10 Februari 2023 12:22 pm

Apa Itu Blog dan Kenapa Penting untuk Bisnis Online Anda?

Apa Itu Blog dan Kenapa Penting untuk Bisnis Online Anda?
Jika Anda sudah memiliki website untuk online shop atau bisnis Anda, seharusnya Anda mulai mengisi konten blog secara rutin. Blog bisa membantu Anda dalam banyak aspek, contohnya seperti yang sedang Anda baca sekarang.
Pertanyaannya, apa itu blog? Apa beda blog dengan website? Kenapa sekarang sepertinya hampir setiap bisnis punya blog sendiri?
Singkatnya, blog adalah cara terbaik untuk membagikan informasi-informasi penting dan terbaru soal bisnis Anda, bisa soal topik yang relevan, bisa juga berupa tutorial untuk penggunaan produk atau pemesanan jasa layanan Anda.
Nah, blog juga dapat membantu Anda mendorong perkembangan website, agar website Anda lebih mudah ditemukan oleh audiens. Artinya, blog adalah cara promosi yang efektif di internet, khususnya jika Anda menerapkan strategi SEO.

Apa itu blog?


Apa itu blog?
Gambar: Search Engine Journal
Apa itu blog? Gambar: Search Engine Journal

Blog adalah bagian dari website, biasanya berisi informasi yang diupdate secara berkala. Anda bisa mengisi blog dengan artikel, video, dan informasi-informasi penting lainnya.
Pada awalnya blog dibuat sebagai online diary, yaitu sebagai sarana untuk pengguna internet menulis aktivitas harian mereka. Sekarang, blog berkembang pesat menjadi salah satu produk media online.
Saat ini, blog umumnya berisi artikel yang terkait dengan bisnis atau informasi tertentu. Misalnya, website online shop yang berjualan produk fashion hype biasanya memiliki blog yang membahas segala topik tentang fashion pula.
Memang blog tidak harus menjadi bagian dari online shop atau bisnis lainnya. Ada pula blog yang memang didesain khusus untuk berbagi konten dan informasi, hampir seperti media online.
Anda juga bisa membuat blog pribadi dan menjadikan blog itu sebagai produk bisnis Anda. Misalnya Anda menyukai segala hal tentang make-up dan sedang belajar menjadi make-up artist. Nah, Anda bisa membuat blog yang berisi tips-tips, review produk, dan lainnya.
Sekarang, blog juga bisa jadi salah satu cara untuk mendapatkan uang, yaitu dengan menjadi profesional bloggers. Anda bisa melakukan monetisasi, menyediakan ruang iklan, dan semacamnya.

Jenis-jenis blog


Jenis-jenis blog
Gambar: avplenews.com
Jenis-jenis blog Gambar: avplenews.com

Seperti yang disinggung di atas, blog bisa menjadi bagian sebuah website bisnis, bisa juga berdiri sendiri. Anda pun bisa mulai membuat blog pribadi, khususnya jika Anda suka menulis.
Sebagai contoh, Apple.com adalah website resmi Apple, raksasa teknologi asal Amerika Serikat. Nah, jika diperhatikan, website tersebut difungsikan sebagai etalase produk, branding, dan penjualan (sales).
Dalam website tersebut, Apple juga menyediakan laman apple.com/newsroom untuk membagikan berita-berita terbaru, laporan perusahaan, dan semacamnya. Nah, inilah yang disebut blogging dalam website bisnis.
Di sisi lain, Anda juga bisa membuat blog yang bediri sendiri dan memang ditujukan untuk menjadi media informasi. Situs-situs berita biasanya mengambil pendekatan ini, karena produk utamanya adalah informasi atau konten.
Nah, jika Anda tertarik, berikut beberapa jenis atau tema blog yang paling populer dicari dan disukai oleh audiens:
  • Business blogs (blog bisnis)
  • Fashion and beauty blogs (blog fashion dan kecantikan)
  • Health and fitness blogs (blog kesehatan dan kebugaran)
  • Food blogs (blog kuliner/makanan)
  • Sports blogs (blog olahraga)
  • Travel blogs (blog wisata)
  • Lifestyle blogs (blog gaya hidup)
  • Parenting blogs (blog tips mengasuh anak)
  • Art and design blogs (blog seni dan desain)

Dengan mengambil tema-tema tersebut, blog berfungsi untuk menjual konten Anda, bukan untuk menjual produk atau memasarkan layanan dari sebuah website yang lebih besar.

Kenapa blog penting?


Kenapa blog penting?
Gambar: Pexels
Kenapa blog penting? Gambar: Pexels

Entah untuk urusan personal atau profesional, blog adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan traffic dan mengembangkan aktivitas online Anda.
Jika Anda memiliki online shop, blog adalah sarana promosi yang efektif, termasuk cara untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda. Blog juga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.
Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang ingin membuat blog khusus untuk membuat konten. Anda juga bisa mengembangkan blog tersebut dan pada akhirnya mendapatkan audiens tetap.
Selanjutnya, jika blog Anda sudah dikenal oleh audiens, Anda bisa melakukan monetisasi atau mendapatkan uang dari konten-konten di blog tersebut. Sumber uang utama yang bisa Anda dapatkan berasal dari iklan, tapi bentuk iklan berbeda-beda.
Katakanlah Anda mulai membuat blog tentang traveling dan membagikan pengalaman Anda saat mengunjungi destinasi wisata di beberapa kota. Nah, seiring waktu Anda akan mendapatkan audiens yang akan mengikuti kisah dan tips Anda saat mengunjungi kota atau tujuan wisata tertentu.
Ketika reputasi Anda terbangun, Anda bisa saja diajak bekerja sama oleh tujuan wisata tersebut untuk mempromosikan area mereka. Bentuk kerja sama ini biasa disebut affiliate marketing.

Blog untuk bisnis Anda


Blog untuk bisnis
Gambar: Digital Solutions
Blog untuk bisnis Gambar: Digital Solutions

Jika Anda sudah memiliki website, misalnya online shop dan ingin meningkatkan traffic ke website Anda, blogging sangatlah penting. Paling tidak ada tiga alasan kenapa blog penting untuk bisnis online Anda, yaitu:

1. Menjaga pelanggan tetap up-to-date


Apa pun bisnis online Anda, entah berjualan produk atau jasa, blog adalah cara efektif untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda. Jadi, penting untuk memastikan blog Anda update secara rutin.
Misalnya Anda berjualan produk alat-alat teknologi. Melalui blog, Anda bisa membagikan tutorial, cara merakit produk, cara menginstall, dan semacamnya.
Lalu katakanlah Anda menyediakan layanan, seperti hotel atau jasa servis HP. Nah, melalui blog Anda bisa membagikan infomasi soal layanan apa saja yang tersedia, cara memesan, harga, dan sebagainya.

2. SEO


SEO alias Search Engine Optimization adalah upaya untuk meningkatkan posisi website Anda di mesin pencari, khususnya Google. Harapannya, website Anda lebih mudah ditemukan oleh audiens, jadi traffic akan terus meningkat.
Anda pasti sudah pernah menggunakan Google dan jika demikian, seharusnya Anda tahu bahwa website yang paling sering dikunjungi adalah yang muncul di halaman pertama.
Nah, blogging adalah cara efektif untuk meningkatkan ranking website di laman pencarian tersebut. Tentu ada banyak hal yang perlu dilakukan dalam strategi SEO untuk website Anda.

3. Peluang marketing


Blogging, jika dilakukan dengan tepat, bisa jadi sarana promosi yang efektif. Secara tidak langsung Anda bisa menarik audiens yang lebih besar dari target atau pembaca umum Anda.
Katakanlah Anda membuat website untuk jasa servis HP Anda. Nah, dalam website itu Anda juga mengupdate blog untuk tips-tips penting, seperti cara merawat HP, rilis HP terbaru, dan sebagainya.
Dengan cara itu, audiens yang sebenarnya tidak perlu melakukan servis HP mungkin saja menemukan website Anda saat mencari informasi terkait. Jika dilakukan secara rutin, audiens Anda akan semakin besar.



Cara membuat blog


Ada banyak cara membuat blog. Intinya, Anda perlu memilih platform yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Secara umum, ada dua opsi yang bisa Anda pilih sesuai dengan tujuan Anda.
Jika Anda ingin sekalian mengembangkan bisnis online maka Anda bisa membuat website dan mengisi konten blog secara berkala. Berdu dapat membantu Anda untuk itu.
Jika Anda ingin membuat blog khusus untuk konten maka Anda bisa memilih platform blog yang tersedia, bisa platform gratis atau berbayar. Berikut beberapa pilihannya:
  • WordPress.com
  • Blogger
  • WordPress.org
  • Medium
  • Berdu

Nah itu di ulasan singkat soal apa itu blog dan kenapa blog penting untuk bisnis online Anda. Jika Anda memilih platform blog untuk konten, pastikan Anda mempertimbangkan peluang untuk membeli domain. Semoga membantu ya!
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari