29 Juli 2022 2:07 pm

Tips Desain Homepage Website Anda

Tips Desain Homepage Website Anda
Homepage adalah salah satu bagian terpenting dari website Anda. Desain homepage cukup penting, karena halaman itulah yang pertama kali dilihat pengunjung.

Pada dasarnya, homepage berperan untuk mengenalkan brand Anda. Di balik layar, ada serangkaian kode yang berjalan untuk membantu pengunjung dalam menemukan hal yang mereka butuhkan.

Entah bergerak di bidang penjualan barang atau penyedia jasa, desain homepage harus dibuat sebaik mungkin. Baik dalam hal ini bukan hanya soal estetika, melainkan juga soal kemudahan dan ketersediaan fitur.

Desain homepage tidak jauh berbeda dengan desain landing page. Artinya, setiap detail yang muncul harus membantu menciptakan kesan pertama brand Anda yang kuat.

Tentu ada banyak cara mendesain homepage, tidak ada patokan pasti, semua disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, untuk membantu memudahkan Anda, yuk simak beberapa tips desain homepage berikut ini!

Mendesain homepage dengan efektif


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Mengutip Shopify, riset membuktikan bahwa homepage terbaik bisa mencuri perhatian pengunjung dalam waktu kurang dari 10 detik.

Ada banyak hal yang perlu disediakan. Misalnya, dalam hal desain, Anda harus memastikan bahwa navigational flow homepage cukup jelas supaya pengunjung bisa dengan segera menemukan apa yang mereka cari.

Untungnya, memenuhi faktor-faktor pendukung tersebut tidak sulit. Berikut beberapa di antaranya:

Pertimbangkan user experience


Anda boleh saja sibuk memilih warna atau elemen untuk ditampilkan di homepage. Namun, hal terpenting yang sebenarnya perlu Anda pastikan adalah meyakinkan pengunjung untuk mencari produk dan akhirnya membeli produk atau jasa tersebut.

Nah, untuk memenuhi hal itu, Anda harus menciptakan sistem user experience (UX) yang mudah dan jelas. Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini mungkin membantu Anda mengukur kualitas UX.

  • Seberapa mudah bagi pengunjung untuk mencapai online store dari homepage?
  • Anda ingin pengunjung melakukan apa? (Misalnya pembelian, bergabung dengan komunitas, mengisi data, dsb)
  • Apakah langkah-langkah mencapai tujuan tersebut cukup sederhana?
  • Seberapa banyak informasi yang perlu diberikan pengunjung untuk sampai ke langkah berikutnya?
  • Bisakah Anda menghapus satu atau beberapa tahap yang mungkin bisa dieliminasi?

Terkadang, pengunjung website Anda sudah mengenal brand Anda, tapi ada pula yang tidak. Nah, Anda harus mendesain homepage dengan mempertimbangkan dua jenis pengunjung tersebut.

Pilih color scheme dan font yang ideal


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Bermain-main dengan warna dan jenis font mungkin menyenangkan, tapi pastikan Anda tidak melakukannya secara berlebihan. Anda juga perlu memilih jenis font dan warna yang sesuai dengan identitas brand.

Perlu diingat, tampilan homepage Anda tetap sangat penting. Setelah mendesain alur navigasi yang memudahkan pengunjung, Anda bisa mulai mendesain homepage agar tampil cantik.

Tidak ada panduan mutlak, segalanya disesuaikan dengan kebutuhan dan identitas brand Anda. Intinya, jangan menyulitkan pengunjung dalam mencari apa yang mereka butuhkan.

Pilih jenis font yang mudah dibaca, pastikan ukurannya tidak terlalu kecil. Lalu, soal pemilihan warna, pastikan Anda selalu menyesuaikannya dengan warna brand Anda.

Gunakan gambar atau foto yang eye-catching


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Seperti yang Anda tahu, konten visual adalah daya tarik utama sebuah website. Jadi, pastikan Anda menggunakan gambar, foto, atau video yang cukup mencuri perhatian.

Jika Anda menjual produk, pastikan Anda bisa mendorong pengunjung website untuk membuka halaman produk dengan pancingan foto atau video di homepage.

Berikut beberapa fitur desain homepage yang biasa digunakan:

  • Image with text overlay
  • Slideshows
  • Video
  • Animations

Sesuaikan konten sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda. Sebagai contoh, slideshow foto mungkin lebih cocok untuk menampilan produk atau jasa dengan beberapa foto yang mendukung.

Pertimbangkan mobile design



Bagaimanapun, ada lebih banyak pengguna yang mengakses internet melalui HP (mobile) daripada melalui PC atau laptop. Jadi, pastikan Anda memperhatikan desain mobile website Anda.

Biasanya desain mobile dibuat berbeda dengan desain desktop. Mobile website dibuat lebih user friendly, tidak terlalu padat informasi, dan dengan tombol-tombol navigasi yang terlihat jelas.

Selain itu, pastikan bahwa kualitas foto Anda cukup tinggi, tapi dengan ukuran file yang tidak terlalu besar supaya mempercepat proses loading.

Nah itu dia tips desain homepage website untuk mencapai tujuan Anda. Semoga membantu ya!
Ayo buat Website kamu sekarang!