2 Oktober 2023 4:00 am

Tips dan Trik Jadwal FYP TikTok: Waktu Terbaik untuk Posting Video TikTok

Tips dan Trik Jadwal FYP TikTok: Waktu Terbaik untuk Posting Video TikTok
Menumbuhkan akun TikTok untuk brand atau bisnis Anda mungkin tidak begitu sulit, tapi juga tidak bisa dianggap mudah. Selain mencari tahu jenis konten yang paling pas, Anda juga harus menemukan waktu terbaik untuk posting di TikTok.
Menemukan waktu posting terbaik bisa berdampak besar untuk perkembangan akun brand atau bisnis Anda. Artinya, jika waktu postingnya pas, interaksi dari audiens bisa jauh lebih besar.
Karena itulah penting mencari tahu dan menemukan jadwal FYP TikTok. Nah, Anda bisa menggunakan data yang diolah oleh pihak ketiga, bisa juga melakukan riset sendiri untuk menemukan waktu posting terbaik.
Yuk simak selengkapnya untuk menemukan jadwal FYP TikTok, plus tips dan trik yang bisa Anda coba.

Algoritma TikTok dan pentingnya FYP


Aplikasi TikTok
Gambar: Insider.com
Aplikasi TikTok Gambar: Insider.com

Sebagai media sosial, TikTok menawarkan algoritma yang menarik, berbeda dengan pendahulunya seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.
TikTok memberikan kesempatan yang besar untuk kreator-kreator baru muncul ke permukaan. Anda mungkin sering menemukan video orang atau akun yang tidak dikenal saat scrolling TikTok.
Fitur inilah yang disebut dengan For You Page alias FYP. Artinya, algoritma TikTok memilihkan video dan merekomendasikannya untuk Anda. Rekomendasi ini dibuat berdasarkan sejumlah faktor penentu.
Nah, targetnya adalah agar video atau postingan Anda muncul di FYP, ini berarti reach postingan Anda jadi lebih luas, jadi lebih banyak target audience baru yang tertarik atau bahkan berinteraksi.
Tentu yang paling utama adalah konten, pastikan video Anda menarik dan relatable dengan banyak orang. Setelahnya, Anda juga perlu memilih waktu yang pas untuk posting konten video tersebut.

Waktu terbaik untuk posting TikTok (incar FYP)


Ilustrasi akun TikTok
Gambar: Lookfamed
Ilustrasi akun TikTok Gambar: Lookfamed

Sebenarnya tidak ada rumus pasti untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk posting TikTok. Namun, setidaknya Anda bisa menggunakan hasil riset dari pihak ketiga.
Studi terbaru dari Influencer Marketing Hub merekomendasikan waktu posting TikTok sebagai berikut:

Senin: 06.00, 10.00, 22.00

Hari Senin adalah hari dimulainya aktivitas dalam seminggu, waktu terbaik untuk posting TikTok adalah jam 6 pagi, jam 10 pagi, dan jam 10 malam. Harapannya, video Anda dilihat oleh audiens sebelum mereka bekerja atau bersekolah, sebelum makan siang, dan sebelum tidur.

Selasa: 02.00, 04.00, 21.00

Waktu terbaik untuk posting TikTok hari Selasa adalah pada dini hari. Ada pola yang memperlihatkan bahwa orang cenderung terbangun dini hari dan membuka akun TikTok mereka, juga di malam hari sebelum tidur.

Rabu: 07.00, 08.00, 23.00

Hampir sama seperti hari Senin, waktu terbaik posting di hari Rabu adalah pada pagi hari dan malam hari, sebelum orang mulai beraktivitas dan sebelum mereka tidur di malam hari.

Kamis: 09.00, 12.00, 19.00

Waktu terbaik posting TikTok di hari Kamis biasanya ada pada jam makan siang, yaitu sekitar jam 12.00 sampai jam 13.00. Anda juga bisa memilih jam makan malam, mulai 18.00 sampai 19.00.

Jumat: 05.00, 13.00, 15.00

Nah di hari Jumat, biasanya aktivitas dan kesibukan sudah mulai melandai, saat inilah audiens bisa lebih sering menggunakan HP. Anda bisa memilih waktu posting di sore hari dan setelah jam makan siang.

Sabtu: 11.00, 19.00, 20.00

Hari Sabtu, sebagian besar orang libur dari pekerjaannya, meski tidak semua. Namun, biasanya mereka justru sibuk dengan aktivitas lain seperti berbelanja atau mencari hiburan, jadi lebih baik waktu posting TikTok di malam hari dan sebelum jam makan siang.

