17 Mei 2022 1:32 pm

Ketahui 9 Faktor yang Menentukan Ranking Google

Ketahui 9 Faktor yang Menentukan Ranking Google
Ranking Google bisa jadi salah satu hal terpenting bagi website, khususnya jika Anda berusaha menjual produk atau jasa. Semakin tinggi ranking, semakin mudah website Anda ditemukan.
Saat ini, Google dapat disebut sebagai salah satu faktor besar dalam digital marketing. Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan Google, misalnya dengan strategi Search Engine Optimization atau dengan beriklan.
Jika Anda memiliki bujet cukup, beriklan di Google memang bisa jadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan perhatian target pasar Anda. Dengan demikian, kemungkinan besar customer akan terus bertambah.
Namun, jika bujet Anda terbatas, tentu Anda perlu menerapkan strategi lain, seperti Search Engine Optimization (SEO). Singkatnya, dengan strategi SEO yang tepat, Anda bisa membuat website lebih mudah ditemukan.
Berdu sudah pernah mengulas lebih lengkap mengenai praktik SEO dan cara menerapkannya. Klik di sini untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.
Jika Anda sudah memahami pentingnya SEO, tentu Anda tahu bahwa website Anda juga harus terus dikelola agar mendapatkan ranking yang lebih baik di Google.
Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari kelengkapan konten, kualitas website, kecepatan memuat konten, mobile-friendly, dan beberapa hal lain.
Paling tidak, ada 9 faktor yang menentukan ranking Google website Anda. Apa saja sih? Yuk disimak!

Backlink dapat disebut sebagai faktor penentu ranking yang paling penting. Sebab, backlink adalah dasar penentu PageRank yang menjadi fondasi algoritme ranking Google.
Menurut riset Ahrefs, backlink sangat menentukan organic traffic website Anda. Meski begitu, tidak semua backlink dinilai sama.
Kualitas backlink ditentukan oleh relevance dan authority. Jadi, link atau tautan dari website dan pages yang relevan lebih bernilai bagi website Anda. Selain itu, link dari website yang sudah tepercaya dan terbukti berkualitas juga lebih mendukung perkembangan website Anda di mata Google.

2. Freshness


Gambar: Ahrefs
Gambar: Ahrefs

Freshness dapat diartikan sebagai aktualitas. Intinya, semakin cepat Anda memuat konten yang sedang viral, semakin tinggi Google menilai website Anda.
Faktor ini berpengaruh karena Google tahu betul bahwa masyarakat ingin mencari berita terbaru. Jadi, coba pastikan Anda membuat konten yang sedang ramai dibicarakan.
Bahkan, untuk konten timeless seperti ”rekomendasi kursi kantor”, Google juga mempertimbangkan kesegaran konten tersebut. Sebagai contoh, rekomendasi tahun 2020 akan lebih diutamakan daripada rekomendasi tahun 2019.

3. Topical authority


Gambar: Ahrefs
Gambar: Ahrefs

Mudahnya, topical authority dapat diartikan sebagai niche website Anda. Katakanlah ada dua website yang sama-sama membahas berita bola, salah satunya khusus merilis berita bola, website yang lain bicara soal olahraga secara umum.
Nah, Google akan lebih mengutamakan website khusus bola untuk berita bola terbaru. Bahkan, rekomendasi Google ini melebihi faktor lain seperti backlink atau semacamnya.
Contoh lain berikut ini, untuk kata kunci ”how to clean a dishwasher”. Secara kualitas, website ranking dua justru lebih komplet daripada website ranking satu.
Namun, website pertama mendapatkan ranking lebih baik karena fokus konten pada proses pembersihan, sedangkan website kedua memiliki fokus konten yang lebih luas.

4. Search intent


Machine learning Google sekarang sudah jauh lebih pintar. Saat ini, ranking Google untuk tipe konten yang berbeda juga akan dipengaruhi faktor berbeda.
Sebagai contoh, jika Anda melakukan pencarian "beli sepatu formal" maka Google menilai Anda sedang dalam buying mode. Dengan demikian, Google akan menunjukkan website yang menjual produk tersebut.
Di sisi lain, jika Anda melakukan pencarian "cara menjahit baju" maka Google menilai Anda sedang dalam learning mode. Dengan demikian, Google mungkin merekomendasikan artikel atau blog post yang relevan.

