15 Oktober 2021 3:32 pm

9 Tips Cara Jual Produk di Instagram, Yuk Diintip!

9 Tips Cara Jual Produk di Instagram, Yuk Diintip!
Ingin tahu cara jual produk di Instagram? Untungnya ada 9 tips mudah yang bisa Anda lakukan untuk mencoba meningkatkan penjualan produk Anda.

Mempelajari cara jual produk di Instagram tidak kalah penting dari aspek lain dalam bisnis Anda. Faktanya, Instagram sekarang lebih condong ke dunia bisnis, artinya aplikasi ini memang dirancang untuk berjualan.

Saat ini diperkirakan ada sekitar 1 miliar pengguna Instagram di seluruh dunia. Setiap tahunnya angka pengguna Instagram meningkat, termasuk di Indonesia.

Ada brand-brand besar yang menggunakan Instagram sebagai salah satu saluran engagement mereka, ada pula brand lokal yang memang menggunakan Instagram sebagai etalase produk untuk berjualan.

Menurut riset Oberlo, sekitar 80% pengguna Instagram mengambil keputusan pembelian berdasarkan apa yang mereka lihat saat membuka aplikasi. Artinya, Anda mungkin kehilangan kesempatan besar jika tidak mencoba berjualan di Instagram.

Nah bagi Anda yang baru ingin berjualan atau sudah berjualan tapi kurang maksimal, ada 9 tips cara jual produk di Instagram yang mungkin membantu Anda. Yuk disimak!

1. Rancang business profile

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah membangun profil Instagram sebaik mungkin. Akun Anda harus terlihat profesional dan menjanjikan supaya customer tidak ragu untuk membeli.

Pilih business profile, lalu lengkapi dengan beberapa poin berikut:
  • Profile photo: Pilih foto yang sesuai dengan brand atau perusahaan Anda, bisa dengan logo
  • Write a bio: Instagram bio sangatlah penting. Anda harus mencantumkan deskripsi bisnis Anda. Customer harus tahu apa yang Anda tawarkan
  • Link: Instagram menyediakan kolom URL di bio yang bisa Anda isi dengan link. Pastikan Anda memanfaatkan ini, gunakan link untuk menghubungkan customer dengan akun Anda di platform lain

2. Gunakan Instagram Ads

Instagram terus mengubah algoritme mereka, belum lagi Anda harus bersaing dengan kompetitor sejenis. Untuk itu, Anda perlu menggunakan fitur Instagram Ads untuk meningkatkan jangkauan Anda.

Setelah merancang business profile di Instagram, Anda bisa mulai menggunakan iklan. Ada beberapa hal yang bisa Anda atur seperti biaya iklan, lokasi iklan, dan berapa lama iklan berlangsung.

Cara termudah menggunakan fitur Ads ini adalah dengan mempromosikan salah satu atau beberapa post yang sudah Anda unggah di Instagram. Pilih post yang menarik dan klik tombol promote.

Instagram akan otomatis menganalisis post tersebut dan mencari audiens yang tepat untuk produk tersebut. Namun, Anda juga bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan.

Untuk memulai, Anda tidak perlu menyiapkan bujet yang terlalu besar. Coba mulai dari iklan kecil selama beberapa hari untuk mengamati bagaimana perkembangannya.

3. Jual produk lewat Instagram Story Ads

Tahun 2017, Instagram merilis fitur iklan di Stories. Anda mungkin pernah mengalaminya langsung, ketika sedang tap-tap Stories rekan-rekan Anda tiba-tiba muncul iklan di sela-selanya.

Nah fitur ini ternyata sangat efektif. Stories jadi salah satu cara untuk menjangkau lebih banyak orang. Terlebih, iklan yang ditayangkan juga lebih menarik karena berukuran full-screen.

Di tahun 2021, data membuktikan adanya kenaikan dalam penggunaan Instagram Stories. Artinya Anda harus cepat-cepat memanfaatkan celah ini untuk beriklan.

Sekarang Stories bisa dilengkapi dengan link yang bisa Anda manfaatkan untuk menuntun user ke platform pembelian. Anda juga bisa memilih mau membuat iklan foto atau video.

Seperti yang disinggung di atas, Instagram Stories bisa jadi andalan Anda untuk saat ini. Popularitas Stories terus meningkat dan terbukti efektif untuk menaikkan engagement.

Banyak brand yang menggunakan Stories untuk memamerkan produk, memberikan promosi spesial, atau menunjukkan produk baru. Nah, Anda bisa menambahkan link di Stories untuk meningkatkan engagement Anda.

