8 Maret 2022 7:00 am

Apa Itu Content Marketing dan Mengapa Penting?

Apa Itu Content Marketing dan Mengapa Penting?
Content marketing dapat membantu Anda menarik, membentuk hubungan, dan mendorong konversi konsumen. Bahkan, konten yang viral dapat membantu Anda menjangkau calon konsumen yang sebelumnya tidak terjangkau.
Beberapa tahun terakhir, content marketing semakin populer seiring dengan perkembangan media sosial. Brand-brand top berlomba-lomba menciptakan konten untuk mempromosikan produk atau untuk tujuan lain.
Pada dasarnya, content marketing adalah proses menciptakan dan mendistribusikan konten untuk mencuri perhatian konsumen. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan revenue dan mengembangkan bisnis.
Strategi content marketing bisa dimulai dengan sederhana. Misalnya, Anda bisa membuat website terlebih dahulu, lalu mengisinya dengan artikel-artikel yang sesuai dengan bisnis Anda.
Artikel-artikel ini adalah konten yang dapat membantu Anda mendapatkan perhatian konsumen. Tentu, Anda harus menjual produk atau jasa Anda terlebih dahulu di website tersebut.
Contoh lain, Anda bisa juga membuat video dan mengunggahnya di akun YouTube bisnis Anda. Ciptakan video yang relevan dengan bisnis Anda dan yang bisa membantu menyelesaikan masalah konsumen.
Nah, artikel dan video itu adalah format konten yang dipilih dan disesuaikan dengan konsumen dan target marketing. Didukung dengan penerapan SEO, Anda bisa meningkatkan traffic ke website Anda, dan pada akhirnya mendorong penjualan.

Mengapa penting?



Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Jika dilakukan dengan tepat dan konsisten, content marketing adalah salah satu cara paling efektif untuk menarik, melibatkan, meningkatkan konversi, dan mempertahankan konsumen.
Secara umum, ada lima alasan content marketing penting dan perlu dilakukan, di antaranya:

1. Membentuk awareness dan menjaring calon konsumen


Biasanya, konsumen didorong oleh masalah atau hasrat yang perlu dipenuhi. Konsumen akan mencari solusi, tentu mereka tidak akan mempertimbangkan brand Anda jika tidak mengetahuinya.
Sebagai contoh, konsumen mungkin mencari sepatu kerja wanita atau pijat wanita di Jakarta Timur. Nah biasanya mereka melakukan pencarian menggunakan Google.
Jadi, Anda perlu membuat website dan menciptakan konten yang relevan dengan pencarian konsumen itu. Dengan demikian, content marketing adalah cara untuk memastikan bahwa konsumen bisa menemukan bisnis Anda.

2. Terhubung dengan konsumen dan tingkatkan kredibilitas


Katakanlah Anda memiliki website penjualan dan sudah memiliki banyak varian produk. Namun, tidak ada jaminan konsumen akan memilih brand atau produk Anda.
Nah content marketing dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Jika Anda terus membuat konten yang tepercaya, lalu konsumen terus menemukan brand Anda dalam pencarian kedua, ketiga, dan keempat maka kemungkinan mereka akan memilih produk anda.

3. Mendorong pembelian konsumen


Jika calon konsumen sudah mengetahui solusi yang Anda tawarkan, ada kemungkinan mereka masih merasa ragu dengan kualitas produk atau jasa yang mungkin Anda tawarkan.
Content marketing yang tepat dapat membantu meyakinkan konsumen. Sebagai contoh, jika Anda menawarkan jasa servis iPhone, Anda bisa membuat video contoh proses servis yang menjelaskan bahwa suku cadang yang digunakan asli.
Video itu mungkin dapat meyakinkan calon konsumen dan membuat mereka melakukan pembelian atau pemesanan.

4. Membangun loyalitas konsumen


Tujuan utama content marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda. Jadi, ada beberapa dampak positif selain penjualan yang bisa Anda dapatkan.
Sebagai contoh, dengan terus menciptakan konten, Anda dapat menjaga keberadaan bisnis Anda di benak konsumen. Anda bisa terus menjaga hubungan dengan konsumen dan perlahan-lahan membentuk loyalitas konsumen.

5. Bagus untuk jangka panjang


Lebih lanjut, content marketing adalah strategi yang sangat bagus untuk jangka panjang. Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memasang iklan atau semacamnya.
Jadi, Anda bisa memilih konten yang tidak terbatas oleh waktu. Misalnya membuat artikel atau video tentang penjelasan produk, cara-cara menggunakan, atau semacamnya.

