26 Desember 2022 2:38 pm

Tips Bikin Giveaway Instagram

Tips Bikin Giveaway Instagram
Giveaway Instagram adalah salah satu cara yang terbukti cukup sukses untuk meningkatkan brand awareness dan mempromosikan penjualan toko online Anda. Bahkan, Anda mungkin pernah ikut serta dalam campaign giveaway brand-brand besar, bukan begitu?
Hingga kini, Instagram memang masih dipercaya sebagai salah satu media sosial yang efektif untuk membesarkan nama brand, bahkan untuk berjualan. Fitur Instagram yang sekarang dirancang untuk menguntungkan para pengusaha lokal.
Memang saat ini popularitas Instagram sedikit tergusur oleh TikTok. Namun, Instagram masih lebih nyaman untuk berbelanja, khususnya karena ada fitur Instagram Shop dan Sponsored.
Nah, karena itulah membuat kontes giveaway di Instagram biasanya lebih ramai diminati. Dengan cara ini Anda juga bisa menggaet followers baru dan calon customer untuk kemudian diolah menjadi lead.

Apa itu giveaway Instagram?


Giveaway Instagram
Gambar: PosterMyWall
Giveaway Instagram Gambar: PosterMyWall

Giveaway Instagram adalah suatu kontes yang biasanya bisa diikuti oleh followers akun media sosial bisnis Anda. Nantinya, mereka bisa mengikuti kontes untuk mendapatkan suatu hadiah dengan mengikuti instruksi yang sudah ditentukan.
Hadiah yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari produk, layanan, hingga gift card atau kupon diskon. Biasanya, instruksi giveaway cukup mudah, seperti follow akun tertentu, tag beberapa akun teman, dan mengunggah foto tertentu.
Tidak ada aturan baku untuk membuat giveaway Instagram. Katakanlah Anda ingin memberikan 3 produk secara cuma-cuma untuk 3 pemenang giveaway. Nah, Anda bisa membuat aturan mainnya seperti:
1. Follow akun ini
2. Like 3 foto terbaru di akun ini
3. Tulis komentarmu soal produk dan tag 3 teman di kolom komentar
Biasanya kontes giveaway tersebut juga dibatasi dalam jangka waktu tertentu, misalnya mulai tanggal 3 Januari 2023 sampai 10 Januari 2023. Dengan demikian, animo peserta dapat dipusatkan.

6 Tips bikin giveaway Instagram


Masalahnya, membuat giveaway tidak semudah yang dibayangkan. Giveaway harus dilakukan secara efektif, harus disiapkan dan dieksekusi dengan tepat.
Nah, tips bikin giveaway Instagram berikut ini mungkin bisa membantu Anda mendapatkan gambaran soal apa saja yang perlu dilakukan. Apa saja?

1. Pastikan instruksi Anda jelas


Tips giveaway Instagram
Gambar: Shopify
Tips giveaway Instagram Gambar: Shopify

Giveaway adalah kontes gratis berhadiah. Jadi, pasti ada banyak orang yang tertarik mengikuti kontes Anda untuk coba mendapatkan hadiah tersebut.
Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk membuat instruksi ikut giveaway yang jelas. Instruksi yang jelas harus didukung dengan beberapa faktor lain.
Misalnya, pastikan foto yang Anda pilih untuk diposting sudah secara jelas menunjukkan teks Giveaway. Setelahnya, buat caption dengan instruksi giveaway yang jelas, lebih baik dengan poin-poin atau nomor.

2. Jangan buat instruksi yang terlalu ribet


Selain jelas, instruksi yang Anda siapkan juga tidak boleh terlalu rumit. Instruksi yang rumit justru akan membuat followers malas mengikuti kontes giveaway Anda.
Di sisi lain, Anda juga harus memastikan bahwa instruksi tersebut akan menguntungkan brand atau bisnis Anda. Misalnya: Minta like, follow, dan komen dengan tag akun teman yang mungkin tertarik dengan produk Anda.

3. Pilih hadiah giveaway yang tepat


Giveaway Instagram
Gambar: Easypromos
Giveaway Instagram Gambar: Easypromos

Giveaway adalah soal hadiah, apa pun bentuk kontesnya. Hanya hadiah menarik yang mungkin membuat audiens tertarik untuk mengikuti giveaway Anda.
Hadiah yang disiapkan sangatlah berpengaruh terhadap keberhasilan giveaway. Pasalnya, kontes Anda bisa jadi sepi dan tidak diminati jika hadiah yang disediakan tidak sesuai dengan target audiens.
Jadi, ketika Anda sedang menyiapkan hadiah untuk promosi giveaway, coba posisikan diri Anda sebagai ideal customer dan bayangkan apakah kontes tersebut cukup menarik.
Biasanya, hadiah giveaway harus memenuhi tiga aspek berikut:
  • Valuable. Hadiah tidak harus selalu mahal, tapi harus bernilai (valuable). Misalnya, siapkan hadiah yang dibutuhkan atau diinginkan oleh customer Anda.
  • Relevant. Saat menyiapkan hadiah, pastikan hadiah tersebut masih relevan atau masih 'nyambung' dengan bisnis dan brand Anda.
  • Exclusive. Kemungkinan giveaway akan lebih diminati jika hadiah yang disiapkan bersifat eksklusif, misalnya barang yang tidak bisa dibeli di toko online Anda.

