8 November 2021 11:22 am

Kenapa Bisnis Anda Butuh Website atau Landing Page

Kenapa Bisnis Anda Butuh Website atau Landing Page
Kenapa bisnis Anda membutuhkan website atau landing page? Jawabannya sederhana, Anda perlu mengambil jalan tersebut untuk meningkatkan persentase kesuksesan bisnis Anda.

Di era modern ini, sudah seharusnya sebuah brand memiliki website sendiri. Website penting bagi brand untuk menjangkau dunia digital, khususnya pasar milenial atau Gen-Z.

Mungkin Anda sudah terbiasa melihat brand-brand besar memiliki website. Memang sudah sewajarnya demikian, baik brand internasional maupun brand besar Indonesia.

Menariknya, perkembangan tersebut juga mulai dijangkau bisnis kelas menengah dalam beberapa tahun terakhir. Ada banyak bisnis lokal Indonesia level menengah yang memiliki website sendiri.

Jika website dirasa terlalu besar, ada pula alternatif pembuatan landing page. Fungsinya dasarnya sama dengan website, tapi jangkauannya lebih kecil.

Jika Anda bertanya-tanya pilihan apa yang lebih tepat antara website atau landing page, artikel ini akan membantu Anda menemukan jawaban yang pas. Yuk disimak!

Website vs landing page

Sebelum memahami lebih dalam mengenai website dan landing page dan sebelum menentukan pilihan, berikut sejumlah perbedaan mendasar antara website dan landing page yang perlu Anda tahu.

Website

  • Jumlah halaman: Lima halaman atau lebih
  • Informasi: Setiap informasi yang bisa diketahui customer
  • Fungsi: Berisi berbagai fungsi dan tujuan
  • Navigasi: Semua halaman bisa diakses
  • Tujuan: Menjelaskan atau menyuguhkan produk atau organisasi

Landing page

  • Jumlah halaman: Satu halaman inti dan satu halaman lanjutan
  • Informasi: Informasi soal produk atau tawaran yang spesifik
  • Fungsi: Biasanya hanya berisi teks, gambar, dan link atau form untuk melanjutkan pembelian
  • Navigasi: Terbatas, hanya akses satu halaman
  • Tujuan: Untuk menjual produk atau mendapatkan lead

Apa itu website?

Website atau situs web adalah sekumpulan halaman yang saling terhubung yang menjelaskan detail bisnis Anda. Umumnya website menjelaskan identitas, apa yang dilakukan, dan produk serta layanan yang tersedia.

Website juga bisa menampung halaman khusus seperti forum atau blog, tergantung fungsi yang Anda butuhkan. Tujuan utama website adalah untuk menggambarkan atau menjelaskan bisnis Anda.Secara singkat, website dapat:
  • Menjelaskan bisnis, produk, dan/atau layanan Anda
  • Menggunakan beberapa halaman yang saling terhubung melalui menu navigasi
  • Menyediakan fungsi atau layanan, seperti pembelian online atau customer service

Apa itu landing page?

Landing page dirancang untuk menyodorkan penawaran yang khusus untuk customer. Penawaran dapat bermacam-macam, misalnya produk tertentu, potongan harga, atau free trial.

Landing page bisa berdiri sendiri, bisa juga dihubungkan dengan website. Yang terpenting dari sebuah landing page adalah konversi tindakan customer. Tujuan utama landing page adalah untuk meningkatkan penjualan atau mendapatkan leads.

Secara singkat, landing page dapat:
  • Menjelaskan tawaran khusus, produk, atau servis tertentu
  • Biasanya tidak memiliki menu navigasi
  • Langsung menyediakan formulir yang bisa diisi oleh customer untuk mendapatkan tawaran tersebut
  • Bisa juga berisi link pembelian untuk langsung mengubah leads jadi sales

Kapan Anda membutuhkan website?

Secara umum, website adalah platform yang lebih besar untuk bisnis Anda. Anda perlu membuat website untuk membangun rumah bisnis Anda.

Jika bisnis Anda memiliki banyak produk, website adalah pilihan yang tepat. Secara umum, berikut beberapa indikasi bisnis Anda membutuhkan website.

Untuk menjelaskan bisnis Anda

Website berisi informasi yang lebih lengkap. Anda bisa menjelaskan bisnis Anda, mulai dari misi, nilai-nilai, lokasi, kontak, dan informasi penting lainnya. Tentu Anda bisa mengaturnya di halaman-halaman yang berbeda sesuai dengan kebutuhan.

Menjelaskan layanan atau produk

Katakanlah Anda memasuki minimarket, ada banyak produk yang terbagi dalam rak-rak berbeda. Nah fungsi website sama dengan itu. Anda dapat membagi produk sesuai dengan kategori yang sama dan menambahkan penjelasan yang lengkap.

Fungsi lebih lengkap

Jika Anda ingin menyediakan tawaran lengkap mulai dari penjualan, pencarian, forum, hingga fungsi-fungsi penting lain, tentu Anda butuh lebih dari satu halaman.

