15 November 2021 10:41 am

Panduan Lengkap Cara Beriklan di TikTok (2021)

Panduan Lengkap Cara Beriklan di TikTok (2021)
Panduan lengkap cara beriklan di TikTok untuk tahun 2021. Anda mungkin sudah tahu betul bahwa saat ini TikTok adalah salah satu media sosial yang paling populer.

Saat pertama kali dirilis, TikTok lebih umum digunakan oleh Gen Z. Tak lama berselang TikTok mendapatkan momentum untuk berkembang hingga mencapai sekitar 2 miliar download.

Diperkirakan saat ini TikTok memiliki catatan 689 juta user aktif di setiap bulan. Aplikasi ini juga sangat populer di Indonesia yang melahirkan banyak influencer baru.

Menariknya, TikTok melihat celah untuk berkembang. Sekarang TikTok memiliki sejumlah format iklan yang bisa digunakan oleh brands untuk menjangkau audiens mereka.

Artikel ini akan membantu Anda memahami cara beriklan di TikTok dengan panduan spesifik langkah demi langkah. Yuk disimak!

Beriklan di TikTok

TikTok bisa menjadi peluang beriklan yang bagus untuk brands. Mulai dari brand besar hingga brand lokal, Anda yang memiliki bisnis UMKM juga bisa menggunakannya.

Saat ini jumlah pengguna aktif TikTok sudah jauh melebihi Twitter. Menariknya, karena masih relatif baru, TikTok belum dipenuhi terlalu banyak iklan seperti Instagram.

TikTok pertama kali merilis fitur Advertising pada tahun 2019. Saat itu, brand-brand besar seperti Nike, Adidas, dan Apple Music sudah mulai menggunakan TikTok untuk mempromosikan produk mereka dengan iklan-iklan unik.

Beriklan di TikTok menawarkan format dan target unik. Jika format ini digunakan secara efektif, brand bisa mencapai target pasar yang paling sulit diraih saat ini: Gen Z.

Mengapa memilih TikTok?


Ada banyak alasan memilih TikTok untuk jadi media iklan utama. Mengutip Business of Apps, saat ini dominasi pasar media sosial ditentukan berdasarkan jumlah download.TikTok unggul jauh dalam angka total download sepanjang tahun 2020 lalu. Berikut daftar lengkapnya:
  • TikTok: 850 juta download
  • WhatsApp: 650 juta download
  • Facebook: 540 juta download
  • Instagram: 503 juta download
  • Zoom: 477 juta download
Menurut Statista, TikTok saat ini begitu unggul karena memiliki level engagement yang sangat tinggi. Tentu ini jadi faktor penting untuk memilih TikTok jadi bagian dari strategi marketing Anda.

Tentu pilihan ada di tangan Anda dan tergantung pada tujuan Anda. Namun, jika Anda menginginkan engagement rate yang tinggi, TikTok adalah pilihan yang tepat.

Pilihan format iklan TikTok

Ada beberapa cara beriklan di TikTok. Secara umum ada dua format iklan yang bisa Anda pilih, yakni Biddable Ads dan format yang membutuhkan TikTok Account Manager.

Biddable Ads

Jika memilih format ini, berarti Anda akan membayar slot iklan yang disediakan TikTok. Format ini terbilang mudah dan tidak terlalu mahal, meski masih harus menggunakan cara manual.

Biddable ads membuat Anda bisa menawar slot iklan di feed utama TikTok. Ada tiga model penetapan harga yang tersedia, yaitu:
  • CPC (cost per click)
  • CPM (cost per mille)
  • CPV (cost per view)
Anda bisa menentukan target iklan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan lokasi. Tentu Anda juga bisa menyesuaikannya sesuai dengan target dan kebutuhan Anda.

Menggunakan TikTok Account Manager

TikTok juga menawarkan campaign yang lebih komplet, bukan hanya iklan video biasa. Format ini membutuhkan bujet iklan lebih besar dan Anda harus menggunakan TikTok Account Manager.

Brand Takeover

Iklan ini menggunakan format full-screen yang muncul ketika user membuka aplikasi. Brand takeover dibatasi hanya satu pengiklan per hari.Iklan ini biasanya muncul ketika user pertama kali membuka aplikasi TikTok. Durasi iklan beragam, bisa 3-5 detik.

Kelemahan format iklan ini adalah user dapat melakukan skip iklan dengan mudah. Sebab itu, pesan iklan harus singkat dan tepat sasaran.

Hashtags Challenge


Tujuan dari format iklan ini adalah untuk menciptakan konten viral yang dibuat oleh user sendiri. Anda bisa menciptakan gaya dance unik dan menantang user untuk mengikutinya.

Format ini menarik, sebab jika berhasil iklan bisa berkembang dengan cepat. Tentu hashtag yang dipilih harus sesuai dengan brand.Ada beberapa brand besar yang sudah menggunakan format ini, seperti Guess dan Elf Cosmetic.

