25 November 2022 4:56 pm

Cara Menggunakan Facebook Ads (Kelebihan dan Kekurangan)

Cara Menggunakan Facebook Ads (Kelebihan dan Kekurangan)
Facebook Ads bisa jadi salah satu bentuk iklan digital alias digital advertising yang efektif untuk mengenalkan produk atau bisnis Anda. Cara menggunakan Facebook Ads juga relatif mudah, Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan dan kesiapan bujet iklan Anda.

Apa itu Facebook Ads? Pada dasarnya, Facebook adalah salah satu media sosial terbesar di dunia. Mungkin Anda sekarang lebih terbiasa berseluncur di Instagram atau TikTok, tapi faktanya Facebook masih sangat diminati.

Facebook memiliki audiens loyal yang cenderung aktif. Menjual produk atau mempromosikan brand Anda mungkin jauh lebih efektif di Facebook. Jadi, wajar jika banyak brand besar di dunia yang masih mengandalkan Facebook sebagai salah satu marketing tool.

Nah, Anda juga bisa mengandalkan Facebook sebagai salah satu platform untuk melancarkan campaign marketing, misalnya dengan menggunakan Facebook Ads. Lantas, apa itu Facebook Ads? Yuk disimak selengkapnya!

Apa Itu Facebook Ads?


Gambar: Contoh Facebook ads
hootsuite.com
Gambar: Contoh Facebook ads hootsuite.com

Apa itu Facebook Ads? Singkatnya, Facebook Ads adalah unggahan atau posting berbayar yang dapat digunakan bisnis atau brand untuk mempromosikan produk atau layanan mereka terhadap pengguna Facebook Shops.

Tercatat, per tahun 2022 ada sekitar 2,9 miliar pengguna aktif di Facebook. Nah, Facebook Ads biasanya ditargetkan ke pengguna berdasarkan beberapa filter, seperti demografi, lokasi, ketertarikan, dan informasi lainnya.

Sebagai pengiklan, Anda bisa menyesuaikan bujet Facebook Ads berdasarkan klik atau impresi. Jadi, beriklan di Facebook ideal untuk Anda dengan modal berapa pun.

Sama seperti Instagram, Facebook Ads dapat diatur untuk muncul di Stories, Messenger, Marketplace, dan lainnya. Untuk membedakannya dengan unggahan biasa, Facebook mencantumkan label 'Sponsored' di bagian bawah iklan.

4 Kelebihan Menggunakan Facebook Ads


Gambar: Contoh Facebook Ads
wordstream.com
Gambar: Contoh Facebook Ads wordstream.com

Kepopuleran Facebook membuatnya jadi wadah yang ideal untuk beriklan atau mempromosikan produk. Facebook direkomendasikan untuk bisnis besar atau bisnis kecil karena fleksibilitasnya.

Nah, untuk meyakinkan Anda menggunakan layanan iklan Facebook, berikut beberapa kelebihan menggunakan apa itu Facebook Ads:

1. Jangkauan luas


Kelebihan utama Facebook adalah basis pengguna yang sangat besar. Dengan 2,9 miliar pengguna aktif, Facebook masih jadi media sosial paling populer. Jadi, untuk iklan mencapai target seluas mungkin, Facebook adalah platform yang tepat.

2. Biaya terjangkau


Facebook adalah salah satu wadah beriklan yang paling ramah kantong (cost-effective). Artinya, Anda bisa menyesuaikan biaya iklan sebebas mungkin, sesuai dengan bujet dan keperluan Anda.

3. Mengukur konversi


Facebook Ads juga menyediakan dashboard yang cukup lengkap bagi pengiklan. Anda dapat melihat siapa yang membeli produk atau layanan Anda dengan melihat iklan di Facebook. Fitur ini disebut Facebook Pixel.

4. Visibility


Keunggulan apa itu Facebook Ads berikutnya adalah soal visibilitas iklan Anda. Anda bisa melacak proses campaign Anda, melihat biaya yang telah dikeluarkan, dan respons yang Anda dapatkan dari iklan tersebut.

Gambar: Contoh Facebook Ads
wordstream.com
Gambar: Contoh Facebook Ads wordstream.com

3 Kekurangan Menggunakan Facebook Ads


4 kelebihan Facebook Ads di atas seharusnya sudah jadi alasan yang cukup untuk Anda memilih platform tersebut. Namun, ada pula beberapa kekurangan Facebook Ads yang mungkin perlu jadi bahan pertimbangan Anda. Di antaranya:

1. Keterbatasan iklan


Beriklan di Facebook tidak sebebas yang Anda duga. Facebook memiliki aturan perlindungan konsumen yang sangat ketat. Iklan harus melalui proses approval terlebih dahulu sebelum akhirnya dimunculkan. Proses ini bisa memakan waktu hingga 24 jam.

2. Persaingan ketat


Ada banyak pebisnis dan brand yang beriklan di Facebook. Jadi, peluang untuk iklan atau brand Anda diperhatikan audiens pun relatif kecil. Penting untuk memastikan iklan Anda menonjol dan mencuri perhatian.

3. Aturan 20%


Sebelumnya, Facebook akan menolak iklan yang memuat konten teks lebih dari 20%. Sekarang aturan tersebut sedikit longgar, tapi Anda dianjurkan memenuhinya agar iklan lebih direkomendasikan.

Cara Menggunakan Facebook Ads untuk Bisnis


Sebelum membuat campaign Facebook Ads, Anda harus terlebih dahulu membuat halaman bisnis untuk brand atau bisnis Anda.

Langkah 1. Membuat halaman Facebook


1. Buka Facebook Page dengan klik di sini

Membuat halaman Facebook
Membuat halaman Facebook

2. Jika belum punya akun, Anda akan diminta memilih halaman Bisnis atau Merek atau Komunitas atau Tokoh Masyarakat. Pilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Membuat halaman Facebook
Membuat halaman Facebook

3. Setelahnya klik Memulai > sambungkan dengan akun Facebook pribadi Anda atau akun Facebook brand Anda

4. Lengkapi profil Facebook Page Anda, seperti nama halaman, kategori bisnis, dan deskripsi halaman

Membuat halaman Facebook
Membuat halaman Facebook

5. Anda juga menghubungkan WhatsApp Business, website, dan sosial media lainnya

6. Facebook Page siap digunakan untuk beriklan




Langkah 2. Menggunakan Facebook Ads


1. Buka Facebook Pages Anda, pilih menu Business Suite

2. Setelahnya, pilih Ads > klik Facebook Ads Manager

3. Anda akan mendapati dashboard Facebook Ads Manager, di sinilah Anda bisa merancang campaign iklan

4. Klik Campaign > pilih Create/Buat > isi detail campaign yang ingin Anda jalankan

Menggunakan Facebook Ads
Menggunakan Facebook Ads

5. Setelah membuat campaign, Anda bisa mengatur cara kerja iklan. Pilih menu Ad Sets > Create > dan buat Ads sesuai dengan keperluan Anda

Menggunakan Facebook Ads
Menggunakan Facebook Ads

Bagi pebisnis, Anda bisa memilih banyak jenis Facebook Ads yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan target Anda, di antaranya:
  • Image
  • Video
  • Slideshow
  • Stories
  • Carousel
  • Instant Experience
  • Collection
  • Lead
  • Messenger
Format yang berbeda-beda tersebut membuktikan apa itu Facebook Ads sebagai platform ideal untuk melakukan promosi. Yuk dicoba!

Ayo buat Website kamu sekarang!