21 Februari 2022 7:18 pm

7 Tips Tulis Caption Media Sosial, Yuk Tingkatkan Engagement!

7 Tips Tulis Caption Media Sosial, Yuk Tingkatkan Engagement!
Tips tulis caption media sosial penting Anda pelajari untuk meningkatkan jangkauan (reach) dan tingkat interaksi (engagement). Langkah ini penting bagi Anda yang memiliki bisnis, entah penjualan barang atau jasa.
Anda mungkin sudah memahami pentingnya media sosial. Dengan hadir di media sosial, Anda bisa meningkatkan jangkauan (brand's reach) bisnis Anda jauh lebih besar.
Faktanya, saat ini hampir semua orang memiliki media sosial. Biasanya mereka mencari kebutuhan mereka di media sosial terlebih dahulu, baru melanjutkannya dengan pembelian atau pemesanan.
Berikut beberapa alasan media sosial penting bagi bisnis Anda:
  • Mengembangkan jangkauan secara online
  • Membantu menarik calon konsumen baru
  • Bisa mendapatkan feedback langsung dari konsumen
  • Membentuk brand awareness
  • Membangun brand authenticity
  • Menciptakan dan memupuk komunitas

Saat ini ada banyak media sosial yang bisa Anda pilih, seperti Facebook (Meta), Instagram, Twitter, dan tentu saja TikTok. Setiap media sosial tersebut menyediakan fitur caption atau teks.
Nah, teks inilah yang penting untuk mencuri perhatian konsumen dan mendorongnya melakukan aktivitas pembelian. Yuk simak tips tulis caption di media sosial berikut ini.

Mengapa caption penting?


Gambar: Unbox Social
Gambar: Unbox Social

Seperti yang Anda tahu, sebagian besar orang Indonesia kurang keterampilan membaca. Itulah sebabnya terkadang caption di suatu postingan media sosial diabaikan begitu saja.
Nah, Anda bisa mengatasinya dengan menulis caption yang tepat. Gambar atau video yang di-post memang masih jadi sajian utama, tapi caption tidak kalah penting.
Menurut penelitian, gambar dan video berfungsi mencuri perhatian awal konsumen. Lalu caption meneruskannya untuk menyalurkan engagement.
Caption yang tepat penting untuk beberapa hal, entah untuk mendapatkan followers, meningkatkan revenue, mencoba viral, dan segudang manfaat lainnya.

Ingat batas karakter


Sebelum bicara soal tips tulis caption media sosial, Anda perlu mengenali aturan batasan karakter di setiap platform sebagai berikut:
  • Facebook: 63.206 karakter
  • Instagram: 2.200 karakter
  • Twitter: 280 karakter
  • TikTok: 140 karakter

7 tips tulis caption media sosial


Ada beberapa tips tulis caption media sosial, paling tidak ada 7 tips penting yang perlu Anda tahu.

1. Tulis seperti bicara dengan teman Anda


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah nada tulisan Anda. Sebagian besar orang khawatir terlalu kaku atau terlalu santai saat menulis caption di media sosial.
Tidak ada salahnya Anda membuat tulisan formal yang umum, tetapi gaya tulisan ini sudah ketinggalan zaman. Sulit mencuri perhatian pengguna media sosial dengan caption kaku.
Sebaliknya, coba posisikan Anda sebagai teman dari konsumen atau pengguna media sosial secara umum. Tidak perlu terlalu santai atau personal, tapi harus tetap menyenangkan. Caranya:
  • Jangan gunakan jargon profesional
  • Jangan gunakan kata-kata rumit
  • Hindari kalimat-kalimat panjang
  • Tulis seperti gaya Anda bicara

2. Dorong percakapan/gunakan kalimat tanya


Coba tulis caption media sosial yang memancing audiens untuk berinteraksi, entah berinteraksi dengan Anda sebagai bisnis atau saling berinteraksi antar-audiens.
Jadi, tidak cukup hanya menulis informasi atau penjelasan mengenai produk/jasa Anda. Coba buat tulisan yang menarik, yang memancing orang lain untuk berkomentar.
Cara termudah yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan kalimat tanya. Dengan demikian, Anda bisa memancing audiens untuk berkomentar.
Sebagai contoh, jangan hanya tulis: "Kopi susu gula aren adalah menu favorit di kafe kami". Alih-alih, coba tulis: "Kopi susu gula aren paling cocok diminum di siang hari, gimana menurut kalian?"
Sebaiknya buat pertanyaan terbuka, bukan jenis pertanyaan yang cukup dijawab dengan "ya" atau "tidak".

