28 Juni 2022 5:17 pm

Cara Menghubungi Live Chat Customer Support Facebook (dengan Video Tutorial)

Cara Menghubungi Live Chat Customer Support Facebook (dengan Video Tutorial)
Di tengah sengitnya persaingan antara platform media sosial dan iklan, perusahaan besar seperti Facebook kerap mendapatkan keluhan dari penggunanya terkait sulitnya mendapatkan dukungan ketika sesuatu terjadi pada akun mereka.

Hal ini tentu membuat para pengguna frustrasi, terutama usaha-usaha yang memasang iklan di Facebook dan punya beberapa bisnis yang dikelola dalam akun Business Manager. Pengguna bingung harus mencari siapa, ketika ada masalah seperti akun dinonaktifkan atau dibatasi.

Tidak mudah menghubungi Facebook lewat telepon, sehingga pengguna mencari cara lain seperti menghubungi lewat e-mail untuk mendapatkan layanan customer service.

Jika Anda yang membutuhkan bantuan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Cari Solusi Permasalahan Anda di Halaman Bantuan Facebook

Solusi dari kebanyakan permasalahan yang ditemui di akun iklan Anda mungkin sudah pernah disediakan oleh Facebook di halaman Bantuan.

Dari akun Pengelola Bisnis (Business Manager) Facebook Anda, cari menu Bantuan di bagian bawah halaman.

Di menu Bantuan di sidebar sebelah kanan sudah banyak artikel yang dirilis oleh Facebook terkait masalah yang sering dialami. Silahkan dicari dulu topik artikel terkait masalah Anda.

Anda juga akan ditunjukkan berbagai rekomendasi artikel yang berhubungan dengan topik utama.

2. Hubungi Live Chat Facebook

Jika solusinya belum juga ditemukan di menu Bantuan, kita boleh coba akses layanan live chat untuk menghubungi tim customer support Facebook. Untuk lebih jelas, bisa lihat link video tutorialnya di sini.


  1. Cari halaman Help, Support & Troubleshooting | Meta Business Help Center (Pusat Bantuan Bisnis Meta) di mesin pencarian Google.
  2. Scroll ke bawah halaman dan cari menu Temukan Jawaban atau Hubungi Dukungan.
  3. Setelah itu, klik Mulai.
  4. Klik Hubungi Dukungan Iklan.
  5. Pilih akun iklan yang bermasalah, serta masalah yang dialami
  6. Tuliskan informasi yang dapat membantu Facebook menginvestigasi masalah Anda, sediakan screenshot atau gambar lain yang membantu penjelasan Anda.
  7. Konfirmasi nomor telepon dan e-mail Anda.
  8. Klik Mulai Chat.
  9. Klik Buka di Messenger.
  10. Jendela chat sudah terbuka, silahkan ceritakan permasalahan Anda dengan detil.

Facebook Business Support
Facebook Business Support

Tombol akses live chat ini hanya diberikan oleh Facebook untuk akun-akun tertentu. Jika Anda belum bisa menggunakan fitur ini, coba tingkatkan aktivitas periklanan dan hindari pelanggaran kebijakan.

3. Formulir Kontak Langsung (Direct Contact Form) Facebook

Manfaatkan formulir kontak langsung Facebook:

4. Kirim E-mail ke Facebook

Anda bisa mencoba menghubungi Facebook lewat e-mail. Berikut adalah daftar alamat e-mail Facebook. Karena banyaknya pengguna yang mengirimkan e-mail ke Facebook, mungkin e-mail Anda tidak akan mendapatkan tanggapan dalam waktu cepat, namun tidak ada salahnya mencoba.
  • Kirimkan pesan ke phish@fb.com jika ingin melaporkan penipuan atau phishing (pengelabuan) yang melibatkan atau menyebutkan pihak Facebook.
  • Hubungi disabled@fb.com apabila akun Anda dinonaktifkan dan Anda ingin memulihkan akun tersebut.
  • Apabila Anda telah mengajukan banding terhadap keputusan Facebook yang menonaktifkan akun Anda dan harus mengirimkan informasi tambahan kepada Facebook (misalnya identitas dan dokumen lain), kirimkan e-mail Anda ke appeals@fb.com.

5. Hubungi Facebook Lewat Media Sosial

Jika Anda tidak menemukan masalah Anda di Pusat Bantuan, dan belum mendapatkan fitur live chat Facebook, Anda boleh coba hubungi Facebook lewat cara di bawah ini:


Sekian cara untuk mendapatkan bantuan dari Facebook, selamat mencoba!

Ayo buat Website kamu sekarang!