20 Februari 2021 9:13 am

Cara Mudah COD Tanpa Marketplace (Sicepat, JX, SAP dll)

Cara Mudah COD Tanpa Marketplace (Sicepat, JX, SAP dll)
Di zaman internet serba digital, banyak dari Anda yang mungkin sudah terbiasa dengan melakukan jual beli secara online. Dalam proses jual beli ini, ada satu jenis metode pembayaran yang sering dipilih, yaitu metode COD (Cash on Delivery) alias Bayar di Tempat.

Apa itu COD?

COD adalah sejenis mekanisme pembayaran yang mengandung kesepakatan antara pembeli dan penjual, di mana pembeli tidak perlu membayar terlebih dahulu sebelum barang dikirim. Metode COD ini memungkinkan pembeli untuk melakukan pembayaran terhadap barang yang dibeli ketika barang diterima. Metode ini berpotensi mendongkrak penjualan, targetnya adalah pembeli yang kurang familiar dengan metode pembayaran online seperti transfer bank, dompet digital, atau kartu kredit.

Menurut informasi dari berbagai sumber, penggunaan COD di Indonesia mencapai 40% lebih dari total transaksi online.

Bagaimana cara melakukan COD tanpa marketplace?

Skema COD ini sering dilakukan di transaksi marketplace, namun juga bisa dilakukan tanpa marketplace. Kendala yang sering ditemui dari COD marketplace adalah setiap marketplace hanya bekerjasama dengan kurir tertentu.
Sementara di website sendiri, Anda bebas memilih bekerjasama dengan kurir manapun. Banyak seller yang sudah mulai melakukan transaksi COD di website masing-masing. Tujuannya adalah memberikan kemudahan kepada pembeli dengan menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran. Bagi yang belum punya website, ada cara mudah dan sukses untuk membuat website. Anda bisa menggunakan website builder seperti Berdu.id.
Di Indonesia sendiri, ada sejumlah perusahaan ekspedisi atau kurir yang menawarkan jasa COD, seperti Sicepat, JX, SAP Express dll. Masing-masing kurir menawarkan biaya COD yang kompetitif, tinggal dipilih saja sesuai dengan kebutuhan.
Sebelum bisa menggunakan layanan COD, Anda harus mendaftar dulu di kurir terkait. Jika Anda menggunakan Berdu.id, Anda bisa langsung mendaftar di dashboard admin website Anda di Berdu.id. Setelah pendaftaran diverifikasi, Anda bisa langsung melakukan permintaan pickup paket kepada kurir terkait, hanya dengan satu klik saja di dashboard admin website Anda.

Keuntungan dari menerapkan metode COD untuk bisnis online di Berdu.id adalah:

  1. Manajemen order & COD yang mudah, terintegrasi, dan dapat dilakukan dalam 1 dashboard admin.
  2. Pengembalian dana yang mudah dan cepat.
  3. Request pick-up paket bisa dilakukan dengan mengklik satu tombol saja, dan kurir akan tiba di depan alamat Anda pada jam yang ditentukan.
  4. Format packing slip sudah otomatis dibuat oleh sistem, sehingga hanya perlu diprint dan ditempelkan di paket.
  5. Laporan COD yang jelas dan terperinci.

Tahapan menggunakan COD di Berdu.id:

  1. Mendaftar di akun Berdu Anda.
  2. Atur metode pembayaran COD agar muncul di halaman checkout website Anda.
  3. Request pickup paket.
  4. Cetak packing slip dan tempelkan di paket.
  5. Tunggu kedatangan kurir di rumah, dan jangan lupa catat nomor telepon kurir jika sudah datang.
  6. Jika paket sudah diterima pembeli dan pembeli sudah membayar, dana akan direkonsiliasikan ke rekening Anda.

Jika masih bingung, lihat video tutorial di bawah untuk informasi lebih jelas:




Ayo buat Website kamu sekarang!