17 Januari 2022 10:10 am

5 Prediksi Tren Social Media Marketing untuk Tahun 2022, Wajib Tahu!

5 Prediksi Tren Social Media Marketing untuk Tahun 2022, Wajib Tahu!
Sedang menyiapkan strategi untuk mengembangkan jangkauan media sosial di tahun 2022? Artikel ini mungkin memberikan insights tambahan bagi Ada mengenai 5 prediksi tren social media marketing untuk tahun 2022.
Saat ini hampir semua bisnis menggunakan media sosial untuk berbagai tujuan. Mulai dari bisnis kecil hingga bisnis kelas top, hampir tidak ada yang tidak memanfaatkan media sosial untuk menjangkau customer.
Anda mungkin termasuk salah satunya. Bisnis Anda membutuhkan media sosial untuk memangkas jarak jadi lebih dekat dengan calon customer dan untuk mempromosikan produk — plus beberapa manfaat lainnya.
Ada begitu banyak media sosial yang bisa Anda pilih, tapi saat ini ada tiga besar media sosial yang wajib Anda gunakan: Facebook, Instagram, dan TikTok. Tiga platform tersebut terbukti efektif dalam menerapkan strategi marketing.
Faktanya, menurut CMO Survey, media sosial jadi semakin penting bagi para marketer selama dua tahun terakhir. Pandemi telah membuat media sosial jadi salah satu saluran marketing yang sangat penting.
Nah di tahun 2022 ini, penggunaan media sosial diprediksi akan tetap memegang peran krusial dalam menyaring customer. Untuk memanfaatkan momen tersebut, tentu Anda perlu merancang strategi social media marketing yang tepat.
Berikut 5 prediksi tren social media marketing untuk tahun 2022. Yuk disimak!

Social media marketing, mengapa penting?


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Sebelum membahas prediksi tren, Anda mungkin sudah memahami pentingnya social media marketing. Namun, jika bicara detail, sebenarnya apa sih manfaat melakukan pemasaran di media sosial?
Faktanya, saat ini media sosial telah menjadi salah satu ujung tombak marketing untuk bisnis-bisnis tertentu. Media sosial dapat membantu Anda mencapai target audiens dengan cara yang paling efektif.
Saat ini hampir semua orang memiliki media sosial, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, atau TikTok. Nah brand perlu memiliki akun media sosial juga untuk menjangkau calon customer di masing-masing platform tersebut.
Setidaknya ada 10 alasan mengapa social media marketing penting dan perlu dilakukan, di antaranya:
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mempromosikan produk dan layanan
  • Sebagai wadah berbagi cerita bisnis Anda
  • Mengembangkan audiens dengan bujet minim
  • Mempertahankan posisi top of mind bisnis Anda
  • Mempelajari pergerakan kompetitor
  • Bisa membangun audiens beragam
  • Mempelajari pola beli customer yang ideal
  • Meningkatkan ROI (return of investment) secara keseluruhan
  • Membangun hubungan dekat dengan target customer
Jangan salah, media sosial tidak hanya penting bagi bisnis jual-beli dagang. Faktanya, media sosial juga sangat dibutuhkan oleh bisnis yang menjual jasa.
Katakanlah Anda memiliki bisnis jasa servis produk Apple, entah itu MacBook, iPad, atau iPhone. Dengan menggunakan media sosial, Anda bisa menjangkau calon customer yang mencari informasi di kolom pencarian media sosial tersebut.
Nah setelah memahami pentingnya memiliki media sosial, berikut prediksi tren social media marketing untuk tahun 2022 yang perlu Anda tahu.

Tren 1. Social Media Advertising Budgets


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Apakah Anda masih menyatukan bujet iklan media sosial dengan bujet lainnya? Jika demikian, sebaiknya Anda mulai mengubah sistem tersebut.
Riset membuktikan bahwa strategi pemasaran di media sosial membutuhkan kerja menyeluruh. Anda tidak bisa setengah-setengah dalam merancang dan menjalankan strategi.
Oleh sebab itu, coba siapkan bujet khusus untuk beriklan di media sosial. Saat ini ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan TikTok Ads.
Memang Anda bisa menerapkan strategi pemasaran tanpa perlu memasang iklan. Namun, kemungkinan besar hasil akhir yang Anda dapatkan tidak akan maksimal.
Beriklan di media sosial memberikan setidaknya dua manfaat besar bagi brand. Pertama, menjalin hubungan kuat yang bertahan lama dengan customer. Kedua, meningkatkan penjualan online.

