3 September 2022 12:09 pm

7 Tips Gunakan Jasa Influencer untuk Kembangkan Bisnis Anda!

7 Tips Gunakan Jasa Influencer untuk Kembangkan Bisnis Anda!
7 tips gunakan jasa influencer untuk kembangkan bisnis anda! Modern ini, influencer adalah salah satu senjata yang powerful dalam dunia pemasaran dan umum jadi salah satu strategi marketing.
Influencer saat ini tidak hanya berhasil meningkatkan kesadaran terhadap brand, tetapi juga dapat meningkatkan kesempatan evergreen sales yang dapat menjangkau jutaan audiens secara online.
Saat ini, sebagian besar konsumen mengandalkan setidaknya satu influencer untuk memengaruhi keputusan pembeliannya. 90% pebisnis meyakini bahwa ROI (Return of Investment) melalui influencer dapat melampaui saluran pemasaran lainnya.
Jadi, jika brand Anda belum mempertimbangkan jasa influencer sebagai salah satu strategi marketing, Anda mungkin melewatkan salah satu saluran pemasaran yang sangat efektif.
Nah untuk membantu Anda, mari simak informasi singkat mengenai cara memanfaatkan peran influencer secara tepat. Berikut 7 tips gunakan jasa Influencer untuk kembangkan bisnis Anda.

1. Manfaatkan influencer untuk mengulas (review) produk


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Saat ini, banyak audiens yang skeptis terhadap berbagai klaim yang dipromosikan melalui iklan, termasuk melalui website. Bahkan, audiens sekarang lebih menyukai rekomendasi dari orang-orang yang mereka percayai, salah satunya adalah influencer.
Lebih dari 60% konsumen mempercayai ulasan dari influencer. Sehingga banyak konsumen bergantung pada influencer untuk memeriksa produk atau merek yang potensial.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa salah satu cara terbaik mendorong penjualan melalui influencer adalah dengan cara meminta mereka mereview produk Anda.
Influencer juga dapat mereview produk dengan berbagai cara, mulai dari menggunakan postingan video di YouTube atau Instagram.hingga menggunakan berbagai jenis media seperti podcast atau blog.
Untuk itu, Anda bisa mendorong influencer untuk memberikan evaluasi atau review jujur terhadap produk Anda. Dengan begitu influencer dapat menumbuhkan kepercayaan, kepercayaan diri, serta meningkatkan potensi penjualan produk Anda.

2. Berikan kode diskon eksklusif pada influencer


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Salah satu cara sederhana untuk memulai pemasaran melalui influencer adalah dengan menawarkan kode diskon.
Diskon produk dapat mendorong konsumen untuk mengunjungi situs web Anda serta mengevaluasi penawaran Anda.
Proses menawarkan diskon melalui influencer terbilang mudah. Setelah Anda menemukan influencer yang sesuai dengan niche Anda, berikan mereka kode diskon dengan waktu terbatas untuk dibagikan pada pengikut mereka.
Keterbatasan waktu tersebut akan memberi efek kelangkaan pada produk Anda, sehingga dapat mendorong pembeli untuk bertindak lebih cepat. Tentu, sebaiknya Anda memilih fokus pada jenis diskon tertentu untuk konsumen yang tepat agar dapat mengambil tindakan pembelian.
Beberapa opsi diskon yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
  • Persentase diskon untuk mendorong penjualan
  • Diskon biaya pengiriman untuk transaksi perkenalan
  • Diskon potongan harga untuk pesanan dengan jumlah tinggi

Untuk pembuatan kode diskon bagi influencer, Anda dapat mengundang mereka bergabung dengan komunitas Anda. Intinya, perlu ada sebuah wadah agar Anda dapat membagikan kode diskon kepada para influencer.
Anda bisa menghubungi para influencer melalui email atau pesan langsung di media sosial (direct message) untuk ajakan serta memberikan konfirmasi. Kode diskon tersebut nantinya dapat dibagikan oleh para influencer kepada pada penggemar dan pengikut mereka.

3. Jalankan kontes atau give away dengan influencer


Gambar: Max Marketing
Gambar: Max Marketing

Kontes dan giveaway adalah salah satu strategi yang dapat membantu influencer membangun keterlibatan dari followers-nya.
Dengan begitu, bisnis Anda akan mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan brand awareness yang memang penting untuk mengembangkan bisnis.
Biasanya, sebagian besar influencer mengharuskan peserta untuk mention beberapa teman dan harus membagikan postingan tersebut kepada follower mereka. Tindakan ini akan membantu mengenalkan brand Anda dan membuat konsumen lebih memperhatikan produk Anda.

