11 Februari 2022 5:04 pm

9 Tips SEO untuk Tingkatkan Ranking Website Anda (Retail dan Kelas Menengah)

9 Tips SEO untuk Tingkatkan Ranking Website Anda (Retail dan Kelas Menengah)
Anda sudah memiliki website pribadi untuk mengembangkan bisnis Anda? Jika benar, berarti Anda perlu memahami tips SEO tahun 2022 untuk meningkatkan ranking website Anda.
Pada dasarnya, ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan website bisnis Anda. Cara pertama dengan beriklan. Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mengiklankan produk atau website Anda.
Cara pertama itu biasa disebut dengan Search Engine Marketing (SEM), yaitu sebuah strategi untuk meningkatkan traffic website dengan memasang iklan di mesin pencari seperti Google.
Nah cara kedua adalah SEO, alias Search Engine Optimization (SEO). Praktik SEO fokus kepada hasil pencarian organic dan tidak berbayar di Search Engine Results Pages (SERPs), misalnya di Google.

SEO bagian dari SEM


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Sekilas, Anda mungkin memahami bahwa SEM adalah strategi berbayar, sedangkan SEO adalah strategi tidak berbayar. Pemahaman ini tidak salah, tapi tidak sepenuhnya benar.
Faktanya, SEM akan sia-sia jika tidak menerapkan praktik SEO dengan benar terlebih dahulu. SEM memang bagus untuk meningkatkan visibilitas website, tapi Anda harus terlebih dahulu memaksimalkan SEO website tersebut.
SEO menerapkan taktik untuk meningkatkan pencarian organic dari konsumen. Katakanlah konsumen mencari "sepatu kerja" di Google. Nah, website yang muncul teratas tanpa menggunakan iklan berarti telah menerapkan teknik SEO dengan benar.
Jadi, penting bagi Anda mempelajari cara kerja SEO dan menerapkan strategi SEO yang tepat. Saat ini, kecerdasan buatan Google semakin pintar memilih dan menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
Teknik SEO yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan potensi website Anda, entah Anda berjualan barang atau jasa. Terlebih, jika Anda memiliki bisnis kelas menengah, Anda harus mengalahkan banyak pesaing.
Oleh sebab itu, ada beberapa tips memaksimalkan SEO website untuk bisnis kelas menengah. Apa saja? Yuk disimak!

1. Pahami masalah konsumen, berikan solusinya


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Sebelum bicara soal SEO, Anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana konsumen menggunakan mesin pencari seperti Google. Langkah ini sangat penting supaya Anda bisa membidik target konsumen yang tepat, dengan memberikan pesan yang tepat pula.
Anda harus memahami betul target apa yang dibidik oleh bisnis Anda. Jadi, pahami masalah konsumen dan berikan solusi yang tepat.
Contoh, katakanlah Anda memiliki bisnis jasa servis iPhone. Untuk meningkatkan traffic website Anda, Anda mungkin bisa membidik keyword seperti: servis iPhone.
Masalahnya, keyword itu mungkin tidak cukup dan terlalu luas. Anda harus lebih mengenal konsumen Anda, misalnya dengan keyword seperti: servis iPhone 8 Jakarta Timur.

2. Perbaiki persoalan teknis website


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Sekilas, website Anda mungkin tampak baik-baik saja. Desain bagus, pilihan warna dan font tepat, gambar yang disajikan juga berkualitas tinggi.
Meski begitu, Anda perlu memastikan bahwa tidak ada masalah di bagian back-end website Anda. Sebelum menerapkan strategi SEO, Anda harus memastikan fondasi website kuat terlebih dahulu.
Google lebih menyukai website yang tidak bermasalah. Jadi, Google bisa dengan mudah melakukan crawl dan membuat index website Anda. Berikut beberapa masalah umum yang sebaiknya Anda hindari:
  • Speed. Pastikan kecepatan loading konten website Anda memadai.
  • Duplicate content. Google bisa membaca konten yang copy-paste atau duplikat dari website lain.
  • Broken link. Anda mungkin sudah menerapkan teknik hyperlink, tapi pastikan setiap link berfungsi dan bisa dibuka.

