17 Desember 2021 3:07 pm

Apa Itu Mobile Marketing? Cara Efektif Menggaet Customer

Apa Itu Mobile Marketing? Cara Efektif Menggaet Customer
Artikel ini berisi panduan lengkap mengenai segala hal yang perlu Anda tahu soal mobile marketing. Di era modern ini, mobile marketing adalah senjata utama untuk mengembangkan bisnis Anda.

Betapa tidak, saat ini hampir seluruh akses internet dilakukan melalui HP alias mobile. Oleh sebab itu, setiap strategi marketing Anda seharusnya menyesuaikan dengan kebiasaan ini.

Memang masih ada beberapa orang yang menggunakan PC desktop, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak. Sekitar 90% akses yang dilakukan user menggunakan HP atau mobile.

Contoh sederhana mobile marketing: Katakanlah Anda memiliki website untuk menjual produk atau jasa Anda. Nah sebaiknya Anda mengutamakan tampilan versi mobile, baru setelahnya mengatur tampilan versi desktop.

Anda juga perlu mengutamakan strategi marketing untuk user yang melakukan akses menggunakan mobile. Oleh sebab itu, Anda harus mulai memahami pentingnya mobile marketing.

Apa itu mobile marketing?

Mobile marketing adalah strategi digital marketing dengan tujuan untuk melakukan pendekatan pada target audiens Anda yang menggunakan HP atau tablet.

Ada beberapa saluran untuk menjangkau audiens yang bisa Anda coba. Bisa menggunakan SMS, website, aplikasi, atau media sosial Anda.

Saat ini perkembangan teknologi mobile sudah begitu pesat. Sebagian besar hal yang Anda lakukan di desktop bisa Anda lakukan di HP. Harga HP juga lebih terjangkau, jadi ada lebih banyak audiens yang tersedia.

Nah dengan strategi marketing yang tepat, Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens. Tentu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti:
  • Buat konten yang mobile-friendly
  • Manfaatkan aplikasi dan platform mobile
  • Selalu ingat kebiasaan audiens Anda untuk membuat iklan mobile yang tepat
Tak hanya itu, sebagai strategi marketing, mobile marketing akan membantu Anda menjangkau audiens yang lebih besar. Sebab itu, sangatlah penting memiliki mobile-friendly website.

Konsep mobile marketing

Ada beberapa poin penting dalam mobile marketing yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat strategi. Setiap komponen ini krusial untuk menciptakan strategi yang efektif.

Convenience (kenyamanan)

Berkat mobile marketing, Anda dapat menjangkau target audiens secara langsung. Dengan bantuan software, Anda bisa memilih mengirim pesan kepada target tertentu secara spesifik.

Simplicity (kesederhanaan)

Merancang mobile marketing campaign lebih mudah bagi Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bantuan dari berbagai agency yang sudah ahli dalam bidang pekerjaannya. Misalnya dalam hal pembuatan software atau aplikasi.

Speed (kecepatan)

Membuat mobile marketing campaign jauh lebih cepat daripada strategi marketing lainnya. Meski begitu, sebaiknya Anda berusaha menentukan target setepat mungkin.Anda juga perlu meningkatkan loading time di website Anda. Jangan sampai pengunjung website Anda harus menunggu lama untuk membuka suatu halaman.

Analytics (analisis)

Dengan menggunakan strategi mobile marketing, Anda bisa melakukan analisis untuk strategi iklan Anda, misalnya untuk memantau traffic yang masuk.Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu analisis tersebut. Ada Google Analytics for Mobile, Countly, Smartlook, dan masih banyak lagi.

Location-based (berdasarkan lokasi)

Location-based adalah fitur yang hanya tersedia di perangkat seluler atau mobile. Artinya, audiens Anda akan menerima informasi yang relevan dan sesuai dengan lokasi tempat tinggalnya.

Responsive (desain responsif)

Yang dimaksud dengan desain responsif adalah bagaimana website Anda bisa bekerja dengan baik dan tetap terlihat baik di perangkat apa pun yang digunakan audiens Anda. Sebab itu, Anda perlu merancang konten Anda untuk bisa menyesuaikan dengan setiap perangkat. Anda bisa melakukan ini dengan bantuan platform pembuatan website yang modern, di mana tampilan web bisa disesuaikan untuk berbagai macam perangkat, baik mobile maupun tablet. Anda juga bisa mengedit halaman web sambil langsung memantau tampilannya di smartphone secara real-time.