Branded Lenses

Dengan format iklan ini, brand bisa menciptakan filter custom augmented reality. Nantinya filter ini bisa digunakan user untuk membuat konten.

Sebagai contoh, brand make up bisa membuat filter berisi stiker atau produk-produk yang dipajang. User bisa menggunakan filter itu untuk berfoto di samping produk.

Influencer Package

Jika memilih format ini, Anda akan dihubungkan dengan influencer yang relevan dengan brand Anda. Nantinya influencer ini akan membuat konten sesuai dengan kesepakatan.

TikTok sudah menjalin kesepakatan dengan sejumlah influencer. Anda bisa memilih beberapa influencer yang tepat dengan kebutuhan Anda.

Panduan cara beriklan di TikTok


Pilihan format iklan TikTok di atas jelas menarik bagi Anda. Bagi pemula, Anda bisa membeli slot iklan yang sudah disediakan oleh TikTok.

Meski begitu, jika ingin berkreasi dan memiliki bujet lebih, Anda bisa mencoba membuat TikTok campaign. Campaign adalah payung iklan Anda, mencakup tujuan iklan dan bujet iklan.

Setelah itu Anda bisa menentukan Ad group, yaitu informasi rinci mengenai penempatan iklan, karakteristik audiens, bujet iklan, dan sebagainya.

Jika sudah, Anda bisa menuangkannya dalam iklan. Caranya sebagai berikut:

Langkah 1. Buat akun TikTok Ads Manager


Anda harus masuk ke halaman TikTok for Business (klik di sini) lalu buat akun sesuai dengan kebutuhan Anda.
  1. Buka halaman TikTok for Business > klik  Buat Sekarang
  2. Isi informasi akun sesuai dengan kebutuhan Anda > lalu lakukan verifikasi
  3. Berikan persetujuan anda untuk TikTok Ads terms and conditions > klik Sign Up
  4. Isi kolom negara, zona waktu, dan mata uang Anda (Rupiah/IDR)
  5. Centang TikTok Ads Program Terms > klik tombol Register
  6. Berikutnya Anda perlu mengetik informasi bisnis dan billing > klik tombol panah ke kanan (next)
  7. Anda perlu mengisi saldo akun. Untuk beriklan, Anda membutuhkan saldo minimal Rp100.000
  8. Jika sudah, TikTok Ads Manager Anda siap digunakan.

Langkah 2. Buat campaign baru


Di tahap ini Anda harus menentukan tujuan iklan Anda. Ada beberapa opsi dalam kolom advertising objectives yang sudah tersedia dan bisa Anda pilih sebagai berikut:
  • Reach Untuk menjangkau banyak user baru dan mengenalkan bisnis Anda.
  • Traffic – Mengarahkan user membuka link menuju halaman tertentu, bisa website atau toko online Anda.
  • App Installs – Mengarahkan user untuk membuka app store dan menginstall aplikasi.
  • Video Views – Mendorong user untuk menonton video Anda.
  • Conversions – Mengarahkan user untuk melakukan konversi seperti pembelian, berlangganan, dan lainnya.
Di tahap ini, Anda juga perlu menentukan bujet iklan yang Anda gunakan. Ada opsi No Limit, Daily, atau Lifetime. Sebagai percobaan pertama, Anda bisa memilih pembayaran harian atau daily.

Langkah 3. Membentuk Ad Group


Tahap berikutnya adalah membentuk ad group di dalam campaign besar Anda. Di tahap ini Anda bisa menentukan target placement untuk produk Anda.TikTok menyediakan beberapa wadah aplikasi yang masih satu grup dengan mereka seperti Babe (Indonesia) dan Buzz Video (Jepang). Jika tidak membutuhkannya, Anda bisa memilih beriklan di TikTok saja.Tak perlu bingung, TikTok akan menentukan strategi terbaik untuk produk Anda dan memberikan saran yang sesuai.Di tahap ini Anda juga perlu menentukan bujet maksimal dan jadwal iklan muncul di aplikasi. Berikutnya, Anda bisa menentukan target utama dari iklan tersebut: Conversion, Click, atau Impressions.

Tips desain iklan TikTok

Setelah memahami cara-cara membuat iklan di TikTok, Anda juga perlu membuat video iklan yang tepat. Sebaiknya rekam video dengan format portrait.

Selain itu, ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan, di antaranya:
  • Buat video mengikuti tren yang sedang hot
  • Durasi video cukup singkat tapi informasi padat dan jelas
  • Ciptakan visualisasi video iklan yang menarik
  • Jangan terlalu banyak teks
  • Fokus pada satu aksi untuk satu iklan, misalnya untuk pembelian produk saja
  • Berikan sentuhan kreatif agar video jadi trending
Demikian panduan lengkap cara beriklan di TikTok 2021. Menarik, kan!

Klik di sini untuk melihat tutorial memasang TikTok Pixel di website Anda untuk keperluan tracking dan beriklan.

Ayo buat Website kamu sekarang!