29 Januari 2022 12:52 pm

Ketahui Pentingnya Hubungan Online-Offline dengan Google My Business (Google Bisnisku)

Ketahui Pentingnya Hubungan Online-Offline dengan Google My Business (Google Bisnisku)
Anda memiliki toko fisik yang bergerak di bidang penjualan barang atau jasa? Jika demikian, seharusnya Anda tahu pentingnya fitur Google My Business.
Google My Business atau Google Bisnisku (versi Indonesia) adalah salah satu bagian terpenting dari kehadiran bisnis Anda secara online. Customer bisa dengan mudah menemukan informasi terbaru mengenai usaha Anda.
Singkatnya, Google My Business memiliki cara kerja yang sama dengan buku telepon konvensional. Dengan fitur ini, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan di Google.
Anda bisa menjangkau calon customer yang mungkin sebelumnya tidak masuk dalam jangkauan Anda. Customer bisa mengetahui lokasi bisnis Anda, jam buka, nomor telepon, bahkan testimoni dari pelanggan atau pengguna lainnya.
Oleh sebab itu, fitur ini sangat penting untuk menguatkan hubungan online-offline bisnis Anda. Customer dapat terhubung dengan mudah untuk menemukan kebutuhan mereka.

Toko lokal jadi digital


Gambar: Google
Gambar: Google

Anda yang bergerak di bisnis retail tentu menyadari pentingnya perkembangan digital, terlebih di era pandemi. Langkah ini sama pentingnya baik untuk penjualan barang maupun jasa.
Harapannya, customer dapat bergerak dengan mulus di antara ruang online dan offline. Katakanlah mereka menggunakan Google untuk mencari suatu benda yang ingin dibeli, nah langkah berikutnya mereka bisa membeli benda itu di toko Anda.
Google My Business adalah salah satu cara termudah untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Anda yang memiliki toko retail harus segera mendaftarkan toko Anda secara online.
Begini skenario sederhana manfaat fitur Google My Business:
  1. Seorang calon customer sedang mencari vendor sablon kaos di daerah tempat tinggalnya, katakanlah di Jakarta Timur
  2. Customer tersebut kemungkinan akan membuka Google untuk mencari informasi "sablon kaos Jakarta Timur"
  3. Google akan menyediakan informasi website pengiklan terlebih dahulu di bagian teratas
  4. Scroll ke bawah, Google akan menyediakan informasi Google My Business, yaitu penyedia jasa sablon lokal terdekat dengan lokasi customer
  5. Customer dapat mengetahui informasi lengkap mengenai alamat, nomor telepon, dan jam operasional dari beberapa toko yang terdaftar di Google My Business
Nah saat menemukan informasi yang diinginkan, calon customer tersebut bisa langsung menelepon si penyedia jasa, bisa juga langsung mendatangi toko. Inilah yang dimaksud hubungan online-offline yang mulus dan mudah bagi customer.
Tentu Anda tidak mau melewatkan kesempatan tersebut. Tidak pernah terlambat untuk memulai. Klik di sini untuk mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business.

Hyper-local marketing


Gambar: Localiq
Gambar: Localiq

Skenario di atas dapat disebut sebagai hyper-local marketing. Artinya, Anda bisa memaksimalkan Google My Business untuk menggaet calon customer lokal di daerah Anda.
Jika posisi calon customer berada di dekat toko fisik Anda saat mencari informasi secara online, Google akan mengutamakan rekomendasi toko Anda asalkan pencariannya relevan.
Cara kerja Google relatif mudah. Mereka mengolah first-party data, geo-targeting, dan menggunakan machine learning guna membantu bisnis Anda memberikan informasi yang relevan untuk customer di momen tersebut.
Dengan cara ini, Anda bisa memaksimalkan jangkauan bisnis di kota tempat tinggal Anda. Bukan hanya area lokal yang terjangkau, bahkan calon customer yang sebelumnya tidak mengetahui toko Anda mungkin bisa mengetahuinya lewat Google.

Selain itu, Anda juga bisa mempromosikal media sosial bisnis Anda. Jadi dengan satu fitur ini Anda dapat menjalin kombinasi berkesinambungan antar-platform.

Manfaat Google My Business


Gambar: Google
Gambar: Google

Saat ini hampir 90% orang menggunakan Google sebagai mesin pencari utama. Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk menunda pembuatan Google My Business Anda.
Untuk membantu meyakinkan Anda, berikut 9 manfaat Google My Business alias Google Bisnisku yang bisa jadi pertimbangan.

  1. Toko Anda bisa muncul di Google Maps, bagus untuk mendorong penjualan. Sebagian besar customer menggunakan HP, jadi mereka bisa langsung mengklik directions menuju toko Anda.
  2. Membantu membangun kepercayaan dengan customer. Secara psikologis, kehadiran online membuat bisnis Anda jadi lebih dipercaya.
  3. Layanan Anda bisa mendapatkan rating, ini bagus untuk meningkatkan daya tarik bisnis Anda, khususnya bagi customer baru.
  4. Jika Anda sudah memiliki website, Google My Business bagus untuk meningkatkan traffic.
  5. Anda bisa mempelajari customer lebih dalam lagi. Artinya, fitur ini menyediakan data yang dapat diolah untuk evaluasi Anda.
  6. Untuk Anda yang sudah memiliki website, fitur ini dapat membantu Anda muncul di halaman pertama pencarian Google.
  7. Bagus untuk meningkatkan engagement antara customer dengan bisnis Anda. Calon customer bisa langsung menelepon untuk menanyakan informasi.
  8. Pada dasarnya, Google My Business sama seperti iklan gratis. Bisnis Anda bisa muncul di halaman atas pencarian Google.
  9. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa selangkah lebih unggul dari kompetitor. Saat ini tidak ada alasan menunda perkembangan bisnis digital.
Ayo buat Website kamu sekarang!