4. Fokus pada target audiens Anda


Biasanya, salah satu kesalahan campaign digital marketing adalah menetapkan fokus yang terlalu luas, tidak pada target audiens atau calon pelanggan. Nah, pastikan Anda tidak membuat kesalahan tersebut.
Persoalannya, di Instagram Anda tidak bisa menyesuaikan iklan berdasarkan faktor demografis seperti usia, jenis kelamin, dsb. Namun, Anda masih bisa menggunakan beberapa trik sederhana sebagai berikut:
  • Buat batasan khusus, misalnya khusus untuk followers di Indonesia
  • Hati-hati dalam memilih hashtag. Sebab hashtag umum seperti #contest atau #giveaway bisa jadi menarik audiens yang tidak ditargetkan
  • Tentukan kriteria untuk mengikuti kontes. Misalnya, jika Anda menjual produk khusus perempuan, peserta giveaway juga dibatasi hanya untuk perempuan

5. Promosikan kontes Anda


Tips giveaway Instagram
Gambar: Hubspot
Tips giveaway Instagram Gambar: Hubspot

Begitu sudah menyiapkan postingan yang tepat, instruksi yang jelas, dan caption yang menarik, langkah berikutnya yang perlu Anda ambil adalah mempromosikan postingan tersebut sebaik mungkin.
Perlu Anda tahu, target customer Anda tidak selalu online Instagram dan mungkin tidak menemukan postingan Anda.
Jadi, akan lebih baik jika kontes giveaway tersebut disiapkan dan dipromosikan secara berkala, misalnya:
  1. Buat poster atau postingan coming soon terlebih dahulu
  2. Umumkan kontes giveaway yang sudah resmi diluncurkan
  3. Ingatkan kembali bahwa proses kontes giveaway masih berlangsung
  4. Mendekati tenggat waktu, buat pengumuman last chance bahwa kontes akan segera ditutup
  5. Jika sudah, umumkan pemenang giveaway Anda

6. Umumkan pemenang secara terbuka


Salah satu poin terpenting dalam kontes giveaway yang barangkali sering diabaikan adalah mengumumkan nama-nama pemenang yang berhak mendapatkan hadiah tersebut.
Dengan mengumumkan secara terbuka, audiens dapat melihat bahwa giveaway yang dilangsungkan benar adanya, jadi kepercayaan terhadap brand atau bisnis Anda akan meningkat.
Selain itu, jika mau Anda juga bisa menawarkan hadiah hiburan (consolation prize) untuk mereka yang gagal menang, bisa berupa kupon diskon atau semacamnya.

Ide giveaway Instagram


Ide giveaway Instagram
Gambar: Shopify
Ide giveaway Instagram Gambar: Shopify

Nah 6 tips di atas seharusnya sudah cukup untuk membantu Anda meluncurkan kontes giveaway dengan sukses. Masih bingung mau membuat giveaway seperti apa? Berikut beberapa ide yang mungkin bisa jadi inspirasi Anda:
  • Kontes foto, followers bisa mengirimkan foto terbaik mereka dengan produk tertentu dari brand Anda
  • Followers diharuskan untuk membuat komentar di postingan tertentu dengan tag akun teman mereka (bisa 2-3 akun)
  • Followers bisa mengirimkan foto paling unik dengan menggunakan produk Anda
  • Followers perlu mengunggah foto mempromosikan produk Anda di akunnya sendiri, dengan syarat tag akun bisnis Anda
  • Giveaway produk gratis setiap hari selama satu minggu
  • Giveaway keranjang hadiah beberapa produk Anda sekaligus
  • Kontes membuat slogan atau jargon untuk bisnis Anda



Nah itu dia tips membuat giveaway Instagram dengan sukses. Tentu Anda bisa menyesuaikannya dengan keperluan dan kapasitas bisnis Anda. Giveaway yang baik adalah yang cocok dan ideal dengan bisnis Anda.
Selain itu, giveaway akan jauh lebih meyakinkan jika Anda mengaitkan kontes di Instagram dengan website bisnis atau produk Anda. Penting bagi bisnis untuk memiliki website sendiri, Anda bisa memiliki etalase produk, menguatkan brand Anda, dan membuat pelanggan lebih percaya.
Buat website atau landing page Anda di Berdu dan lakukan integrasi mudah dengan akun Anda di marketplace dan akun media sosial bisnis Anda. Yuk dicoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari