualan Anda. Yuk simak caranya!

Buat website Anda di Berdu


Berdu dapat membantu Anda membuat website sendiri dengan pengelolaan yang relatif mudah. Bahkan, website Berdu relatif ramah untuk awam yang tidak terlalu paham dengan seluk-beluk website dan digital platform.
Anda bisa membuat website di Berdu (klik di sini) dan melakukan integrasi website dengan marketplace seperti Shopee. Jadi, nantinya Anda cukup mengupload produk di website dan otomatis produk tersebut akan terupdate di Shopee.

Dengan melakukan integrasi ini, Anda justru bisa bekerja lebih efektif. Jika Anda memiliki banyak platform, seperti Shopee, Tokopedia, website, atau bahkan marketplace lain, tentu Anda memahami rumitnya melakukan update data satu per satu.
Tak perlu khawatir, Berdu memahami masalah tersebut dan mencoba menyediakan solusi. Anda tidak perlu repot-repot membuka dan mengelola setiap platform marketplace untuk melakukan update stok, pembaruan deskripsi produk, dan manajemen produk secara umum.
Bagi Anda yang sudah memiliki website Berdu, tutorial berikut ini khusus menjelaskan mengenai integrasi website dengan Shopee.

Langkah 1. Hubungkan Shopee dengan website Berdu



Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghubungkan website dengan akun Shopee Seller Anda. Tentu, pastikan akun Shopee Seller Anda aktif dan sudah berjalan.
Dengan cara ini, produk-produk yang ada di toko Shopee Anda bisa dihubungkan atau diimpor ke website Berdu. Jadi, Anda tidak perlu menambahkannya secara manual satu per satu. Caranya:
1. Buka dashboard website Anda di Berdu
2. Pilih Apps > cari dan ketik Shopee > klik gunakan
3. Setelahnya pilih ikon + Tambah di kanan atas > klik link
4. Akan terbuka tab untuk login ke akun Shopee Anda, isi sesuai keperluan > klik login
5. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan untuk verifikasi, klik Confirm Authorization
6. Jika sudah, akan muncul pengaturan App Shopee di Berdu. Dalam tahap ini, akun Shopee Anda sudah terkoneksi

Langkah 2. Sinkronisasi produk website dan Shopee



Berikutnya, Anda perlu mengaktifkan sinkronisasi antara website dengan akun Shopee Anda. Nantinya, Anda bisa membuat produk baru atau mengupdate produk di website Berdu, informasi baru tersebut akan otomatis tersinkronisasi dengan Shopee.
Jadi, ketika Anda membuat atau mengedit produk di Berdu, produk yang sama di Shopee akan otomatis terupdate. Cara ini praktis, memudahkan Anda, bahkan juga membantu untuk perhitungan stok.
Perlu diketahui bahwa sinkronisasi ini bersifat satu arah. Ketika Anda mengedit produk di website Berdu maka akan otomatis terupdate di akun Shopee, tapi tidak berlaku sebaliknya. Caranya:
1. Buka dashboard website Anda di Berdu
2. Pilih tab produk dan klik ikon + Produk di kanan atas untuk membuat produk baru
3. Selanjutnya, masukkan nama dan informasi produk sesuai kebutuhan Anda. Anda juga bisa menambahkan gambar produk yang dibutuhkan
4. Coba lengkapi data produk, seperti deskripsi, harga produk, jumlah stok, dan berat produk
5. Jika sudah, klik tab Marketplace dan centang pada akun Shopee yang sudah terhubung
6. Selanjutnya, di bagian Tipe ada pilihan Buat produk baru atau Produk yang sudah ada. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda
7. Anda bisa menentukan informasi yang akan di-sinkronisasi. Centang semua atau centang pilihan Anda di opsi tersebut, yaitu Sync nama, Sync Gambar, Sync Harga, dst.
8. Nantinya, hanya data produk yang disinkronisasi yang dapat berubah. Misalnya jika Anda hanya mencentang Sync nama maka hanya nama produk yang akan berubah secara otomatis

