15 Juni 2022 8:05 am

Sama-Sama Penting, Ini Beda On-Page SEO vs Off-Page SEO

Sama-Sama Penting, Ini Beda On-Page SEO vs Off-Page SEO
Mempelajari teknik Search Engine Optimization (SEO) bisa jadi salah satu faktor kesuksesan perkembangan website Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, termasuk soal teknik on-page dan off-page.
Pada dasarnya, SEO adalah praktik mengoptimalkan website atau halaman suatu website untuk meningkatkan traffic dari pencarian organic search engine alias mesin pencari. Tentu Anda sudah tahu bahwa saat ini mesin pencari yang paling populer adalah Google.
Perkembangan Google menuntut pemilik website untuk ikut berkembang. Anda harus terus melakukan sejumlah penyesuaian untuk mempertahankan ranking terkait suatu kueri, bahkan bisa jadi merebut ranking tertentu.
Berdu sudah menulis penjelasan yang lebih lengkap mengenai SEO, klik di sini untuk memahaminya lebih lanjut. Singkatnya, saat ini mesin pencari sangat penting bagi perkembangan bisnis digital Anda.


Gambar: Oberlo
Gambar: Oberlo

Hampir semua orang menggunakan mesin pencari, Google jadi favorit, tapi ada pula beberapa mesin pencari lainnya. Fungsi utama mesin pencari ini adalah menemukan halaman web yang dibutuhkan oleh pengguna.
Sebagai pengguna, ketika Anda menuliskan kata kunci tertentu, mesin pencari seperti Google akan menelusuri setiap website dan webpage yang sudah masuk dalam index mereka, lalu akan mencoba memberikan hasil yang relevan bagi Anda.
Google merahasiakan cara kerja algoritmanya secara utuh. Namun, paling tidak ada dua teknik yang perlu Anda coba gunakan: On-page SEO dan off-page SEO.
Gampangnya, on-page SEO fokus pada faktor-faktor SEO yang terjadi di suatu halaman website, sedangkan off-page SEO fokus pada faktor-faktor di luar halaman website tersebut. Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!


Gambar: Ahrefs
Gambar: Ahrefs

Apa itu on-page SEO?


On-page SEO disebut juga on-site SEO, adalah suatu praktik optimasi halaman website untuk mendapatkan ranking yang lebih tinggi di mesin pencari seperti Google. Optimasi bisa terkait konten yang terlihat, bisa juga terkait source code HTML yang berada di balik layar.
Artinya, meningkatkan on-page SEO berarti harus mengerjakan keduanya, baik memperbaiki konten maupun memperbaiki kendala produk website itu sendiri, seperti soal back-end dan semacamnya.
Jika halaman website Anda kesulitan masuk ke dalam 10 besar halaman pertama pencarian Google, kemungkinan ada masalah dalam kelengkapan konten Anda. Seharusnya konten bisa memenuhi kebutuhan pencari.
Ada banyak teknik yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki on-page SEO, salah satunya dengan mengamati website rival yang mendapatkan ranking untuk pencarian tertentu.
Anda bisa menganalisis website atau webpage rival dengan menggunakan sejumlah tools khusus, Google juga menyediakannya. Selanjutnya, coba buat konten yang sama atau mirip dengan website rival tersebut.

Apa itu off-page SEO?


Off-page SEO bekerja dengan cara berbeda, tapi jelas sama pentingnya. Mudahnya, off-page SEO mencakup setiap upaya yang dilakukan di luar website untuk meningkatkan ranking website atau webpage tersebut.
Ada beberapa teknik yang bisa dilakukan, tapi yang dianggap paling efektif adalah dengan memperkuat backlink ke website Anda. Teknik memperkuat backlink ini juga disebut link building.
Singkatnya, semakin banyak website lain yang merekomendasikan website Anda melalui link tertentu, semakin bagus ranking website Anda di mata Google. Google bisa jadi menganggap website Anda memiliki informasi relevan.
Skenarionya begini, katakanlah Anda memiliki website XYZ.com. Nah, ketika website A, B, C, dan D membuat suatu konten blogpost dan menyertakan link ke website Anda maka semakin tinggi kualitas website Anda di mata Google.
Anda bisa bekerja sama dengan membayar website-website eksternal tersebut untuk merekomendasikan website Anda. Bisa juga dengan membuat sendiri website-website sekunder (private blog network) yang disiapkan untuk meningkatkan ranking website primer (main site).