4. Minta influencer menggunakan #hashtag brand Anda


Gambar: blogthinkbig
Gambar: blogthinkbig

Hashtag terkait brand atau nama bisnis Anda saja kurang efektif. Gantinya, Anda bisa menggunakan hashtag khusus untuk sebuah campaign marketing di media sosial, jadi hashtag tersebut terbatas untuk campaign tertentu.
Dalam hal ini, Gojek bisa jadi contoh yang cukup akurat. Mereka memilih menggunakan hashtag #RekomendasiAsikGoFood, tidak hanya menggunakan hashtag #Gojek atau #GoFood. Cara ini akan mendorong user untuk lebih terlibat dalam campaign Anda.

5. Biarkan influencer mengambil alih media sosial


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Salah satu cara agar konten Anda menarik perhatian ekstra adalah dengan menerapkan strategi pengambilalihan media sosial oleh influencer. Faktanya, cara ini sudah umum digunakan.
Pada intinya, Anda akan membiarkan influencer tersebut untuk mengelola dan menggunakan media sosial Anda seolah-olah seperti media sosial pribadinya. Dengan cara ini, user akan lebih tertarik mengikuti keseharian influencer tersebut.
Selama momen tersebut berlangsung, influencer dapat memposting apa pun di akun media sosial bisnis Anda, tentu biasanya postingan tersebut sudah disepakati dan dirundingkan sebelumnya.
Pengambilalihan media sosial ini dapat memberi audiens kesempatan untuk lebih memahami pola pikir influencer dan jadi lebih terhubung dengan brand atau produk Anda di website.

6. Minta influencer untuk memberi promosi gift di momen liburan


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Promosi gift atau hadiah yang berasal dari akun influencer biasanya dibidik oleh banyak orang, termasuk calon konsumen Anda. Jadi, biasanya Anda bisa bekerja sama secara khusus dengan influencer untuk momen-momen tertentu.
Misalnya, Anda bisa membuat campaign liburan sesuai tema, seperti Idul Fitri, Natal, hingga perayaan-perayaan lain seperti Valentine atau Hari Ibu. Momen-momen tersebut bisa Anda gunakan untuk lebih mengenalkan brand Anda.
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat panduan hadiah menggunakan influencer.
  • Influencer dapat mempromosikan gift yang berasal dari toko Anda. Cara ini cocok untuk Anda yang menjual berbagai produk Anda.
  • Influencer biasanya mempromosikan beberapa gift dari berbagai brand sekaligus Nah, Anda bisa berkontribusi menjadi salah satu sponsor dalam promosi tersebut. Cara ini juga bisa menjadi opsi bagi Anda yang memiliki bujet lebih rendah.

7. Buat video unboxing menggunakan influencer


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Konten unboxing kini diminati banyak orang. Unboxing bukanlah sekadar video iseng-iseng, jenis video ini sudah cukup populer di YouTube sejak awal tahun 2010.
Sekarang, minat penonton terhadap konten unboxing sudah semakin tinggi. Hal in terbantu dengan adanya berbagai media sosial seperti Instagram dan TikTok yang dapat menampung sebagian besar konten-konten video unboxing.
Karena sebagian besar orang memercayai rekomendasi influencer, Anda bisa menggunakan konten unboxing untuk menampilkan produk Anda dari sudut pandang influencer untuk membantu konsumen yang masih ragu melakukan pembelian.
Ketika membuat video unboxing, pastikan influencer tersebut memiliki peralatan dan keterampilan yang dibutuhkan menerangkan produk Anda sebaik mungkin.
Influencer diharuskan memahami produk Anda dengan segala fiturnya, untuk kemudian membagikan pemahamannya kepada audiens. Influencer tersebut dapat menjelaskan berbagai aspek, mulai dari kemasan, desain, serta berbagai hal detail relevan lainnya.
Secara teknis, tentu akan lebih baik jika influencer yang melakukan konten video unboxing juga memiliki peralatan serta pengaturan pencahayaan yang memadai untuk memberi tampilan produk yang menarik.

Gunakan Strategi Pemasaran Influencer Untuk Bisnis Anda


Nah itu dia berbagai tips pemasaran menggunakan influencer untuk mendorong penjualan produk Anda. Selama Anda terus berpikir kreatif dan selaras dengan audiens influencer pilihan Anda, strategi ini sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness dan brand visibility.
Tentu saja, harapannya strategi ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan produk dalam waktu singkat. Demikian informasi mengenai 7 tips gunakan jasa influencer untuk kembangkan bisnis.
Yuk desain website Anda di Berdu dan kembangkan bisnis Anda!
Ayo buat Website kamu sekarang!