23 September 2021 4:49 pm

Yuk Maksimalkan Momen Shopping 9/9 Hingga 11/11, Begini Caranya!

Yuk Maksimalkan Momen Shopping 9/9 Hingga 11/11, Begini Caranya!
Pernah ikut momen belanja besar setiap tanggal unik? Anda pasti tahu betul betapa tingginya animo customer Indonesia dalam shopping moments seperti 9/9, 10/10, atau 11/11.

Momen-momen tersebut dikenal sebagai Mega Sales menjelang akhir tahun. Biasanya, customer atau calon pembeli akan menggunakan marketplace untuk mencari promo dan produk yang mereka inginkan.

Tentu Anda juga harus memaksimalkan marketplace seperti Tokopedia, Shopee, dan semacamnya. Ada beberapa tips memaksimalkan penjualan di marketplace dengan iklan, silakan klik di sini.

Nah, selain memaksimalkan toko Anda di marketplace, cara penting lain yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan fitur Search Google. Tercatat, menurut riset Google, ada sekitar 75% pembeli justru menemukan brands baru dengan fitur Search, bukan brands yang lama mereka gunakan.

Artinya, celah ini bisa Anda maksimalkan untuk mendapatkan customer baru. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menggaet customer sebanyak mungkin di shopping moments 9/9, 10/10, dan 11/11. Yuk simak caranya di bawah ini!

Statistik pendukung

Google merilis rangkuman mereka mengenai kebiasaan pembeli dalam shopping moments di Asia, termasuk di Indonesia. Menariknya, ada beberapa data yang mendukung Anda untuk memikat customer baru, di antaranya:
  • Mega Sales Day (9/9, 10/10, 11/11, dan 12/12) adalah hari belanja berskala besar yang semakin populer di Indonesia. Kini bukan hanya kaum milenial yang aktif belanja.
  • Di Indonesia, 9/9 atau tanggal 9 September adalah momen penjualan terbesar daripada tanggal kembar lainnya. Pada momen ini, pencarian Google meningkat drastis dari tahun ke tahun.
  • 11/11 semakin berkembang sebagai festival belanja terbesar untuk e-commerce.
  • 50% pembeli atau customer akan menunggu momen belanja di tanggal-tanggal tersebut karena biasanya ada diskon besar.
  • 75% pembeli atau customer menemukan brands baru dari hasil pencarian mereka di Google, bukan brands yang sudah lama mereka gunakan.

Manfaat search Google

Menariknya, fitur Search Google juga berperan penting dalam keputusan pembelian customer. Bagi Anda yang memiliki web, shopping moments adalah kesempatan Anda untuk beriklan atau mengenalkan website Anda.

Cara memaksimalkan fitur search ini adalah dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization (SEO). Singkatnya, Anda perlu meningkatkan traffic sesuai dengan kata kunci yang dicari user atau customer.

Sebagai contoh, katakanlah Anda menjual produk Jaket Riding. Untuk memaksimalkan shopping moments, Anda bisa membuat artikel-artikel mengenai penjualan Jaket Riding, misalnya "Rekomendasi Jaket Riding ..."

Selain itu, Anda juga bisa memaksimalkan deskripsi produk di website Anda. Sebaiknya deskripsi produk tersebut disesuaikan dengan kata kunci yang dicari customer.

Dengan demikian, harapannya website Anda dapat muncul di halaman pertama Google ketika customer melakukan pencarian. Tentu, website Anda juga harus dioptimalkan untuk menjemput pencarian tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti backlinks, bounce rate, internal link, alt text untuk gambar, pilih headers yang tepat, dan pilih judul serta deskripsi yang tepat.

Tercatat, 57% customer melakukan riset sebelum menuntaskan pembelian. Langkah ini penting untuk meyakinkan mereka dalam pembelian tersebut.

Tips untuk bisnis

Nah bagi Anda yang memiliki bisnis, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menjemput pencarian customer tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

1. Jadilah jawaban untuk pencarian customer

Menariknya, customer tidak selalu mengincar produk tertentu ketika melakukan pencarian produk. Sebagian besar orang membeli produk dari brands baru dan menggunakan fitur Search untuk menemukan kategori baru.Anda bisa beriklan, ada fitur Responsive Search Ads (RSA) yang disediakan Google supaya produk Anda bisa lebih spesifik mengincar customer yang relevan.

2. Buat brand Anda lebih mudah ditemukan secara online

Customer punya perilaku unik, biasanya mereka akan berbelanja di berbagai platform yang sesuai dengan kebutuhannya. Jadi, coba buat produk dan perusahaan Anda lebih mudah dilihat customer saat mereka melakukan pencarian Google.Hal penting yang mungkin Anda lupakan adalah memilih gambar yang relevan dengan teks produk Anda. Sebab Google juga mempertimbangkan gambar dalam pencarian mereka.

3. Reach user atau customer yang tepat

Setiap pencarian customer unik. Anda bisa menggunakan Google Ads untuk memaksimalkan website Anda supaya dikenali customer.Nah, Anda bisa menggunakan fitur automation Goggle untuk meningkatkan reach dan menjangkau variasi kata kunci yang lebih luas.Demikian cara memaksimalkan momen Shopping 9/9 dan lainnya. Yuk dicoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!