Tren 2. Video content


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Belum mencoba membuat video iklan. Sebaiknya Anda segera menyiapkan script dan memanfaatkan video sebagai media promosi.
Saat ini video adalah format konten yang paling disukai oleh customer. Mereka tidak perlu mengeluarkan upaya lebih, tinggal menonton video yang sudah disajikan.
Anda bisa menggunakan platform TikTok atau Instagram Reels yang sekarang sangat diminati. Jika kesulitan membuat video sendiri, Anda pun bisa menggaet influencer atau key opinion leader (KOL) yang sesuai dengan bujet Anda.
Nah jika Anda sudah sering menggunakan konten video untuk beriklan, coba perluas jangkauan Anda dengan menggunakan fitur live streaming. Setahun terakhir tren live streaming mengalami peningkatan signifikan.
Biasanya brand menggunakan fitur tersebut untuk menjelaskan fitur produk atau menjelaskan jenis-jenis layanan yang mereka sediakan. Dengan melakukan live streaming, Anda bisa meningkatkan penjualan sekaligus membangun hubungan lebih dekat dengan customer.

Tren 3. Influencer Marketing


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Fenomena social media influencer bukan hal baru di Indonesia. Anda mungkin sudah mengenal beberapa influencer top Indonesia dengan jutaan followers di Instagram atau media sosial lainnya.
Tentu tidak semua bisnis dapat menjangkau biaya jasa top influencer seperti mereka. Biasanya para influencer tersebut menawarkan beberapa paket promosi, misalnya paket posting Instagram Story saja.
Tak perlu khawatir, sebagai bisnis kecil atau menengah, Anda juga bisa memanfaatkan influencer. Coba gunakan TikTok, saat ini ada banyak influencer yang dapat Anda pilih, bahkan jangkauannya dapat Anda perkecil ke kota sesuai lokasi Anda dan biasanya jauh lebih efektif.
Sebagai contoh, jika Anda memiliki bisnis kuliner Kopi Gula Aren, Anda bisa bekerja sama dengan influencer TikTok untuk mengulas produk Anda. Biasanya biaya mereka tidak terlalu mahal.
Cara ini juga sangat efektif bagi Anda yang bergerak di bidang jasa. Influencer tersebut dapat memberikan testimoni yang biasanya jauh lebih meyakinkan bagi customer.

Tren 4. Manfaatkan Fitur Shopping


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Saat ini ada tiga platform media sosial level top yang sudah memiliki fitur shopping atau pembelian: Instagram, Facebook, dan TikTok.
Artinya, Anda bisa mempromosikan produk di media sosial tersebut dan langsung mendapatkan konversi jadi penjualan. Fitur ini sangat penting supaya customer tidak punya kesempatan untuk berubah pikiran.
Untuk melakukannya, tentu Anda harus mengubah akun menjadi akun bisnis terlebih dahulu. Cara-cara di setiap media sosial berbeda, tapi relatif mudah.
Setelahnya, Anda bisa menghubungkan postingan dengan website Anda, biasanya cukup menggunakan link. Dengan demikian, customer dapat dengan mudah membeli produk yang dia lihat di media sosial.

Tren 5. Bangun hubungan dengan Customer Care Support


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Customer suka dimanjakan dan diperhatikan. Bahkan, beberapa tahun terakhir tren yang berkembang menunjukkan bahwa customer suka menjalin hubungan pribadi dengan brand.
Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memiliki layanan customer care tersendiri di media sosial. Anda bisa menggunakan Twitter yang dikenal dengan fitur reply dan DM secara personal.
Langkah ini penting agar customer merasa diperhatikan. Mereka juga dapat menghubungi Anda secara langsung ketika mengalami masalah.
Nah itu dia 5 prediksi tren social media marketing untuk tahun 2022 yang wajib Anda tahu. Setiap poin dapat Anda praktikkan bersama-sama untuk mendapatkan hasil maksimal.
Tentunya prediksi tersebut tidak hanya penting bagi Anda yang baru mulai melebarkan sayap ke media sosial, tapi juga penting bagi Anda yang sudah lama menggunakan media sosial tetapi kurang meraih hasil maksimal. Yuk dicoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!