5. Content depth


Google ingin memberikan ranking untuk website yang memberikan informasi paling komprehensif dan tepercaya. Jadi, jika Anda bisa memenuhi kebutuhan pencari, kualitas website Anda akan semakin dinilai tinggi.
Biar begitu, bukan berarti Anda perlu menulis blog post panjang sampai ribuan kata. Konten yang panjang tidak selalu lebih baik. Alih-alih, Anda harus memenuhi kelengkapan konten sebaik mungkin. Berikan informasi-informasi penting yang dapat memenuhi pencarian user.

6. Page speed


Gambar: Ahrefs
Gambar: Ahrefs

Page speed sering dipandang remeh, padahal bisa jadi salah satu faktor penting menentukan ranking website Anda.
Pentingnya peran page speed meningkat sejak tahun 2018 lalu. Pada tahun itu, Google juga mempertimbangkan kecepatan halaman website untuk pengguna mobile.
Untungnya, Google tidak terlalu ketat menentukan batas kecepatan hingga hitungan milidetik. Pada tahun 2018 lalu, Google mengatakan bahwa sebaiknya website bisa menampilkan halaman sepenuhnya di bawah 3 detik.
Google juga mengatakan bahwa sebaiknya ukuran mobile web page tidak lebih dari 500kb. Jika Anda ingin mencari tahu kecepatan website Anda, coba cek menggunakan Google Search Console.

7. HTTPS


HTTPS meningkatkan keamanan (security) pengunjung website dengan melakukan enkripsi data antara browser dan server. Tentu, Google juga menilai tinggi keamanan dan privasi data.
Sejak tahun 2014 lalu, Google terus meningkatkan komitmen untuk mengutamakan HTTPS. Anda mungkin sering menjumpai website dengan peringatan Not Secure, biasanya ini kurang direkomendasikan Google.

Gambar: Ahrefs
Gambar: Ahrefs

Untungnya, Anda tidak perlu panik jika website Anda belum HTTPS. Memang faktor ini berpengaruh untuk menentukan ranking, tapi bukan faktor besar.

8. Mobile friendly


Gambar: Ahrefs
Gambar: Ahrefs

Sekarang, hampir dua per tiga akses internet di dunia dilakukan melalui perangkat mobile. Karena itu, Google menilai kenyamanan pengguna mobile sebagai salah satu faktor penentu ranking website.
Intinya, Anda harus membuat website Anda senyaman mungkin bagi pengguna HP. Tentu Anda tahu bahwa ukuran layar HP tidak terlalu besar dan biasanya menggunakan format portrait.
Jadi bagaimana cara Anda mencari tahu soal kualitas mobile-friendly website Anda? Tidak sulit, buka Google Search Console dan cari informasi Mobile Usability.

9. User experience


Google ingin mengutamakan konten yang terbukti telah menawarkan pengalaman positif bagi pengunjung website. Jadi user experience pengunjung website Anda juga sangat penting.
Google juga pernah menegaskan bahwa Anda harus membuat website yang menguntungkan pengguna. Segala upaya peningkatan kualitas website harus mengutamakan perkembangan user experience.
Ada beberapa hal yang bisa meningkatkan user experience, di antaranya:
  • Konten yang mudah dibaca
  • Website yang well-organized atau rapi
  • Konten yang menarik dan berguna
  • Desain website responsif
  • Tidak ada iklan yang mengganggu

Tingkatkan ranking website Anda


Demikian penjelasan singkat mengenai 9 faktor yang menentukan ranking Google website Anda. 9 faktor pengaruh tersebut dapat dirangkum dalam delapan langkah singkat, yaitu:
  • Sajikan apa yang dicari oleh user Anda
  • Pastikan website Anda terlihat apik di setiap perangkat
  • Pastikan pengunjung website dapat menikmati pengalaman browsing dengan mengurangi gangguan
  • Jelaskan segala hal yang dibutuhkan user secara akurat
  • Coba tentukan fokus untuk satu topik, jangan terlalu banyak topik berbeda
  • Dapatkan rekomendasi dari situs lain berupa backlink
  • Update dan jaga kesegaran konten

Singkatnya, faktor-faktor yang menentukan ranking Google website Anda sebenarnya tidak terlalu rumit. Menarik, bukan? Yuk dicoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!