Minggu: 07.00, 08.00, 16.00

Hari Minggu ada lebih banyak orang beristirahat di rumah. Jadi Anda bisa mulai posting video di pagi hari, lalu mengunggah video lainnya di sore hari. Dua video dalam satu hari pun tidak masalah.
Data-data dan rekomendasi jam di atas memang cukup menarik, tapi perlu diingat ada banyak faktor yang berpengaruh. Sebaiknya gunakan jam-jam tersebut sebagai panduan awal.
Nah, lama-kelamaan Anda akan mengenali pola audiens Anda sendiri. Pola baru akan terbentuk khusus untuk akun bisnis Anda dan audiens yang tertarik.
Pola inilah yang kemudian harus Anda gunakan untuk menemukan waktu terbaik posting TikTok, tidak harus terus terpaku pada rekomendasi jam di atas.

Menemukan waktu posting terbaik untuk bisnis Anda secara spesifik


Waktu terbaik posting video TikTok
Gambar: Searchengineland
Waktu terbaik posting video TikTok Gambar: Searchengineland

Harus diakui, waktu posting di TikTok adalah salah satu faktor penting. Berbeda dengan platform media sosial lain, di TikTok Anda bisa mendapatkan engagement tertinggi ketika target audience Anda sedang online.
Nah seperti yang disinggung di atas, sangatlah penting untuk menemukan pola waktu posting yang spesifik untuk akun brand Anda. Jadi, penting untuk tahu kapan target audience Anda sedang aktif menggunakan TikTok. Berikut caranya:

1. Gunakan business account

Pertama, pastikan Anda menggunakan TikTok Pro atau Business Account. Caranya mudah, pilih Settings and Privacy > klik Manage Account > lalu pilih Switch to Business Account. Dengan ini, Anda bisa mendapatkan fitur-fitur tambahan, termasuk akses ke analytics.

2. Buka dashboard TikTok analytics

Setelah mendapatkan akses, selanjutnya Anda bisa mulai melihat data di analytics. Pilih Creator Tools > klik Analytics. Nah, Anda akan menemukan segala jenis insight terkait akun dan followers Anda.
Di analytics, Anda bisa mendapatkan berbagai insight seperti average watch time, total views, total likes, comments, shares, dan masih banyak lagi.

3. Kenali aktivitas follower Anda

Nah, satu hal yang paling penting, jika Anda mencari tahu waktu posting terbaik di TikTok secara spesifik maka Anda harus mengenali followers Anda dan aktivitasnya.
Di analytics, pilih tab Followers di bagian atas. Anda akan mendapati panel aktivitas followers TikTok berdasarkan jam dan waktu. Data inilah yang secara spesifik bisa Anda olah lagi.

Tips dan trik dapatkan followers di TikTok Tahun 2023


Artis TikTok dunia, Khaby Lame
Gambar: Thetab.com
Artis TikTok dunia, Khaby Lame Gambar: Thetab.com

Nah setelah bekerja sebaik mungkin untuk membuat konten, lalu mencari tahu waktu terbaik untuk posting, Anda juga perlu memahami tips dan trik untuk mendapatkan followers di TikTok dengan cepat, di antaranya:

1. Kolaborasi dengan TikTokers lain

Strategi yang paling umum digunakan, coba duet atau kolaborasi dengan TikTokers lain. Cara ini mudah dan saling menguntungkan, Anda juga bisa mendapatkan audiens baru dengan cara ini.

2. Tingkatkan produksi konten

Sulit tapi penting, semakin banyak video yang diunggah, semakin mudah Anda mendapatkan FYP. Memang, membuat banyak video membutuhkan kreativitas, tapi Anda bisa mencoba cara-cara lain seperti membuat video reaksi atau membuat reaksi untuk video lama Anda sendiri.

3. Ikut challenge

TikTok punya tren unik yang disebut challenge. Biasanya, challenge baru akan trending ketika semakin banyak orang yang melakukannya, misalnya challenge untuk membuat video dance tertentu. Anda bisa ikut membuat challenge tersebut untuk meningkatkan kemungkinan FYP dan mendapatkan followers baru.

4. Gunakan hashtag

Hashtag adalah salah satu elemen wajib di media sosial, di TikTok pun begitu. Tanpa hashtag, menemukan ide atau konten bakal jauh lebih sulit. Anda perlu melakukan riset kecil, cari hashtag yang related ke video Anda, bukan hashtag langsung tentang video tersebut.
Nah itu dia tips dan trik untuk menentukan jadwal FYP TikTok, khususnya menemukan waktu posting video TikTok terbaik untuk bisnis dan brand Anda. Selain waktu posting, Anda juga perlu mempertimbangkan hal-hal lain seperti jumlah konten, kolaborasi, dan hashtag.
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari