15 Agustus 2022 6:00 am

Yuk Gunakan Video Instagram untuk Promosikan Brand Anda!

Yuk Gunakan Video Instagram untuk Promosikan Brand Anda!
Sejak diluncurkan pada 2010 lalu, Instagram terus mengalami perkembangan-perkembangan penting. Terkini, Instagram menjelma jadi platform yang menguntungkan brand atau bisnis.
Di tahun 2022 ini, Instagram memberikan dukungan penuh kepada user untuk membuat, mengedit, dan membagikan konten dengan mudah. Bahkan, sekarang bukan hanya konten foto yang dimaksimalkan Instagram, melainkan juga konten video.
Konten video yang dimaksud bisa dibentuk dalam berbagai format dan diunggah dengan memaksimalkan berbagai fitur Instagram. Sebagai contoh, Anda bisa membuat video untuk Post, Reels, atau Stories.
Artinya, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan konten video Anda. Contohnya, konten video untuk Post dan Stories mungkin sedikit berbeda.
Membuat video instagram juga relatif mudah, bahkan tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Anda bisa melakukan produksi secara mandiri dan cukup menggunakan peralatan sederhana.
Bahkan, saat ini video yang sederhana justru lebih disukai pengguna karena terasa lebih otentik dan lebih efektif. Anda pun bisa menggunakan video untuk menceritakan brand dan nilai-nilai bisnis Anda.
Nah, jika Anda baru mencoba memaksimalkan fitur video Instagram atau sedang mencari cara untuk mempromosikan brand Anda, panduan singkat di bawah ini mungkin bisa membantu. Yuk disimak!

3 jenis video instagram untuk mempromosikan brand Anda


Saat ini, video adalah jenis konten yang paling banyak digunakan karena bisa memicu engagement tinggi. Menurut studi Hubspot, rata-rata satu video Instagram dapat melahirkan 24 komentar, lebih banyak dari foto dengan 15 komentar rata-rata.
Video juga lebih mencuri perhatian calon konsumen, mereka hanya perlu menonton dan mendengar, tidak perlu membaca secara detail. Unggahan video juga lebih mudah dikonsumsi sampai habis.
Saat ini ada tiga jenis format video Instagram yang umum digunakan, yaitu: Reels, Stories, dan Live IG. Apa saja keunggulannya?

1. Instagram Reels


Gambar: Search Engine Journal
Gambar: Search Engine Journal

Instagram Reels adalah fitur yang diciptakan untuk menggantikan peran video di Instagram Feed. Dengan Reels, Anda bisa menambahkan sound effects, musik, dan banyak fitur lainnya, mirip seperti video TikTok.
Reels bisa jadi opsi bagus untuk meningkatkan jangkauan reach media sosial Anda. Jadi, Reels bagus untuk mendapatkan audiens dan calon konsumen baru.
Jika perlu, Anda juga bisa mengubah video Reels menjadi materi iklan, jadi brand atau bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen.
Berikut spesifikasi video Instagram Reels yang dianjurkan:

  • Ukuran file: 4 GB maks
  • Jenis file: MP4 atau MOV (direkomendasikan)
  • Durasi video: 90 detik (maks)
  • Orientasi: square atau landscape
  • Aspect ratio: 1:91:1

2. Instagram Stories Video


Gambar: Buffer
Gambar: Buffer

Instagram Stories adalah cara yang tidak kalah efektif untuk mempromosikan brand atau bisnis Anda. Menurut riset Instagram, sekitar 58% pengguna lebih tertarik dengan brand atau product setelah melihat Stories.
Karakteristik Stories berbeda dengan postingan biasa. Stories dapat menghilang setelah 24 jam, kecuali jika Anda menyimpannya di Highlights di bawah bio Instagram.
Artinya, Stories bisa jadi wadah yang tepat untuk mengunggah testimoni atau untuk berinteraksi dengan followers. Anda juga bisa menyertakan link ke halaman website atau landing page Anda untuk mencapai tujuan marketing berikutnya.
Saat ini setiap video Stories diberi durasi maksimal 15 detik oleh Instagram. Jika video Anda cukup panjang, Instagram akan otomatis memotongnya per 15 detik video.

3. Live Instagram


Gambar: Wired
Gambar: Wired

Bagi Anda yang sudah memiliki followers cukup banyak atau yang berupaya meningkatkan jumlah followers, Live Instagram adalah cara yang sangat efektif untuk meningkatkan engagement.
Fitur Live terbukti sangat efektif di setiap platform media sosial, Instagram tidak terkecuali. Dengan video Live, Anda bisa mempromosikan ajang yang sedang berlangsung atau mempromosikan program-program promosi bisnis Anda.
Jika Anda menjual produk, video Live bisa menjadi cara untuk membagikan tutorial menggunakan produk tersebut. Jika Anda menjual jasa, video Live dapat menunjukkan cara-cara memesan jasa dan apa saja yang didapatkan oleh konsumen.
Lakukan Live sesering mungkin, jangan khawatir jika pada awalnya hanya ada sedikit penonton yang aktif mengikuti diskusi langsung Anda.

Tips promosi produk dengan video Instagram


Gambar: Promo
Gambar: Promo

Nah ketiga fitur video Instagram di atas dapat Anda gunakan secara berbarengan dan terus-menerus untuk mencapai tujuan marketing Anda. Ingat, tidak perlu khawatir soal kualitas, coba saja mulai terlebih dahulu.
Selain itu, ada beberapa tips memaksimalkan promosi dengan video Instagram yang bisa Anda coba sebagai berikut:
  • Upayakan konten otentik, jangan hanya fokus produksi dan promosi
  • Unggah konten video secara reguler, coba buat jadwal yang sesuai dengan waktu Anda
  • Ceritakan kisah brand Anda yang menarik
  • Promosikan brand dan produk Anda

Nah itu dia penjelasan singkat mengenai manfaat Instagram untuk mempromosikan brand dan bisnis Anda. Semoga membantu ya!
Ayo buat Website kamu sekarang!