Gambar: Sitechecker
Gambar: Sitechecker

Faktor-faktor penentu on-page SEO


Untuk meningkatkan kualitas on-page SEO, ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan. Semakin banyak faktor-faktor yang Anda penuhi, semakin tinggi kemungkinan website Anda mendapatkan ranking.
Tentunya faktor perbedaan setiap website juga berpengaruh, terlebih Google tidak benar-benar membocorkan algoritma ranking mereka. Namun, secara umum, berikut beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan dalam on-page SEO:
  • Search intent. Adalah suatu alasan di balik pencarian kata kunci tertentu, search intent jadi salah satu faktor paling kuat. Anda perlu mencari tahu apa yang ingin didapatkan atau diketahui oleh pengguna begitu mereka menulis kata kunci tertentu.
  • Content quality. Search intent memang sangat penting, tapi tentu perlu dilengkapi dengan menciptakan konten yang komplet dan berguna. Pengguna tidak akan bertahan lama di website Anda jika tidak mendapatkan informasi yang penting bagi mereka.
  • URL. Memang Google mengatakan bahwa URL bukanlah faktor besar, tapi tetap saja berpengaruh. Anda harus mencoba mengoptimalkan URL, misalnya dengan mencantumkan kata kunci penting dalam URL tersebut.
  • Judul halaman. Judul suatu blog post juga jadi salah satu faktor penentu, tapi bukan yang paling penting. Google membaca judul konten Anda untuk menghubungkannya dengan kueri pencarian tertentu.
  • Meta description. Ketika Anda membuat konten, khususnya blog post, pasti Anda diharuskan mengisi kolom meta description. Memang hal ini tidak sepenuhnya menentukan ranking, tapi tetap penting karena tampil di halaman pencarian Google (di bawah judul).
  • Internal links. Internal link adalah link yang terhubung suatu halaman ke halaman lain di website yang sama. Jadi, ketika Anda membuat blog post, usahakan ada beberapa link yang saling terkait dengan postingan sebelumnya. Tentu informasinya harus relevan.
  • Outbound links. Outbound link adalah link yang merekomendasikan halaman lain di luar website Anda. Biasanya link perlu dilengkapi menuju sumber utama yang menjadi bahan tulisan Anda.
  • UX design. Meningkatkan on-page SEO bukan hanya soal konten, desain dan kualitas website sendiri juga sangat penting. Saat ini, Anda harus membuat website jadi mobile-friendly dan mudah digunakan.

Gambar: Reliablesoft
Gambar: Reliablesoft

Faktor-faktor penentu off-page SEO


Off-page SEO adalah soal link building dan faktor-faktor lain yang dapat berpengaruh terhadap ranking suatu halaman secara langsung. Teknik off-page SEO mungkin sedikit lebih rumit dari dugaan Anda.
Seharusnya off-page SEO berada di luar kontrol Anda. Sebagai contoh, jika konten website Anda populer, akan semakin banyak website lain yang menggunakannya sebagai rujukan. Jadi, webpage Anda akan mendapatkan ranking yang lebih baik.
Biar begitu, Anda bisa mencoba mengontrol off-page SEO dengan berbagai strategi. Misalnya, Anda bisa membuat beberapa PBN sendiri, bisa juga membayar website lain untuk membuat konten yang merekomendasikan website Anda.
Secara umum, berikut beberapa faktor penting yang perlu Anda perhatikan dalam off-page SEO:
  • Backlink. Intinya, backlink adalah fondasi Google PageRank, yaitu suatu formula yang menilai suatu halaman website dengan mengamati kualitas dan kuantitas halaman-halaman lain yang memberikan link ke halaman tersebut. Secara umum, semakin banyak backlink terhadap suatu halaman tertentu, semakin besar kemungkinan halaman tersebut mendapatkan ranking di pencarian Google.
  • Google Business Profile. Apa pun alasannya, penting bagi website Anda memiliki Google Business Profile (Google My Business). Strategi ini juga penting bagi Anda yang mengembangkan bisnis lokal.

Ada pula beberapa faktor lain seperti rating dan rekomendasi dari pengguna terkait suatu website, tapi pengaruhnya tidak terlalu signifikan bagi off-page SEO. Intinya, link building masih jadi inti strategi off-page SEO yang paling penting. Yuk dicoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!