3. Posisikan diri sebagai konsumen


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Tips tulis caption media sosial berikutnya adalah memosisikan diri Anda sebagai konsumen atau audiens. Anda harus tahu apa yang dibutuhkan dan dicari audiens.
Kira-kira, pesan apa yang Anda terima jika Anda ada di posisi pembaca atau pendengar? Untuk membantu Anda, coba jawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
  • Apa yang dipedulikan oleh audiens?
  • Apakah saya perlu berkomentar jika melihat unggahan tersebut di feed?
  • Apakah ada pancingan untuk audiens memberikan respons?
  • Lalu, apakah audiens menganggap unggahan tersebut menarik?
  • Apakah caption sesuai dengan identitas brand?

4. Bagikan cerita


Beberapa tahun terakhir, gaya tulisan brand-brand besar sudah berbeda. Penulisan caption juga dipengaruhi oleh perkembangan konten yang kini disukai oleh audiens.
Saat ini, penikmat media sosial sangat menyukai cerita. Bagikan cerita tentang bisnis Anda, tentang kisah-kisah inspiratif lain yang sesuai dengan warna brand Anda.
Gaya bercerita ini akan membantu Anda menguatkan personalitas bisnis Anda. Tentu Anda juga akan terbantu membangun relasi dengan audiens.
Sebenarnya gaya tulisan bercerita ini adalah dasar dari media sosial yang awalnya diciptakan untuk bersosialisasi. Jadi, ajak audiens mengobrol bersama Anda, bukan Anda yang bicara satu arah.

5. Sebut fakta menarik


Gambar: Unsplash
Gambar: Unsplash

Berikutnya, tips tulis caption media sosial yang bisa Anda coba adalah dengan membagikan fakta atau informasi menarik. Cara ini bisa menimbulkan wow effect bagi audiens.
Anda bisa mencoba membagikan beberapa hal berikut:
  • Informasi luar biasa dan mengejutkan
  • Fakta yang tidak diketahui banyak orang
  • Kata-kata unik
  • Fakta-fakta menarik

6. Tulis yang penting terlebih dahulu


Kalimat pertama adalah bagian terpenting dalam caption Anda. Dengan membaca kalimat pertama, audiens seharusnya akan tertarik untuk lanjut membaca kalimat-kalimat berikutnya.
Oleh sebab itu, pilih kalimat pertama yang paling penting dan paling relevan. Anda harus menulis kalimat pertama yang bisa memancing perhatian audiens.
Ada beberapa cara, salahs atunya dengan memberikan informasi terpenting langsung di kalimat pertama. Misalnya, jika Anda membuat program give away, langsung berikan informasi tersebut di kalimat pertama.

7. Ajak lakukan pembelian/aksi lain (sesekali)


Gambar: Pexels
Gambar: Pexels

Salah satu tujuan menggunakan media sosial adalah untuk mendorong audiens mengambil keputusan pembelian atau aksi lain. Tentu, Anda boleh menggunakan kalimat persuasif.
Sesekali, coba tulis kalimat persuasif untuk melakukan tindakan seperti mengunjungi website/landing page atau bahkan langsung membuat pembelian. Langkah ini penting, tapi jangan terlalu sering. Anda harus terus menjaga kedekatan dengan audiens.

Statistik pendukung


Sudah jelas bahwa media sosial sangat penting untuk mengembangkan bisnis Anda. Menulis caption yang tepat adalah salah satu langkah krusial. Berikut beberapa statistik pendukung bahwa media sosial masih sangat penting untuk bisnis:

Angka-angka tersebut membuktikan bahwa media sosial masih sangat penting dan efektif untuk mengembangkan bisnis Anda. Media sosial bisa menjadi salah satu jalur promosi dan berinteraksi dengan audiens.
Selain itu, saat ini media sosial seperti Instagram juga bisa terhubung langsung dengan website Anda. Jika Anda memiliki website atau landing page sendiri, Anda bisa langsung menghubungkannya dengan media sosial untuk mendorong keputusan pembelian.
Nah itu dia beberapa tips tulis caption media sosial yang mungkin dapat membantu Anda. Tentu Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda dan bisnis Anda. Yuk dicoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!