Format content marketing



Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Ada banyak jenis content marketing yang bisa Anda pilih. Setiap jenis atau format memiliki keunggulannya masing-masing, jadi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan bisnis Anda.
Berikut beberapa format atau jenis yang umum digunakan:

  • Artikel
  • Video
  • Podcast
  • Infografik
  • Flyer
  • Poster
  • Template
  • Ebook
  • Free tools

Jika mau menjangkau konsumen sebanyak mungkin, Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis tersebut, jangan hanya memilih satu jenis.
Namun, sebaiknya fokus pilih dua atau tiga format yang mungkin membawa dampak paling signifikan terhadap perkembangan bisnis Anda.
Selain itu, Anda bisa menerapkan prinsip berikut untuk memaksimalkan traffic website melalui konten, yaitu:

  • Temukan topik yang relevan dengan bisnis Anda
  • Ciptakan konten yang terkait
  • Promosikan konten tersebut

Contoh content marketing


Ada banyak contoh content marketing yang sudah sukses besar. Anda bisa mengamatinya ketika melakukan pencarian di Google, coba cek website atau video yang direkomendasikan di halaman pertama.
Bahkan, Berdu.id juga menerapkan strategi yang sama. Berdu dapat membantu Anda membuat website atau landing page dan membuat toko online untuk meningkatkan penjualan Anda.


Gambar: Berdu
Gambar: Berdu
Nah, Anda bisa menemukan artikel-artikel relevan dan terkait dengan digital marketing dan semacamnya. Berdu juga membuat video-video yang membantu Anda mengelola website dan mengoptimalkannya.
Sebagai contoh, Berdu membuat video penjelasan pengaruh resolusi gambar terhadap kecepatan website plus tutorial cara mengubah resolusi.


Gambar: Berdu
Gambar: Berdu

Ini adalah salah satu contoh penerapan strategi content marketing yang akurat dan relevan dengan bisnis. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan, seperti meningkatkan kepercayaan konsumen dan mendorong pembelian.

Tips membuat content marketing


Yang paling penting, tidak ada satu cara pasti untuk melakukan content marketing. Anda bisa menyesuaikan strategi sesuai dengan kebutuhan dan identitas brand Anda.
Berikut beberapa tips menciptakan konten relevan yang bisa Anda coba:
Riset, coba pahami konsumen Anda
Sebelum menciptakan konten apa pun, coba lakukan riset dan kenali konsumen Anda, baik yang sudah ada maupun calon konsumen yang Anda incar.
Tentukan tujuan konten Anda
Jika Anda sudah menciptakan konten secara rutin tapi masih belum cukup berhasil, coba tentukan ulang tujuan konten Anda. Misalnya, Anda bisa lebih banyak membuat video daripada artikel.
Fokus menjangkau konsumen yang belum mengetahui keberadaan bisnis Anda
Anda mungkin fokus menciptakan konten untuk menjaga loyalitas konsumen yang sudah ada. Cara ini tidak salah, tapi jangan lupakan konten untuk calon konsumen baru.


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Trial and error, jangan takut mencoba format konten yang sesuai dengan tujuan Anda
Jangan berkecil hati jika konten Anda tidak mengundang banyak traffic. Mungkin Anda bisa mencoba format lain, bisa juga mencoba strategi promosi lain. Butuh waktu untuk menemukan ritme yang pas.
Pahami nilai bisnis Anda, kenalkan itu kepada konsumen
Coba ciptakan hubungan yang bisa dipercaya konsumen Anda dengan menegaskan nilai-nilai brand Anda. Jadi, jangan hanya menjual produk, tapi jelaskan identitas Anda.
Optimalkan konten yang sudah ada, jangan buru-buru buat baru
Memang ada banyak format konten, tapi jangan buru-buru mengubah format atau semacamnya. Coba promosikan terlebih dahulu konten yang sudah ada.
Ciptakan produk yang fokus dengan konten tertentu
Jika mau, Anda juga bisa menciptakan produk yang cocok dengan format konten tertentu. Sebagai contoh, promosi dan penjelasan produk fitur tas gunung mungkin lebih cocok menggunakan video.

Bagikan kisah, ceritakan bisnis Anda dan identitas Anda
Konsumen sekarang memiliki kebiasaan baru, mereka lebih suka mendengar cerita di balik keputusan dan kesuksesan brand. Jadi, Anda bisa mulai dengan menceritakan perjalanan bisnis Anda.
Ciptakan konten yang berbeda-beda sebagai langkah awal
Jika Anda tidak yakin dengan format tertentu, coba ciptakan beberapa format berbeda sebagai langkah awal. Dengan demikian, Anda bisa tahu format yang cocok dan berhasil sesuai dengan bisnis Anda.
Nah itu dia penjelasan mengenai apa itu content marketing dan mengapa penting. Yuk segera dicoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!