3. Optimalkan laman Anda


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Pada akhirnya, SEO adalah soal konten. Anda harus menulis konten dengan teknik yang tepat, sesuai dengan ketentuan mesin pencari seperti Google.
Anda harus memiliki konten yang ditulis dengan baik, berkualitas, dan ditulis dalam bahasa yang mudah dimengerti. Nah, dalam tulisan itu ada kata kunci alias keyword yang Anda target.
Posisi keyword dalam tulisan juga harus pas, natural, dan tidak terasa seperti dipaksakan. Dengan demikian, pengguna akan merasa nyaman saat membaca konten Anda, Google juga lebih mudah membuat indeks.
Berikut beberapa hal yang perlu dioptimalkan dalam konten Anda:
  • Judul
  • Subjudul (subheading)
  • Tag
  • Gambar
  • Video
  • Meta description
  • Body content
  • Internal links

4. Heading, subheading, dan meta description


Gambar: Impact Plus
Gambar: Impact Plus

Tips SEO berikutnya adalah menulis konten yang tepat dan sesuai dengan kaidah penulisan SEO. Anda mungkin sudah mengincar keyword yang tepat, tapi akan jadi masalah jika penulisannya tidak maksimal.
Penulisan sesuai kaidah SEO tidak sulit. Anda perlu memastikan keyword berada di judul, subjudul, dan di meta description.
Judul yang bagus harus mencakup keyword primer yang sedang Anda bidik dan harus menarik bagi konsumen untuk membuka konten Anda.
Selanjutnya, di badan konten, Anda harus memastikan ada beberapa subjudul yang bersinonim dengan keyword utama. Penulisan meta description juga harus akurat.

5. Optimalkan gambar


Anda mungkin bermaksud memberikan gambar produk sebanyak mungkin. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, terlalu banyak gambar justru bisa jadi masalah.
Gambar membutuhkan waktu lebih lama untuk loading. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengoptimalkan ukuran gambar sekecil mungkin, tapi kualitas gambar tetap jelas.
Langkah ini penting karena Google juga mempertimbangkan speed load halaman website Anda. Jika konten Anda lebih lambat keluar daripada konten kompetitor untuk informasi yang sama, Google akan mengutamakan halaman yang lebih cepat.

Gambar: Digital Connect
Gambar: Digital Connect

Google menelusuri website Anda dengan teknik yang disebut crawl. Nah, Google ingin tahu apakah artikel-artikel di website Anda saling terkait satu sama lain.
Jadi, pastikan Anda menggunakan internal link dengan sistem saling silang antar-artikel. Misalnya, artikel A mencantumkan link ke artikel B. Demikian pula sebaliknya, artikel B mencantumkan link ke artikel A.
Tidak ada batasan berapa link yang Anda pasang. Namun, pastikan kontennya relevan antar-artikel, jangan mencantumkan link ke konten yang beda topik bahasan.

7. User-friendly design


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Selain membereskan segala persoalan di back-end, Anda juga harus menyajikan tampilan website yang memanjakan user. Pastikan website Anda user-friendly baik untuk pengguna desktop maupun mobile.
Anda tidak perlu membuat desain yang terlalu rumit, justru sebaiknya pilih desain yang sederhana dan memudahkan user untuk mengakses fitur-fitur website Anda.

8. Optimalkan profil Google Business (Google Bisnisku)


Gambar: Berdu
Gambar: Berdu

Sebagai bisnis kelas menengah, khususnya yang bergerak di bidang retail, Anda harus menerapkan dan menggunakan fitur Google My Business atau Google Bisnisku.
Google Bisnisku adalah fitur dari Google untuk mendaftarkan bisnis Anda secara resmi. Nantinya Anda bisa melengkapi dengan informasi penting seperti alamat, jam operasional, hingga nomor telepon.
Nah, pastikan Anda memenuhi setiap informasi selengkap mungkin. Berikan foto bisnis Anda, tentukan titik lokasinya di Google Maps. Anda juga harus memilih kategori bisnis yang tepat.
Dengan demikian, ketika ada orang yang mencari informasi mengenai bisnis Anda, Google dapat merekomendasikan website Anda. Teknik ini sangat penting untuk memaksimalkan jangkauan konsumen lokal.

9. Perhatikan kompetitor


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Tentu Anda tahu, ada banyak website sejenis yang jadi pesaing Anda. Biasanya yang disebut pesaing adalah yang berjualan produk/jasa yang sama dan membidik target konsumen yang sama.
Nah, tidak ada salahnya Anda mempelajari website kompetitor. Coba lakukan pencarian sesuai keyword yang Anda butuhkan, lalu perhatikan website yang muncul di halaman pertama Google (bukan iklan).
Anda bisa menganalisis beberapa poin penting sebagai berikut:
  • Website tersebut bisa ranking untuk keyword apa?
  • Berapa banyak halaman yang sudah mendapatkan index?
  • Perhatikan struktur website
  • Cek kualitas profil backlink
  • Apakah membidik keyword panjang atau keyword pendek?
Nah itu dia 9 tips SEO untuk meningkatkan traffic dan ranking website Anda di mesin pencari Google. Mudah, bukan?
Ayo buat Website kamu sekarang!