Ketentuan COD

Jika butuh bantuan hubungi:

Kontak WhatsApp:
CS 1: 0898-5235-887 (Senin-Jumat)
CS 2: 0838-1117-8344 (Sabtu-Rabu)
1. Pihak Berdu hanya melakukan booking dan tidak bertanggung jawab atas masalah-masalah yang timbul terkait pengiriman atau pickup barang.


2. Sistem COD masih dalam tahap pengetesan, masalah-masalah atau bug yang timbul dari sistem COD dianggap wajar dan pihak Berdu tidak berkewajiban melakukan ganti rugi apapun ketika ada masalah yang terjadi.


3. Pihak merchant wajib untuk menggunakan packing slip COD yang disediakan oleh Berdu


4. Pihak merchant wajib untuk meminta slip bukti pickup / kwitansi pickup dari kurir yang melakukan kegiatan pickup.


5. Di setiap hari Jumat, pihak Berdu akan mentransfer hasil transaksi COD yang sudah dapat dicairkan ke Merchant. Hasil transaksi ini berupa nilai COD yang ditentukan merchant dan dikurangi oleh biaya lainnya seperti tarif pengiriman, tarif COD dan PPN.


6. Jika ada laporan perubahaan yang diberikan kurir, pihak Berdu berhak melakukan rekonsiliasi atau penyesuaian tarif. Ketika saat rekonsiliasi ditemukan biaya pengiriman kurang dari seharusnya, maka pihak merchant wajib untuk membayarkan selisih biayanya kepada pihak Berdu, maksimal 7 hari setelah invoice dibuat.


7. Ketika terjadinya RTS (return to sender) maka merchant wajib untuk membayar biaya dari pengiriman dan biaya return sesuai dengan tarif yang ditentukan. Jika biaya pengiriman dan return melebihi biaya pengiriman berhasil yang dapat dicairkan, maka merchant wajib untuk membayar selisih dari biaya tersebut ke Berdu, maksimal 7 hari setelah invoice dibuat.


8. Ketika jumlah RTS dari Merchant melebihi angka wajar, pihak Berdu berhak untuk memblokir sistem COD dari Merchant,


9. Jika pihak Berdu menemukan adanya kegiatan yang tidak normal atau kecurangan dari pihak Merchant. Pihak Berdu berhak memblokir sistem COD Merchant tanpa memberikan peringatan dan penjelasan.



10. Ketika merchant tidak melunasi tagihan pengiriman atau tagihan COD yang diberikan, pihak Berdu berhak memblokir website Merchant dan melaporkan merchant ke pihak yang berwajib.



11. Pihak Berdu diperbolehkan untuk mengakses, meneliti, menggunakan dan membagikan data dari pengiriman COD yang dilakukan Merchant.



12. Pihak Berdu diperbolehkan untuk membagikan alamat dan nomor telepon Merchant yang mendaftar pengiriman COD by Berdu ke kurir pengiriman, baik kepada kurir yang sudah terintegrasi dengan Berdu, ataupun kurir yang sedang akan menjalin integrasi dengan Berdu



13. Pihak Merchant wajib mengikuti peraturan dan ketentuan masing-masing kurir pengiriman yang pihak Merchant gunakan.



14. Pihak Merchant wajib membayarkan ganti rugi kepada pihak Berdu ataupun pihak Kurir, jika ditemukan bahwa pihak merchant melakukan penyalahgunaan, pelanggaran hukum atau menimbulkan masalah lainnya



15. Jika pengiriman COD berhasil di hari Jumat, maka pencairan akan dilakukan di Jumat minggu depan



16. Pengiriman dengan Ninja Express, dilarang untuk melakukan Drop Off ke kurir Mitra



17. Jika ada hal yang dianggap tidak normal, pihak Berdu berhak menahan sementara uang pencairan COD

Biaya Kurir



Biaya Sicepat

  1. Biaya COD 3% + ppn 10% = 3.3% dari nilai COD / nilai total (termasuk ongkir)
  2. Jika gagal, biaya yang perlu dibayarkan hanya biaya kirim saja, biaya kirim balik tidak dikenakan. Contoh: Saat RTS ongkir pengiriman Rp 10.000 dan ongkir pengembalian tidak dikenakan, total yang ditagihkan adalah Rp 10.000
  3. Hanya untuk pengiriman Reguler
  4. Belum mensupport asuransi
  5. Toleransi berat 300g

Biaya SAP

  1. Biaya COD 2% + ppn 10% = 2.2% dari nilai COD / nilai total (termasuk ongkir)
  2. Jika gagal, biaya pengembalian balik adalah 50% biaya ongkir pengiriman. Contoh: Saat RTS ongkir pengiriman Rp 10.000, jadi ongkir pengembalian Rp 5.000, total yang ditagihkan adalah Rp 15.000
  3. Hanya mensupport pengiriman REG
  4. Belum mensupport asuransi
  5. Toleransi berat 300g


Biaya IDExpress

  1. Biaya COD 3% + ppn 10% = 3.3% dari nilai COD / nilai total (termasuk ongkir)
  2. Jika gagal, biaya pengembalian balik adalah 50% biaya ongkir pengiriman. Contoh: Saat RTS ongkir pengiriman Rp 10.000, jadi ongkir pengembalian Rp 5.000, total yang ditagihkan adalah Rp 15.000
  3. Hanya mensupport pengiriman STD
  4. Belum mensupport asuransi
  5. Toleransi berat 300g

Biaya Ninja Express

  1. Biaya COD 3% + ppn 10% = 3.3% dari nilai COD / nilai total (termasuk ongkir)
  2. Jika gagal, biaya yang perlu dibayarkan hanya biaya kirim saja, biaya kirim balik tidak dikenakan. Contoh: Saat RTS ongkir pengiriman Rp 10.000 dan ongkir pengembalian tidak dikenakan, total yang ditagihkan adalah Rp 10.000
  3. Belum mensupport asuransi
  4. Toleransi berat 300g
  5. Pengiriman Ninja Xpress paket harus diberikan ke kurir yang melakukan pickup. Tidak boleh melakukan drop paket ke gerai atau drop point.
  6. Integrasi masih dalam pengetesan Alpha

Biaya JX

  1. Biaya COD 2% + ppn 10% = 2.2% dari nilai COD / nilai total (termasuk ongkir)
  2. Jika gagal, biaya pengembalian balik adalah 50% biaya ongkir pengiriman. Contoh: Saat RTS ongkir pengiriman Rp 10.000, jadi ongkir pengembalian Rp 5.000, total yang ditagihkan adalah Rp 15.000
  3. Belum mensupport asuransi
  4. Toleransi berat 300g

Diskon Ongkir

  • Sicepat - Reg = Diskon 20%
  • SAP - Reg = Diskon 20%
  • IDExpress - STD = Diskon 19%
  • Ninja Express - STD = Diskon 10%
  • JX = Diskon 10%
(Ongkir sudah otomatis dipotong diskon)

Jika butuh bantuan hubungi:

Kontak WhatsApp:
CS 1: 0898-5235-887 (Senin-Jumat)
CS 2: 0838-1117-8344 (Sabtu-Rabu)