Terhubung dengan customer

Website Anda dapat berisi informasi mengenai perusahaan, mengapa produk Anda dibutuhkan customer. Anda bisa menunjukkan nilai-nilai perusahaan dengan lebih jelas di website.

Meningkatkan SEO

SEO alias search engine optimization adalah salah satu alat penting untuk meningkatkan penjualan dengan menjemput pencarian customer di Google. Untuk mengincar beberapa kata kunci, Anda membutuhkan website yang punya banyak halaman.

Untuk membuka shops di Instagram/Facebook

Yang tak kalah penting, Anda juga membutuhkan website untuk membuka toko atau shop di Instagram atau Facebook. Dengan demikian, customer dapat langsung mengklik link di foto produk untuk masuk ke website Anda.

Kapan Anda membutuhkan landing page?

Landing page sedikit mirip dengan website, yakni sebuah halaman yang dirancang khusus untuk menampilkan produk. Namun, umumnya landing page hanya terbatas satu halaman saja.

Dengan demikian, informasi dalam landing page terbatas. Fungsinya juga berbeda, yakni untuk mendorong calon customer melakukan tindakan pembelian atau semacamnya. Jika Anda ingin memaksimalkan penjualan satu produk tertentu, landing page adalah pilihan yang pas. Secara umum, berikut beberapa indikasi bisnis Anda membutuhkan landing page.

PPC Advertising

Google menilai kualitas iklan pay-per-click (PPC) berdasarkan relevansi dengan halaman terkait. Artinya, landing page yang dilengkapi iklan akan jauh lebih relevan untuk mendapatkan nilai tinggi. Landing page dengan iklan punya kemungkinan lebih besar muncul di halaman pertama pencarian Google.

Mengumpulkan lead

Bagi bisnis jasa, lead sangat penting untuk di follow-up mencapai penjualan. Dengan landing page, Anda bisa lebih mudah mengumpulkan lead customer. Anda bisa membuat form tertentu yang nanti diisi oleh customer. Minimal ada informasi email atau identitas sederhana.

Lebih mencuri perhatian

Karena hanya menggunakan satu halaman, tanpa banyak tombol dan link, landing page lebih mudah mencuri perhatian customer. Tingkat penjualan landing page juga umumnya lebih tinggi daripada website.

Menarik beragam customer

Jika Anda sudah memiliki website, tentu Anda bisa mengombinasikannya dengan landing page untuk menarik customer-customer baru. Anda bisa membuat desain yang berbeda atau memberikan tawaran yang berbeda.

Website bukan hanya untuk toko online

Kembali ke pertanyaan awal, kenapa bisnis Anda membutuhkan website atau landing page? Mungkin pertanyaan ini mudah terjawab bagi Anda yang memiliki toko online, tapi sebenarnya setiap bisnis membutuhkan website.

Website tidak hanya untuk menjual produk. Katakanlah Anda adalah dokter gigi atau membuka jasa eyelash extension, fotografi, atau bahkan studio olahraga, usaha-usaha di bidang jasa juga sangat membutuhkan website.

Bagi Anda yang mulai tertarik, Berdu menyediakan jasa pembuatan website atau landing page sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan memilih Berdu untuk pembuatan website, Anda akan mendapatkan fitur unlimited landing page yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan penjualan.

Anda juga bisa menyesuaikan website sesuai kebutuhan. Bisa untuk menjual berbagai macam produk seperti toko online, bisa juga menyediakan formulir untuk penjualan jasa.

Formulir tersebut dapat diisi oleh customer dan informasi tersebut bisa menjadi lead Anda untuk ditindaklanjuti. Dengan adanya website, Anda juga bisa beriklan dan memanfaatkan fitur Google Ads.

Menariknya, formulir tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda agar tidak sampai mengganggu customer. Anda bisa membentur formulir jadi form checkout, bisa juga membuat formulir pembelian di landing page.

Semuanya bisa Anda lakukan di Berdu tanpa harus memahami coding karena Berdu membuat desain back-end yang sangat mudah dioperasikan, bahkan oleh pemula.Berikut sejumlah keunggulan pembuatan website yang ditawarkan Berdu:
  • COD dengan berbagai kurir, langsung dapat diskon ongkos kirim tanpa minimal pengiriman 
  • Drag & drop untuk mengubah desain website dan untuk membuat landing page
  • Tampilan rapi di berbagai perangkat
  • Jangkauan mudah untuk reseller
  • Bisa menampilkan rating dan review dari customer
  • Membangun afiliasi customer dengan link dan kupon
  • Rotasi customer service untuk admin toko dan jasa Anda
  • Website dapat menjadi aplikasi 
  • Lacak pengiriman langsung via website
  • Mengelola website lewat smartphone
  • Pembayaran kartu kredit
  • Kode unik untuk bank transfer
  • Performa tinggi di Google
  • Sertifikasi HTTPS gratis

Ayo buat Website kamu sekarang!