Langkah 3. Kategori dan pengecekan


Berikutnya, Anda bisa menambahkan produk yang ada di website Berdu ke kategori yang ada di Shopee secara otomatis. Jadi, ketika menambahkan produk baru di website Berdu, Anda bisa mengatur default kategori di akun Shopee.
Ada beberapa pilihan kategori yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Fitur ini praktis dan disediakan agar Anda tidak perlu mengatur ulang kategori di akun Shopee, cukup dari website Berdu. Caranya:
1. Buka dashboard website Anda di Berdu
2. Pilih tab Apps dan klik Kategori
3. Pilih kategori untuk produk default
4. Jika perlu, tambakan kategori sesuai kebutuhan Anda
5. Selanjutnya, untuk melakukan pengecekan, kembali ke aplikasi Shopee di Berdu dan klik Detail
6. Anda akan menemukan informasi produk-produk yang sudah tersinkronisasi. Perhatikan statusnya, Sudah diimpor berarti produk sudah diupload di website dan terhubung otomatis ke Shopee
7. Anda bisa mengecek ulang informasi deskripsi, stok, dan harga produk
8. Kembali ke tab Apps Shopee di admin website Berdu, pilih menu Riwayat. Anda bisa mendapatkan informasi detail upload produk ke Shopee

Langkah 4. Impor produk dari Shopee ke website Berdu



Tiga langkah di atas fokus mengenai cara menghubungkan website dengan akun Shopee dan bagaimana mengupload produk di website supaya otomatis terupdate di akun Shopee.
Nah bagi Anda yang sudah terlebih dahulu memiliki akun Shopee dan baru membuat website, tentu Anda ingin menghubungkan produk yang sudah terupload di Shopee ke website baru Anda.
Tak perlu khawatir, Berdu menyediakan fitur untuk membantu Anda mengimpor semua produk dari Shopee ke website dengan mudah. Jadi, Anda tidak perlu mengupload ulang atau menghubungkan produk satu per satu. Caranya:
1. Sebelum mulai, pastikan website Berdu Anda sudah terhubung dan terverifikasi dengan akun Shopee Seller
2. Buka dashboard admin website Anda di Berdu > pilih tab Apps > cari dan klik Shopee
3. Jika diperhatikan, ada beberapa produk dengan status Belum diimpor dan Sudah diimpor. Pastikan produk yang Anda inginkan berstatus aktif di Shopee Seller
4. Selanjutnya, pilih salah satu produk yang ingin Anda input ke website, lalu klik impor
5. Akan terbuka tab Duplikasi Baru. Anda bisa mengedit produk sesuai keperluan, seperti menambahkan deskripsi atau foto produk
6. Jika merasa tidak perlu mengubah detail produk > cukup klik Duplikat di kanan atas > lalu pilih Simpan
7. Anda bisa melakukan impor produk lebih dari satu secara bersamaan, cukup centang produk-produk yang diinginkan

Mungkin langkah impor produk satu per satu di atas sedikit merepotkan bagi Anda. Tak perlu khawatir, Berdu juga menyediakan solusi impor massal/batch secara langsung, bahkan bisa sampai ribuan produk. Klik di sini untuk melihat video tutorialnya.


Nah demikian cara integrasi marketplace Shopee dengan website. Mudah, bukan? Dengan cara ini, Anda bisa memangkas waktu kerja dan meningkatkan efektivitas dalam hal mengupload produk atau mengupdate informasi produk.
Menariknya, Anda bisa menghubungkan beberapa akun marketplace sekaligus. Jadi jika Anda juga memiliki akun seller di marketplace lain, seperti Tokopedia, Anda bisa dengan mudah melakukan update lewat dashboard Berdu.
Simak artikel ini untuk melakukan integrasi Tokopedia dengan website Anda. Yuk buat website Anda di Berdu!
Ayo buat Website kamu sekarang!