7 Februari 2022 9:34 am

Tips: Merencanakan Strategi Digital Marketing Anda untuk Tahun 2022

Tips: Merencanakan Strategi Digital Marketing Anda untuk Tahun 2022
Selagi masih awal tahun, waktu yang tepat bagi Anda untuk merancang strategi marketing guna mengarungi tahun 2022 ini. Ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis.
Di tahun 2022 ini, diperkirakan bahwa perubahan dan tantangan akibat pandemi akan terus berpengaruh bagi perkembangan bisnis. Jadi, Anda perlu merancang strategi yang tepat dan sesuai dengan kondisi terkini.
Anda mungkin sudah memahami pentingnya mengembangkan bisnis di ranah digital. Bahkan, begitu pandemi melanda, strategi digital marketing mungkin jauh lebih penting daripada strategi lainnya.
Nah selain mengembangkan strategi digital, Anda juga perlu memahami pentingnya privasi pelanggan dan upaya menjaga keberlanjutan bisnis Anda. Apa maksudnya?

Digital: Percepat langkah Anda untuk mengikuti laju perubahan


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash
Sebenarnya perubahan dari konvensional ke digital sudah dimulai sejak satu dekade terakhir, pandemi telah mempercepat proses perubahan tersebut. Saat ini konsumen memiliki perilaku baru, kebutuhan baru, dan harapan baru. Anda perlu menyambutnya dengan perubahan yang sama.
Jika Anda belum melakukan transformasi digital, segeralah mulai melangkah. Tidak perlu bingung dari mana harus memulai, Anda bisa mulai dari mana saja.
Anda bisa mulai dengan membuat media sosial, landing page, atau bahkan website. Tetapkan target yang realistis untuk tahun ini, penuhi selangkah demi selangkah.
Jika Anda sudah mulai memasuki dunia digital, ada beberapa hal yang bisa Anda kejar untuk mengikuti perkembangan bisnis digital sekarang. Di antaranya:

  • First-party data: Hubungkan sumber data online dan offline. Anda harus mencoba menciptakan koneksi mulus secara dua arah dengan konsumen.
  • End-to-end measurement: Fokus mengukur hasil kerja Anda dengan menghubungkan setiap poin dalam penerapan strategi bisnis yang dipilih.
  • Agility: Coba hilangkan tembok yang menghalangi Anda dengan konsumen. Artinya, Anda perlu lebih dekat dengan konsumen supaya bisa bereaksi lebih cepat terhadap perubahan perilaku mereka.

Privasi: Hormati pilihan konsumen dalam memberikan data


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash
Saat ini, sudah semakin banyak orang yang memahami pentingnya mengamankan data digital. Bahkan, browser top seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox besar sudah membuat perubahan peraturan privasi dan penghapusan cookie dari pihak ketiga.
Oleh sebab itu, Anda harus berusaha membangun kepercayaan konsumen dan menyediakan keamanan privasi data mereka. Anda harus menghargai pilihan konsumen dalam menentukan data yang aman dibagikan.
Sebenarnya konsumen tidak masalah memberikan data informasi pribadi mereka, asalkan perusahaan bisa dipercaya. Konsumen harus tahu apa kegunaan data itu dan apa yang mereka dapatkan sebagai timbal baliknya.
Anda yang memiliki website sendiri mungkin membutuhkan data pribadi konsumen seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat, dan sebagainya. Data-data tersebut penting untuk penjualan Anda, misalnya melakukan promosi.
Oleh sebab itu, coba lakukan beberapa hal ini untuk memastikan bahwa strategi marketing Anda tidak melanggar privasi konsumen dan tetap efektif:

  • Meaningful: Konsumen ingin merasakan pengalaman yang bernilai bagi mereka. Coba buat strategi marketing yang dekat dan yang bermakna bagi konsumen.
  • Memorable: Supaya di kemudian hari konsumen tidak ragu membagikan data kembali, coba buas sistem yang mudah dikenang. Bahwa mereka telah membagikan data secara sukarela.
  • Manageable: Konsumen ingin memegang kendali atas data mereka. Jadi, biarkan mereka meninjau dan mengelola data tersebut.


