5 Desember 2022 11:42 am

Apa Beda Sales dan Marketing?

Apa Beda Sales dan Marketing?
Apa beda sales dan marketing? Sekilas, dua departemen ini memiliki jobdesc yang sama, yaitu sama-sama terlibat dalam upaya menemukan, menarik, dan mempertahankan pelanggan. Lantas, apa perbedaannya?
Intinya, sales dan marketing adalah dua komponen penting yang dibutuhkan sebuah perusahaan untuk menjalankan bisnis dengan sukses. Kedua departemen ini memiliki tujuan yang sama, tapi metode yang digunakan sedikit berbeda.
Dalam sebuah marketing/sales funnel, tim marketing biasanya lebih fokus pada bagian yang lebih luas, seperti strategi untuk menjangkau audiens atau upaya mendapatkan leads (prospek). Nah, sales bisa lebih fokus pada transaksi, seperti memastikan bahwa pelanggan tuntas menyelesaikan pembelian mereka.
Bagi pebisnis, entah Anda pebisnis besar atau baru mulai, mempelajari perbedaan sales dan marketing bisa membantu meningkatkan kinerja perusahaan dan bisnis Anda. Yuk disimak selengkapnya!

Apa beda sales dan marketing?


Perbedaan sales dan marketing
Gambar: Trade Press
Perbedaan sales dan marketing Gambar: Trade Press

Dua departemen ini perlu bekerja sama dalam membantu perkembangan perusahaan. Namun, secara sederhana, marketing bertugas untuk membangun brand awareness dan mendapatkan leads (prospek). Selanjutnya, sales akan mencoba mengonversi leads tersebut menjadi pelanggan yang melakukan pembelian.
Sebuah bisnis yang sukses perlu menciptakan kolaborasi antara marketing dan sales dan membuat kedua departemen ini bisa bekerja sama untuk mencapai tujuan besar yang sama.
Tugas dan tanggung jawab marketing dan sales sekilas mirip. Namun, ada beberapa perbedaan signifikan antara dua departemen ini, di antaranya:

Cakupan kerja


Ilustrasi sales
Gambar: Pexels
Ilustrasi sales Gambar: Pexels

Apa yang membuatnya mirip? Strategi marketing dan strategi sales masing-masing berfungsi untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang melakukan pembelian. Pada akhirnya, tujuan utama marketing dan sales adalah sama-sama meningkatkan pendapatan (revenue).
Apa perbedaannya? Bayangkan funnel pembelian dibagi dalam dua bagian, bagian atas dan bagian bawah. Nah, bagian atas biasanya dikerjakan oleh marketing, misalnya untuk membuat strategi iklan dan meningkatkan brand awareness. Selanjutnya, bagian bawah akan diambil alih oleh sales, yaitu membantu calon pelanggan melakukan pembelian.

Taktik yang digunakan


Ilustrasi pembuatan brand strategy
Gambar: Pexels
Ilustrasi pembuatan brand strategy Gambar: Pexels

Apa yang membuatnya mirip? Baik marketing maupun sales sama-sama berupaya memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan.
Apa perbedaannya? Taktik yang digunakan oleh tim sales biasanya sampai ke aspek hubungan langsung, termasuk demonstrasi produk atau bahkan berinteraksi langsung dengan calon pelanggan. Marketing bisa menggunakan taktik yang lebih luas, seperti iklan media sosial, menggunakan jasa influencer, atau merancang website untuk strategi search engine optimization (SEO).

Tim/peran


Ilustrasi tim marketing
Gambar: Pexels
Ilustrasi tim marketing Gambar: Pexels

Apa yang membuatnya mirip? Setiap departemen perlu memiliki hierarki profesional, yakni bahwa setiap pekerja memiliki targetnya masing-masing untuk meningkatkan engagement dan akhirnya meraih profit.
Apa perbedaannya? Meski mirip, dibutuhkan keahlian berbeda dalam bidang sales dan marketing. Tim marketing mungkin diisi oleh penulis, desain grafis, videografer, SEO, dan semacamnya. Nah, tim sales biasanya diisi oleh orang-orang yang punya kepercayaan diri tinggi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik.


Mengenal sales


Sales mengacu pada setiap proses yang memfasilitasi transaksi penjualan. Sales team harus menangani setiap tahap proses penjualan, mulai dari prospek hingga konversi produk. Berikut gambaran umum soal tim sales di sebuah bisnis:
  • Sales representative
  • Sales manager
  • Sales specialist
  • Account executive
  • Customer success


Mengenal marketing


Marketing adalah seperangkat strategi yang dirancang dan diterapkan untuk mendapatkan perhatian calon pelanggan, supaya mereka lebih mengenal produk dan layanan bisnis Anda. Marketing strategi seharusnya mencakup empat faktor penting: Product, price, place, promotion. Berikut gambaran umum soal aktivitas marketing di sebuah bisnis:
  • Market research
  • Brand strategy
  • Channel strategies
  • Public relations
  • Customer acquisition

Nah itu dia penjelasan singkat soal sales dan marketing serta apa perbedaannya. Intinya, baik departemen sales maupun marketing sama-sama penting untuk pertumbuhan perusahaan.
Jika dilihat lebih luas, marketing adalah landasan utama untuk mencapai target penjualan, sales adalah tahap pelaksanaan dari rencana-rencana yang sudah disiapkan tersebut.
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari