17 Februari 2023 2:10 pm

3 Cara Gratis dan 3 Cara Berbayar untuk Promosi Blog atau Website

3 Cara Gratis dan 3 Cara Berbayar untuk Promosi Blog atau Website
Membuat blog atau website adalah langkah pertama jika Anda ingin mengembangkan bisnis secara online. Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memasarkan atau mempromosikan blog atau website tersebut.
Anda mungkin sudah mengambil langkah penting untuk membuat website atau landing page untuk bisnis Anda. Di era terkini, penting membuat bisnis Anda hadir secara online, salah satu cara terbaik melakukannya adalah melalui website.
Jika Anda menawarkan layanan atau jasa, website tersebut bisa berperan sebagai katalog online atau semacamnya. Anda bisa menjelaskan layanan apa saja yang tersedia, bagaimana mendapatkannya, dan informasi penting lain.
Demikian pula untuk Anda yang menawarkan produk atau barang. Website adalah etalase online Anda yang sekaligus berperan sebagai saluran penjualan. Anda juga bisa menggunakan website untuk melakukan branding.
Nah, pentingnya peran website tersebut seharusnya membuat Anda menyadari bahwa website juga perlu dirawat dan dikembangkan. Anda harus membentuk website Anda untuk siap bersaing dengan ribuan website serupa.
Oleh sebab itu, mempromosikan website atau blog juga sama pentingnya dengan promosi produk atau layanan Anda. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa meningkatkan traffic ke website Anda, selanjutnya penjualan produk atau layanan pun akan ikut meningkat. Lantas, bagaimana caranya?

3 cara promosi website / blog dengan gratis


Sebelum Anda mulai membakar bujet promosi, ada beberapa cara mengembangkan website atau blog secara gratis yang bisa Anda coba. Cara-cara gratis ini cukup beragam, mulai dari modifikasi konten untuk memenuhi kebutuhan audiens atau menjalankan strategi SEO dengan baik.
Berikut tiga cara gratis mempromosikan website atau blog yang bisa Anda coba lakukan:

1. Optimasi SEO


SEO promosi blog atau website
Gambar: Medium
SEO promosi blog atau website Gambar: Medium

SEO alias search engine optimization adalah segala upaya yang perlu dilakukan untuk membuat konten Anda lebih mudah ditemukan di Google. Anda perlu menerapkan strategi SEO yang tepat dan terbaru.
Cara terbaik untuk melakukan optimasi SEO adalah melalui konten tertulis atau blog post Anda. Perlu dilakukan update konten secara rutin dan sesuai dengan keywords yang mendukung bisnis online Anda.
Nah, Anda bisa melakukan keywords research terlebih dahulu. Pilih keywords atau kata kunci yang sesuai dengan tema bisnis Anda secara garis besar hingga keywords yang lebih spesifik. Selanjutnya, Anda perlu menulis artikel secara berkala yang membidik kata kunci tersebut.
Klik di sini untuk memahami strategi optimasi SEO dengan lebih lengkap. Anda juga perlu menerapkan beberapa langkah penting berikut:
  • Optimalkan meta tags dalam konten
  • Tulis alt text yang sesuai dengan kata kunci Anda
  • Tambahkan internal links sesuai kebutuhan
  • Pastikan website Anda sudah optimal untuk pengguna mobile

2. Coba lebih aktif di media sosial


Media sosial dalam promosi website
Gambar: G2
Media sosial dalam promosi website Gambar: G2

Anda juga bisa mempromosikan website bisnis di media sosial. Bahkan langkah ini cukup efektif untuk mendapatkan audiens baru dan akhirnya meningkatkan traffic ke website Anda.
Sekarang, banyak orang menggunakan media sosial untuk mencari konten baru atau mencari rekan baru yang memiliki minat sama. Nah, bisnis Anda pun seharusnya bisa menjawab pencarian tersebut.
Ada beberapa cara promosi gratis di media sosial yang bisa Anda coba, seperti penggunaan hashtags, membagikan link website di profil akun medsos Anda, dan masih banyak lagi.
Anda bisa menggunakan media sosial yang sudah populer seperti Instagram, TikTok, dan Twitter, bisa juga memilih media sosial yang memiliki basis pengguna unik, seperti Pinterest atau LinkedIn.

3. Gunakan visual yang menarik


Ilustrasi pentingnya konten visual
Gambar: rtm.com
Ilustrasi pentingnya konten visual Gambar: rtm.com

Sejak kemunculan Instagram dan dilanjutkan dengan meroketnya TikTok, sekarang pengguna media sosial lebih nyaman melihat konten visual, entah gambar atau video-video pendek.
Nah, penting untuk melengkapi website Anda dengan visual yang menarik. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan tulisan Anda, bisa dalam bentuk ilustrasi, bagan, infografik, dan semacamnya.
Visual yang menarik akan membuat user lebih tertarik membaca konten Anda sampai habis. Elemen visual tersebut juga bisa digunakan untuk promosi di media sosial.
Selain tiga cara utama di atas, Anda juga bisa menerapkan beberapa cara promosi gratis sebagai berikut:
  • Gunakan newsletter (email marketing) untuk tetap terhubung dengan pelanggan
  • Guest post konten Anda di blog lain, pastikan konten tersebut memiliki link ke website Anda
  • Coba terjemahkan konten Anda ke bahasa lain (misalnya bahasa Inggris)
  • Buat agar blog post Anda bisa dibagikan (shareable) di medsos atau platform lain
  • Tambahkan call to action (CTA) di konten Anda untuk mendorong pergerakan audiens

3 cara promosi website / blog berbayar


Banyaknya cara promosi gratis di atas seharusnya jadi langkah awal Anda untuk mengembangkan website atau blog. Selanjutnya, jika dirasa perlu, Anda juga bisa mengambil langkah-langkah promosi berbayar.
Promosi berbayar bisa lebih efektif bagi Anda yang ingin menjangkau audiens lebih besar atau ingin membidik demografi secara spesifik. Berikut beberapa opsi cara yang tersedia:

1. Google Ads


Google Ads
Gambar: Marketing Donut
Google Ads Gambar: Marketing Donut

Google Ads bisa jadi cara yang tepat jika Anda ingin menjangkau audiens yang lebih besar. Dengan Google Ads, Anda bisa membuat website atau konten Anda muncul di halaman pencarian awal.
Nah, Google Ads juga bisa sangat spesifik untuk membidik demografi, lokasi, dan minat tertentu. Jadi, cara ini bagus jika Anda ingin menjangkau audiens baru yang kemungkinan tertarik membeli produk atau jasa Anda.
Google Ads pun menerapkan sistem pay-per-click (PPC). Jadi biaya iklan Anda ditentukan dari seberapa banyak user yang mengklik iklan Anda.

2. Social media Ads


Contoh TikTok Ads
Gambar: AnyMind
Contoh TikTok Ads Gambar: AnyMind

Jika bisnis Anda masih benar-benar baru, membangun kehadiran di media sosial sangatlah penting. Nah, cara tercepat untuk mengembangkan akun media sosial Anda adalah dengan beriklan.
Iklan media sosial umumnya menggunakan akun bisnis Anda sendiri. Jadi ada dua dampak langsung yang bisa dirasakan, yaitu meningkatkan followers dan mendorong traffic ke website Anda.
Berikut beberapa media sosial unggulan yang menawarkan fitur iklan saat ini:

3. Influencer partnership


Ilustrasi influencer dalam promosi produk
Gambar: smallbizdaily.com
Ilustrasi influencer dalam promosi produk Gambar: smallbizdaily.com

Media sosial sekarang adalah eranya influencer atau key opinion leader (KOL). Bahkan, ucapan influencer bisa jauh lebih efektif meyakinkan audiens daripada iklan dan promosi Anda.
Nah, ada begitu banyak influencer yang bisa Anda bekerja sama. Biasanya Anda bisa mengambil bentuk kerja sama endorsement atau pembayaran penuh.
Pastikan memilih influencer yang sesuai dengan niche bisnis Anda. Misalnya jika Anda berjualan make-up atau menawarkan jasa salon kecantikan, coba pilih influencer wanita yang memang dikenal karena konten kecantikan dan make-up.
Nah itu dia ulasan singkat soal beberapa cara mempromosikan website atau blog Anda. Anda bisa mulai dengan tiga cara gratis yang disebutkan di atas, lalu melanjutkannya dengan tiga cara berbayar untuk membuat perkembangan yang lebih besar.
Cara-cara gratis dalam promosi website tersebut juga terkait dengan blog post atau pembuatan artikel secara berkala di website Anda. Artinya, blog juga penting untuk bisnis online Anda. Yuk dicoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari