12 September 2022 1:59 pm

7 Tips Format Blog untuk Curi Perhatian Pembaca

7 Tips Format Blog untuk Curi Perhatian Pembaca
Anda bingung bagaimana mengisi fitur blog dalam website? Faktanya, jika dilakukan dengan tepat, blogging bisa jadi salah satu marketing tool yang efektif untuk meningkatkan visibilitas website Anda.
Website umumnya memiliki fitur blog, Anda bisa melihatnya di Berdu.id, bahkan sekarang Anda sedang menikmati kegunaannya. Blogging bisa jadi cara bisnis Anda untuk berinteraksi dengan pengguna, tepatnya dengan membagikan konten yang relevan dan informatif.
Jika dilakukan dengan tepat, blog juga bisa membangun trust antara brand dan konsumen. Lama-kelamaan, sales akan meningkat, bisnis Anda pun bisa terus berkembang.
Teranyar, menurut riset Demand Metric, yang menjadwalkan postingan blog secara reguler bisa mendapatkan sekitar 67% leads baru setiap bulannya. Cara ini juga disebut content marketing.


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Persoalannya, Anda mungkin sudah rutin merilis konten baru di blog, tapi mungkin tidak banyak pengunjung yang tertarik. Artinya, ada beberapa hal yang perlu Anda perbaiki, tentu dengan terlebih dahulu mencari akar masalahnya.
Anda bisa meningkatkan teknik SEO dalam penulisan konten tersebut sekaligus coba memperbaiki masalah-masalah di bagian back-end dan front-end untuk memenuhi kriteria SEO Google.
Setelahnya, yang tidak kalah penting adalah format blog yang Anda pilih. Tulisan panjang tidak begitu menarik, tapi tulisan pendek biasanya kurang informatif.
Nah untuk mengatasi persoalan tersebut, ada beberapa tips blog formatting yang bisa Anda coba untuk mencuri perhatian pembaca dan mendorong mereka sampai mengambil call-to-action yang Anda inginkan. Yuk disimak!

1. Mulai dengan judul yang memikat


Artikel menarik harus dimulai dari judul yang memikat. Pemilihan judul mungkin tidak mudah, Anda harus bisa memilih kata-kata yang langsung mencuri perhatian pembaca dan menjelaskan informasi yang mereka butuhkan.
Menariknya, semakin orisinal judul Anda, semakin tinggi kemungkinan pengunjung akan mengklik blog post tersebut, khususnya jika mereka menemukannya melalui search engine atau social media.
Nah, jika Anda ingin konten Anda mendapatkan rank di Google, Anda perlu melakukan optimasi SEO dalam penentuan judul. Jadi, harus ada keyword yang Anda bidik dalam judul tersebut.
Sebagai contoh, jika keyword yang Anda bidik adalah "cara menulis blog" maka Anda perlu memastikan bahwa frasa tersebut masuk dalam judul.

2. Pastikan blog post Anda mudah dan cepat dibaca


Perlu Anda tahu, pembaca memiliki kebiasaan untuk langsung mencari solusi yang mereka butuhkan, jadi hanya sebagian kecil pembaca yang mau membaca penuh dari awal.
Nah, untuk membantu memenuhi kebutuhan tersebut, pastikan blog post Anda mudah dan cepat dibaca. Caranya dengan menulis kalimat dan paragraf yang tidak terlalu padat, dengan demikian white space di website akan bertambah.
Ada beberapa cara umum memecah konten yang bisa Anda coba, di antaranya:
  • Gunakan headers dan subheaders
  • Gunakan bullet points
  • Untuk informasi penting, pilih bold atau italic
  • Pastikan satu paragraf tidak terlalu padat
  • Sambungkan antara satu paragraf dengan paragraf lain

3. Coba sertakan table of contents


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Table of contents bisa juga disebut daftar isi, fitur penting untuk menunjukkan seluruh isi artikel kepada pembaca. Dengan fitur ini, pembaca bisa menghemat waktu dan mungkin akan lebih puas dengan pengalamannya.
Biasanya, table of contents disusun berdasarkan header dan subheader yang Anda pilih. Dengan adanya fitur ini, pembaca bisa tahu seberapa panjang artikel yang akan mereka baca.
Jika perlu, Anda bisa menerapkan teknik hyperlink di setiap poin dalam table of contents tersebut, jadi pembaca bisa langsung mengklik informasi yang mereka butuhkan.

4. Tambahkan gambar menarik!


Blog post bukan hanya soal tulisan, Anda mungkin sudah tahu betapa pentingnya menambahkan gambar menarik. Menurut riset, gambar yang menarik bisa meningkatkan views sampai 94% lebih tinggi.
Tentu Anda perlu mengawali artikel dengan image headline yang menarik. Image headline disebut juga featured image, yaitu gambar yang Anda pilih sebagai daya tarik utama untuk mendukung judul Anda.
Setelahnya, Anda perlu menambahkan gambar-gambar berikutnya sepanjang artikel. Terlebih jika konten Anda adalah konten tutorial, menambahkan gambar bakal sangat penting untuk memudahkan pembaca.
Menariknya, Anda juga bisa menambahkan video jika merasa perlu. Saat ini diyakini ada pergeseran cara pengguna dalam menikmati konten, video dianggap lebih menarik.

Menambahkan link dalam konten Anda adalah salah satu cara untuk meningkatkan kualitas artikel Anda. Terlebih jika link yang dimaksud mengacu pada hasil riset atau semacamnya, artikel Anda akan lebih mudah dipercaya karena didukung data yang valid.
Nah dalam praktik optimasi SEO, menambahkan internal link juga penting untuk meningkatkan visibilitas artikel Anda. Semakin solid hyperlink antarkonten dalam website Anda, semakin bagus kualitasnya di mata Google.


6. Jangan pilih font yang terlalu aneh!


Membaca perlu kenyamanan, Anda bisa memulainya dengan memilih jenis font yang mudah dibaca, tidak terlalu rumit, dan tidak terlalu aneh.
Coba pilih jenis font sans-serif seperti Helvetica, Arial, atau Geneva. Jenis-jenis font ini mudah dibaca, jadi pengunjung website Anda bisa lebih nyaman menikmati konten.
Selain itu, ukuran font Anda juga penting. Jika pembaca merasa tulisannya terlalu kecil, kemungkinan besar mereka akan berhenti membaca. Jika terlalu besar, kenyamanan membaca juga berkurang.

7. Highlight call-to-action


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Call-to-action adalah dorongan kepada pembaca untuk melakukan aksi tertentu, bisa berupa rayuan untuk subscribe, mendaftarkan email, share blog post, atau bahkan sampai melakukan pembelian produk.
Anda bisa memilih kalimat yang cocok dengan warna blog dan bisnis Anda sendiri. Contohnya, Tokopedia menggunakan kalimat: "Belanja? Di Tokopedia Aja" untuk mencuri perhatian dan mendorong aksi pembaca.
Nah biasanya kalimat itu harus lebih menonjol dari kalimat lain, Anda bisa menggunakan warna yang berbeda, bold, italic, atau bahkan menambahkan tombol khusus.

Mengapa blogging penting?


Seperti yang disinggung di atas, blog post bisa jadi bagian strategi marketing Anda. Merilis artikel secara rutin bisa meningkatkan brand awareness dan membuat website Anda lebih mudah ditemukan.
Berikut beberapa alasan blogging bisa jadi teknik penting untuk website Anda:
1. Meningkatkan traffic ke website Anda
2. Anda bisa mengolah konten blog tersebut menjadi postingan media sosial
3. Membantu mengonversi traffic jadi lead
4. Mendorong pencapaian target jangka panjang
5. Blogging jadi salah satu cara melakukan link building
6. Membantu membagikan tutorial, tips, atau info dari bisnis Anda
Selain itu, tentu ada alasan-alasan lain untuk mulai mengembangkan blog website Anda, tapi tentu enam manfaat di atas sudah cukup jadi alasan utama.
Blogging juga bisa jadi wadah untuk mengetes campaign marketing Anda terlebih dahulu sebelum merilisnya secara lebih luas ke publik dengan dukungan dana yang lebih besar.
Nah itu dia 7 tips format blog yang bisa Anda gunakan untuk mencuri perhatian pembaca. Anda perlu menggunakan teknik ini secara rutin, blogging harus dilakukan terus-menerus untuk membentuk warna website Anda. Menarik, bukan?
Ayo buat Website kamu sekarang!