Keberlanjutan: Aksi lebih penting dari janji


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels
Keberlanjutan bisnis adalah topik yang luas. Tidak mudah menuangkannya ke dalam strategi marketing. Yang jelas, Anda harus segera bertindak.
Untuk mempertahankan keberlanjutan bisnis Anda, tidaklah cukup hanya membarui pesan marketing atau pesan penjualan Anda.
Oleh sebab itu, harus ada beberapa aksi nyata dalam strategi Anda, di antaranya:

  • Bagikan cerita positif: Saat ini orang-orang lebih suka mendengar kisah pembentukan atau kebangkitan bisnis Anda. Jadi, ceritakan perubahan-perubahan bisnis anda secara terbuka, tidak perlu dilebih-lebihkan.
  • Jelaskan dalam produk anda: Tawarkan manfaat-manfaat keberlanjutan dari pembelian produk atau dari penggunaan jasa Anda. Misalnya, konsumen dapat menghubungi Anda kapan pun ketika ada masalah produk atau ketika ingin menggunakan jasa kembali.

Strategi lanjutan


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash
Selain tiga strategi mayor di atas, ada beberapa tips tambahan yang bisa Anda terapkan. Satu hal yang menarik soal digital marketing adalah strategi yang Anda pilih bisa terus berkembang dan berubah.
Dengan perubahan terus-menerus ini, Anda bisa mempelajari strategi baru dan langsung menarik konsumen dengan konten-konten Anda. Berikut beberapa strategi lanjutan lain yang perlu Anda perhatikan:
1. Kenali target audiens
Satu hal terpenting yang tidak boleh Anda lupakan, audiens atau konsumen adalah nyawa bisnis Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu memupuk brand awareness yang tepat supaya konsumen tidak sampai mengabaikan bisnis Anda.
Cara terbaik mengenali target audiens Anda adalah dengan membangun customer profile. Coba bayangkan konsumen ideal yang Anda bidik, semakin spesifik semakin bagus.
Dengan langkah ini, Anda bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai calon pembeli Anda dan bisa membangun kepercayaan konsumen.
2. Pilih copy-writing yang pas
Jika Anda mulai aktif beriklan, pastikan Anda menggunakan copy-writing yang tepat. Tulisan yang bagus sangat penting untuk langsung mendapatkan perhatian konsumen Anda.
Copy-writing bisa dilakukan di mana saja. Bisa di website Anda, bisa juga di media sosial. Intinya, kata-kata harus efektif dan sesuai dengan warna bisnis anda.
Mudahnya, Anda membutuhkan tulisan bagus dan strategi marketing yang jelas untuk membantu konsumen memahami produk dan tawaran Anda.
3. Fokus ke konsumen, bukan ke produk
Produk yang bagus sangatlah penting, entah itu barang atau jasa. Namun, Anda juga tidak boleh mengabaikan kemasan produk tersebut.
Sebaiknya Anda tidak langsung menembak konsumen untuk membeli produk Anda. Cara seperti ini sudah kuno dan biasanya tidak lagi menarik.
Alih-alih, coba mulai dengan memahami kebutuhan konsumen. Kenali konsumen Anda, cari tahu masalah mereka, dan berikan solusi melalui produk Anda.
4. Temukan keyword yang pas
Search Engine Optimization (SEO) sudah seharusnya menjadi salah satu strategi wajib untuk mengembangkan bisnis Anda. Jika Anda memiliki website, penting untuk mengoptimalkan SEO.
Intinya, Anda harus merancang strategi SEO yang lebih komplet. Bukan hanya memilih keyword yang tepat, strategi yang bagus harus lebih dari itu. Jika kesulitan, Anda bisa menyewa jasa freelance spesialis SEO. Investasi ini penting bagi perkembangan bisnis Anda.
5. Gunakan dan maksimalkan video
Seharusnya Anda sudah paham bahwa saat ini video adalah format konten yang paling disukai oleh konsumen. Ada banyak keuntungan menggunakan video.
Oleh sebab itu, coba buat iklan atau promosi produk Anda menggunakan format video. Tentunya kata-kata yang dipilih juga harus pas, sesuai dengan teknik copy-writing Anda.
Video tidak harus langsung bagus, Anda bisa mulai dengan membuat video TikTok atau IG Reels. Mulai saja lebih dulu, lama kelamaan Anda akan semakin berkembang.
Nah itu dia beberapa tips untuk merancang strategi digital marketing di tahun 2022 ini. Yuk coba dan sesuaikan dengan bisnis Anda!
Ayo buat Website kamu sekarang!