16 Juli 2022 7:00 am

Tips Desain Halaman Daftar Produk (Product Listing Page)

Tips Desain Halaman Daftar Produk (Product Listing Page)
Halan produk bisa dianggap sebagai salah satu bagian terpenting dalam sebuah website. Sama seperti etalase, halaman produk harus didesain untuk memikat pembeli.
Jika Anda sudah memiliki website sendiri, entah bergerak dalam bidang penyedia barang atau jasa, tentu menjual produk Anda adalah salah satu target utama. Biasanya, calon pelanggan akan mengunjungi halaman produk untuk mencari barang yang mereka butuhkan.
Oleh sebab itu, jelas penting untuk mendesain halaman produk sebaik mungkin. Dalam hal ini, desain yang dimaksud bukan hanya soal estetika, melainkan juga soal poin informatif dan interaktif.
Buat website Anda di Berdu dan desain halaman produk sesuai dengan kebutuhan Anda. Lantas, apa saja yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan halaman produk agar memenuhi kebutuhan pelanggan?

Nama produk harus jelas


Gambar: Hubspot Blog
Gambar: Hubspot Blog

Nama produk jadi salah satu poin yang sering diabaikan, padahal jelas sangat penting. Produk harus dinamai dengan jelas dan lengkap untuk memudahkan konsumen.
Poin ini bahkan lebih penting bagi Anda yang menjual beberapa produk serupa. Sebagai contoh, deskripsi produk untuk ponsel Samsung S22 256 GB dan Samsung S22 512 GB jelas berbeda.
Dua produk itu sama persis, tapi ada perbedaan dalam kapasitas memori internal. Nah, Anda harus memastikan bahwa informasi tersebut jelas tercantum dalam nama produk.

Foto detail


Gambar: searchenginejournal.com
Gambar: searchenginejournal.com

Foto atau gambar adalah bagian terpenting dari deskripsi produk. Foto harus detail, mencakup setiap aspek penting, dan berkualitas tinggi.
Anda harus memastikan bahwa foto produk tersebut bisa di-zoom oleh konsumen. Kebiasaan ini sudah jadi rahasia umum, jadi foto harus beresolusi tinggi.
Di saat yang sama, ukuran foto tersebut tidak boleh terlalu besar supaya lebih mudah muncul. Pelajari teknik optimasi gambar SEO di artikel berikut ini.

Harga menarik


Setelah membaca nama produk dan mengamati fotonya, biasanya calon pelanggan akan mulai mempertimbangkan harga. Nah, di sinilah salah satu poin penting dalam keputusan pembelian terjadi.
Pastikan Anda memasang harga yang menarik. Perhatikan rival-rival Anda yang menjual produk sama dan coba jangan terlalu tinggi memasang harga.
Selain itu, coba mainkan efek psikologi konsumen dengan memberikan diskon. Tidak harus diskon besar, cukup potongan harga yang masih masuk akal untuk penjualan Anda.
Anda juga bisa mempercantiknya dengan label 'Sale' atau menunjukkan perbedaan harga barang sebelum dan setelah didiskon.

Informasi kunci


Gambar: 99designs
Gambar: 99designs

Desain halaman produk yang baik juga harus mencantumkan informasi produk dengan lengkap. Anda harus meyakinkan konsumen mengapa produk atau jasa tersebut layak mereka pesan.
Berikan informasi-informasi penting mengenai keunggulan produk atau jasa dalam bentuk poin-poin penting. Dengan demikian, pelanggan tidak perlu berusaha ekstra untuk mendapatkan informasi.
Pastikan Anda menjelaskan poin-poin keunggulan produk seperti: 'Barang paling laris di Eropa' atau 'Jasa layan-antar tercepat dan tepercaya di Indonesia'.

Tambahkan informasi clickable



Masih terkait dengan informasi kunci, Anda juga bisa menambahkan link di setiap poin informasi penting, mengubahnya jadi clickable information. Fitur ini penting untuk memudahkan calon pelanggan memilih produk.
Sebagai contoh, spesifikasi produk untuk ponsel Samsung S22 256 GB dan Samsung S22 512 GB. Nah Anda bisa membuat spesifikasi tersebut menjadi spesifikasi clickable, contohnya di kata Samsung’ atau di spek memori ‘512 GB’.
Nantinya, pada saat customer ingin mencari produk Samsung lainnya, mereka cukup klik kata ‘Samsung’ di spesifikasi produk untuk membuka halaman baru yang lebih lengkap.

Tombol call to action yang jelas


Setelah Anda memastikan setiap informasi dan poin-poin penting di atas sudah terpenuhi, langkah berikutnya adalah berusaha mendesain tombol call to action yang terpampang jelas dan memudahkan pelanggan.
Tombol call to action yang dimaksud adalah momen terpenting dalam mendukung keputusan pembelian konsumen. Anda bisa menambahkan tombol 'Langsung Beli' atau 'Tambah ke Keranjang'.
Intinya, buat tombol tersebut sejelas dan semenonjol mungkin. Anda bisa mendesainnya dengan warna merah atau warna lain yang mencolok supaya pelanggan tidak mudah melewatkannya.

Fitur perkiraan ongkir


Gambar: baymard.com
Gambar: baymard.com

Selanjutnya, hal yang tidak kalah penting adalah melengkapi perkiraan biaya ongkir produk. Untuk hal ini, Berdu menjalin kerja sama dengan berbagai jasa pengiriman paket, jadi website Anda bisa langsung terintegrasi.
Anda bisa menambahkan fitur Shipping Calculator atau perkiraan biaya ongkir. Biasanya ada beberapa faktor yang berpengaruh, seperti berat produk, jarak kirim, dan durasi pengiriman.

Testimoni


Di era sekarang, testimoni pelanggan bisa jadi salah satu bentuk promosi paling efektif. Jadi, jika mau Anda bisa menambahkan kolom komentar di bawah produk.
Langkah ini efektif digunakan di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee. Anda mungkin terbiasa melakukannya, yaitu mengecek komentar pelanggan sebelum membeli suatu produk.
Nah itu dia beberapa poin penting yang perlu Anda pertimbangkan sebagai online seller dalam mendesain halaman daftar produk. Menarik, bukan?
Ayo buat Website kamu sekarang!