Dahulu Anda perlu mencapai 10.000 followers untuk menambahkan link See More atau Swipe Up. Cara ini masih bisa Anda gunakan, tapi sekarang Instagram sudah mengenalkan cara lain untuk menambah link.

Anda hanya perlu menulis teks tertentu dan menyematkan link yang Anda pilih, lalu memasangnya di Stories tersebut.

5. Rancang Instagram Feed semaksimal mungkin

Instagram Feed adalah etalase produk Anda. Artinya, Anda harus memastikan etalase itu sedap dipandang dan dapat memudahkan customer dalam berbelanja.

Nah Instagram sudah memiliki fitur penjualan yang bisa diintegrasikan dengan website atau landing page Anda. Untuk itu, ketika Anda mengunggah suatu foto, pastikan menambahkan link View Products disertai harga dan keterangan produk yang Anda jual.

Mungkin Anda sudah melihat brand-brand besar menggunakan cara ini. Biasanya mereka mengunggah satu foto dengan beberapa produk dan ada keterangan harga untuk setiap produk tersebut.

Untuk menggunakan fitur link View Products ini, Anda harus terlebih dahulu mendaftar untuk layanan Instagram Shopping. Caranya bisa dilihat di sini. Setelah pendaftaran disetujui, Anda bisa segera menghubungkan feed Anda dengan produk yang dijual di website.

6. Gunakan landing page

Seperti yang disinggung di atas, Anda bisa menambahkan link di bio Instagram Anda. Link ini adalah salah satu fitur penting yang perlu Anda manfaatkan.

Coba gunakan tool seperti Linktree atau Berdu membagikan beberapa link sekaligus begitu user mengklik link utama. Namun, Linktree memiliki kekurangan dengan desain yang monoton dan seragam.

Untuk meningkatkan daya tarik produk dan toko Anda, Berdu menyediakan fitur Link in Bio yang sama. Bahkan lebih menarik karena dapat didesain sesuai dengan warna toko Anda.

Nah Anda bisa membagikan beberapa link sekaligus, misalnya link click to chat untuk langsung terhubung ke Whatsapp, link untuk menuju marketplace toko Anda, dan link menuju landing page.

Faktanya, landing page adalah salah satu cara jualan yang jadi tren sekitar setahun terakhir. Pembuatannya tidak membutuhkan biaya besar dan Anda bisa menggunakannya sama seperti website.

Berdu juga menyediakan layanan pembuatan landing page yang cocok untuk pemula. Anda bisa memilih desain sendiri dan mengutak-atiknya sendiri karena fitur lengkap yang disediakan sangat mudah.

Dengan landing page, customer dapat melihat produk dengan lebih jelas dan bisa membuat keputusan pembelian langsung dengan fitur yang tersedia.

7. Tawarkan promosi khusus Instagram

Anda mungkin berjualan di banyak platform, ada di marketplace, website, dan saluran lain. Nah jika Anda ingin meningkatkan penjualan di Instagram, coba siapkan penawaran khusus.

Misalnya, Anda bisa menawarkan diskon khusus untuk Instagram. Atau ajak pengguna berinteraksi dengan memberikan kuis dengan hadiah kupon diskon.

8. Kerjasama dengan influencers

Seperti yang Anda tahu, tren influencers masih sangat kuat di tahun 2021 ini. Biasanya brand melakukan endorsement dengan memilih salah satu atau beberapa influencers yang memiliki banyak followers di Instagram.

Nah bagi Anda yang masih memulai bisnis kecil, cara ini juga bisa ditiru, tapi skalanya diperkecil. Ada banyak influencers atau Key Opinion Leader (KOL) skala kecil, misalnya dengan followers 3.000, 5.000, sampai 10.000.

Memang Anda harus mengeluarkan uang tambahan, tapi langkah ini perlu. Faktanya, saat ini ada perubahan dalam consumer behavior, mereka lebih memercayai apa kata orang yang terasa seperti rekomendasi personal.



9. Maksimalkan caption

Instagram adalah platform untuk berbagi foto dan video, itu benar, tapi tidak sepenuhnya. Anda juga perlu memperhatikan caption atau teks yang menyertai postingan Anda.

Faktanya, caption benar-benar dapat membantu Anda. Jangan buat kalimat terlalu panjang, cukup kalimat pendek tapi yang relate dengan customer.

Nah itu dia 9 tips cara jual produk di Instagram. Menarik kan? Yuk dicoba!



Artikel terkait:

Video tutorial terkait:




Ayo buat Website kamu sekarang!