Cost-effective (biaya efisien)

Tergantung budget dan target Anda, ada beberapa strategi yang bisa Anda pilih. Tentunya Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk membuat aplikasi dengan beragam fitur yang tidak akan digunakan oleh audiens Anda.

Jenis-jenis mobile marketing

Saat ini ada begitu banyak hal yang bisa Anda gunakan dalam mobile marketing. Namun, yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa mencuri perhatian calon customer Anda.

Oleh sebab itu, coba pilih strategi mobile marketing yang efisien. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa setiap konten atau iklan yang Anda buat adalah untuk audiens yang menggunakan HP mereka.

Berikut beberapa jenis mobile marketing yang terbukti efektif dan efisien sepanjang tahun 2021:
  • Mobile website
  • Promosi teks (SMS, push notification)
  • Marketing berdasarkan lokasi (location based)
  • QR codes (untuk diskon dan semacamnya)
  • Mobile ads
  • Mobile search
  • Mobile payment

Mengapa mobile marketing begitu penting?

Memasarkan produk Anda kepada pengguna yang selalu menggunakan perangkat seluler adalah peluang besar. Sebagai pebisnis, tentu Anda perlu mengikuti perkembangan dan menyesuaikan strategi Anda dengan kebiasaan audiens.

Selain itu, keuntungan besar lainnya dari mobile marketing adalah Anda bisa menggunakan fitur location-based. Fitur ini membidik kelompok audiens yang berada di lokasi tertentu.

Fitur ini tentu sangat penting bagi Anda, khususnya Anda yang bergerak di bidang jasa. Katakanlah Anda bergerak dalam jasa instalasi dan reparasi AC di DKI Jakarta.

Dengan mobile marketing, Anda bisa mengirim iklan yang tepat sasaran untuk audiens di DKI Jakarta saja, tidak perlu melebar sampai ke daerah-daerah lainnya. Artinya, iklan Anda akan lebih efektif dan biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar.

Berikut beberapa statistik yang mendukung Anda untuk menggunakan mobile marketing:
  • Datareportal mencatat 5,15 miliar mobile users pada tahun 2021, sekitar 66% dari total populasi dunia.
  • 52,2% traffic website datang dari HP.
  • 96% user mobile menggunakan Google sebagai mesin pencari utama.
  • 91% user media sosial menggunakan HP.

Keuntungan mobile marketing

Di antara sekian banyak keuntungan mobile marketing, salah satu hal yang terpenting adalah setiap strategi Anda lebih mudah dilacak. Anda bisa mengecek seberapa efektif iklan Anda, bisa juga mengukur jumlah klik yang dibuat audiens.

Selain itu, dengan menggunakan mobile marketing, Anda bisa meningkatkan kualitas customer experience yang mengakses website atau menggunakan aplikasi Anda.

Seperti yang disinggung sebelumnya, sebagian besar orang mengakses website dan aplikasi menggunakan HP mereka. Jadi Anda bisa membuat iklan yang lebih nyaman untuk ditonton melalui HP, bukan iklan untuk desktop yang lalu disesuaikan untuk HP.

Keuntungan terbesar lainnya adalah location-based marketing. Artinya Anda bisa membidik target segmen tertentu yang sangat spesifik. Iklan yang Anda buat juga lebih personal dan efektif.

Perlu anda tahu, mesin pencari seperti Google juga akan mengutamakan website yang sudah mobile-friendly. Jadi, jika Anda bisa membuat website Anda jadi user-friendly dan mobile-friendly, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan ranking lebih baik di mesin pencari seperti Google.

Mobile marketing juga lebih murah, biaya yang dikeluarkan lebih efektif jika dibandingkan dengan jenis iklan lainnya.Berikut beberapa keuntungan mobile marketing:
  • Tracking mudah
  • Bisa meningkatkan customer experience
  • Memperkuat hubungan dengan customer
  • Membidik kelompok orang yang lebih spesifik
  • Menjangkau audiens yang lebih luas
  • Mendapatkan keuntungan di search engine
  • Biaya lebih murah
  • Bisa mendapatkan hasil dengan cepat
Nah itu dia sederet alasan Anda untuk mulai memaksimalkan mobile marketing. Oleh sebab itu, yuk mulai dengan membuat website Anda jadi mobile-friendly bersama Berdu!


Ayo buat Website kamu sekarang!