13 Januari 2023 2:17 pm

TikTok Marketing, Apakah Cocok untuk Bisnis Anda?

TikTok Marketing, Apakah Cocok untuk Bisnis Anda?
TikTok memang terbilang pendatang baru dalam persaingan media sosial, tapi sejauh ini pengaruh TikTok terhadap pengguna terbukti sangat besar. Anda mungkin sudah merasakan langsung efek TikTok dalam menjangkau berbagai kalangan audiens.
Sama seperti ketika Anda membuat website, Anda harus mencari tahu bagaimana cara mencuri perhatian audiens di TikTok. Dengan ini, Anda bisa membangun dan membesarkan brand Anda di media sosial berbasis video tersebut.
Artinya, Anda perlu mempelajari apa yang dimaksud dengan TikTok marketing. Pada dasarnya, TikTok marketing adalah strategi pemasaran brand atau produk yang dianggap cocok dengan audiens TikTok.
TikTok marketing berlaku untuk setiap level pebisnis, mulai dari bisnis besar, pengusaha, atau bahkan bisnis retail dan rumahan. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa menjangkau audiens baru dan berupaya meningkatkan penjualan.

Apa itu TikTok marketing?


TikTok marketing
Gambar: Unsplash
TikTok marketing Gambar: Unsplash

TikTok pertama kali diluncurkan pada tahun 2017 sebagai video hosting app. Berbeda dengan YouTube atau platform video lainnya, TikTok menentukan format video pendek, mulai dari 15 detik hingga 3 menit.
Format ini ternyata sangat efektif untuk mencuri perhatian audiens dalam waktu singkat. Memang ada lebih banyak video-video lucu di TikTok, tapi platform ini juga efektif untuk memasarkan produk Anda.
Bahkan, TikTok sudah mengembangkan fitur pendukung yang disebut TikTok Shop. Jadi, Anda bisa berjualan produk langsung melalui TikTok, bahkan biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah.
TikTok marketing berarti upaya memasarkan produk atau mengenalkan brand Anda melalui media sosial TikTok, tentu dengan strategi yang sudah digodok dengan matang sebelumnya.
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, seperti bekerja sama dengan influencer, beriklan, atau membuat video sendiri, mulai dari video tutorial, video how-to, dan masih banyak lagi.

Kenapa pilih TikTok marketing?


TikTok marketing
Gambar: Pexels
TikTok marketing Gambar: Pexels

TikTok sudah terbukti sangat efektif untuk membantu mengembangkan bisnis, khususnya bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). TikTok dapat membantu pebisnis kecil menemukan audiens mereka.
Lantas, kenapa TikTok begitu menarik sebagai marketing tool? Faktanya, TikTok kini memiliki sekitar 1,5 miliar pengguna aktif di seluruh dunia, Indonesia termasuk salah satu negara dengan pengguna terbanyak.
Menariknya, pengguna TikTok juga cukup loyal di aplikasi tersebut. Mengutip Statista, pada kuartal keempat tahun 2021 lalu, pengguna TikTok mengeluarkan sebanyak 824 juta USD atau sekitar 12,5 miliar rupiah.
Artinya, dengan strategi pemasaran yang tepat, TikTok dapat membantu Anda menjangkau audiens yang memang mau mengeluarkan uang untuk membeli produk atau menggunakan layanan Anda, menarik kan?

3 jenis TikTok Marketing


TikTok marketing
Gambar: Pexels
TikTok marketing Gambar: Pexels

Seperti yang disinggung di atas, ada banyak cara menggunakan TikTok untuk mempromosikan brand atau produk Anda. Paling tidak, ada tiga cara atau tiga jenis TikTok marketing yang perlu Anda coba.
TikTok unggul dalam hal menjangkau audiens baru, termasuk mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Berikut 3 jenis TikTok marketing yang bisa Anda coba.

1. Kerja sama dengan influencer


Anda mungkin tahu bahwa TikTok telah membantu mengorbitkan banyak influencer atau KOL (key opinion leader) baru di Indonesia. Nah, Anda bisa mencoba bekerja sama dengan mereka, bisa dalam bentuk endorsement atau bentuk lainnya.
Coba cari influencer yang sesuai dengan target audiens Anda. Misalnya, jika Anda berjualan jilbab maka akan lebih cocok Anda bekerja sama dengan influencer wanita.
Tak perlu khawatir, Anda tidak perlu menyiapkan bujet yang terlalu besar untuk bekerja sama dengan influencer top. Justru lebih baik jika Anda mulai dengan influencer lokal yang mungkin tidak punya begitu banyak followers, tapi dampaknya besar.

2. Beriklan di TikTok


Cara berikutnya adalah dengan menggunakan fitur TikTok Ads alias beriklan di TikTok. Fitur ini tidak jauh berbeda dengan media sosial lain yang pernah Anda gunakan, seperti Instagram atau Facebook.
Sayangnya biaya beriklan di TikTok cukup tinggi, khususnya jika Anda baru mulai. Jadi, pastikan Anda sudah menyiapkan bujet khusus jika ingin mulai menggunakan TikTok Ads.

3. Buat campaign di TikTok


Cara terbaik memanfaatkan TikTok adalah dengan membuat campaign sendiri. Anda bisa menggunakan akun TikTok pribadi, bisa juga membuat business account baru untuk bisnis Anda.
TikTok sangat fleksibel, artinya Anda bisa memasarkan brand atau produk Anda sesuai dengan cara yang dianggap sesuai. Contohnya, untuk bisnis kecil, video unboxing produk biasanya bisa membuat banyak orang tertarik.
Intinya sesuaikan strategi marketing dengan identitas brand Anda. Jika Anda menyediakan layanan servis HP, coba buat video cara kerja Anda menerima keluhan pelanggan dan bagaimana mengatasinya.

Nah itu dia ulasan singkat soal pentingnya TikTok bagi bisnis Anda. Menarik, bukan? Tiktok marketing kemungkinan cocok untuk bisnis Anda, terlebih jika Anda ingin menjangkau audiens baru dan mengubahnya menjadi pelanggan.
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari