14 Juli 2023 2:09 pm

Tips Memilih dan Cara Membeli Domain

Tips Memilih dan Cara Membeli Domain
Memilih domain termasuk salah satu langkah penting dalam rangkaian pembuatan website. Ada begitu banyak pilihan, penting memilih domain yang tepat untuk situs dan bisnis Anda.
Menentukan domain tidak boleh asal-asalan. Nantinya, nama domain akan melekat dengan bisnis Anda, khususnya dalam kehadiran secara online. Pelanggan dan pengunjung pun perlu mengenal domain Anda.
Memilih domain yang tepat akan berpengaruh terhadap proses calon pelanggan menemukan situs bisnis atau website bisnis Anda. Nama domain selanjutnya juga bisa menjadi salah satu elemen branding bisnis secara online.
Intinya, domain yang tepat akan sangat menguntungkan bisnis Anda secara menyeluruh. Artikel ini akan membantu Anda dengan tips memilih domain dan cara membeli domain yang mudah. Yuk disimak selengkapnya!

Apa itu domain?


Apa itu domain?
Gambar: Redpoints.com
Apa itu domain? Gambar: Redpoints.com

Domain name alias domain adalah alamat yang perlu diketik di browser internet untuk mencapai suatu website, landing page dan sejenisnya. Jadi, tidak ada domain yang sama di dunia ini, setiap situs memiliki domain khasnya tersendiri.
Pada dasarnya, domain diciptakan agar pengguna bisa lebih mudah mengunjungi suatu situs di internet. Sebenarnya, bahasa internet adalah bahasa angka, seperti IP Address Wikipedia.com yaitu 208.80.152.2.
Nah, daripada mengetik angka tersebut dan harus mengingat-ingat kombinasi angka yang berbeda untuk situs tertentu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengingat dan mengetik domain name suatu website, yaitu Wikipedia.com.
Tanpa domain, menggunakan internet akan jauh lebih sulit daripada yang Anda rasakan saat ini. Domain diciptakan agar manusia bisa lebih mudah menggunakan internet dan menemukan informasi yang relevan di internet.
Berdu pernah membuat ulasan lebih dalam soal apa itu domain dan cara kerja domain. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Tips memilih domain


Tips memilih domain
Gambar: Themeum.com
Tips memilih domain Gambar: Themeum.com

Memilih domain name sebenarnya sama pentingnya dengan memilih nama bisnis atau nama perusahaan Anda. Perlu ada pertimbangan dan pemikiran yang mendukung, alasan memilih domain harus jelas.
Perlu diingat, domain name adalah identitas bisnis Anda di internet. Anda harus memilih nama domain yang cocok dengan bisnis Anda sekaligus mudah ditemukan oleh pengguna. Berikut 8 tips memilih nama domain yang bisa Anda coba:

1. Pilih domain name yang mudah diketik


Memilih domain name yang mudah diketik juga sangat penting untuk kesuksesan bisnis online Anda. Hati-hati dalam menggunakan bahasa gaul, sebaiknya pilih bahasa yang umum digunakan oleh khalayak luas. Semakin mudah diingat, semakin mudah pengguna menemukan website Anda.

2. Singkat saja


Sebaiknya jangan menggunakan domain name yang terlalu panjang dan kompleks. Ada risiko customer akan salah ketik atau salah eja. Jadi, pilih domain yang singkat dan simpel.

3. Gunakan keywords


Anda juga bisa memilih keyword yang mendukung bisnis Anda untuk nama domain. Contoh, jika Anda berbisnis persewaan sound system di Bandung, mungkin Anda bisa memilih domain sewasound.com atau semacamnya. Cara ini sederhana, tapi cukup efektif untuk mendongkrak situs Anda dalam mesin pencari Google atau yang lain.

Memilih nama domain
Gambar: Hostinger.com
Memilih nama domain Gambar: Hostinger.com

4. Target area bisnis


Jika tipe bisnis Anda adalah bisnis lokal, akan sangat membantu untuk menambahkan nama kota atau nama daerah dalam domain name. Misalnya, untuk contoh kasus yang sama seperti di atas, Anda mungkin bisa mempertimbangkan domain bandungsoundsystem.com.

5. Hindari angka dan tanda hubung


Angka dan tanda hubung (-) mungkin bagus untuk nama bisnis, tapi tidak untuk nama domain. Katakanlah nama bisnis Anda adalah Sembilan Sound System. Nah, untuk nama domain, pengguna bakal dibuat bingung untuk menggunakan numeral (9soundsystem.com) atau alfabet (sembilansoundsystem.com). Jadi, akan lebih aman untuk menghindari angka dan tanda hubung.

6. Sebaiknya mudah diingat


Domain name yang bagus seharusnya mudah diingat. Anda harus mencoba memudahkan customer sebisa mungkin, salah satunya dengan memilih nama domain yang gampang diingat dan gampang diketik. Coba tukar pendapat dengan rekan kerja atau dengan teman Anda sebelum menentukan nama domain.

7. Lakukan riset


Sebelum memilih domain name, Anda mungkin bisa melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu. Jangan sampai nama yang sudah Anda idam-idamkan ternyata sudah digunakan oleh website lain. Bahkan, kemungkinan terburuk, nama domain pertimbangan Anda mungkin sudah dilindungi hak cipta.

8. Pilih domain extension yang cocok


Selain memilih nama domain, Anda juga harus mempertimbangkan domain extension yang cocok dengan pilihan nama tersebut. Ada banyak pilihan domain extension, seperti .com, .id, .net, dan lainnya. Nah, Anda harus mencoba dan mencocokkan domain name dengan pilihan domain extension yang tersedia.

Cara membeli domain


Membeli domain
Gambar: Hostinger.com
Membeli domain Gambar: Hostinger.com

Nah, katakanlah Anda sudah memiliki daftar pilihan nama domain yang catchy dan memorable. Selanjutnya, Anda perlu membeli domain name tersebut, tergantung ketersediaannya. Proses membeli domain secara umum sama di seluruh dunia.
Langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah mencari penyedia domain. Ada ribuan penyedia domain yang kini mudah ditemukan, entah berbasis di luar negeri atau di dalam negeri.
Pilih penyedia domain yang tepercaya dan memang sudah teruji. Selanjutnya, Anda perlu mengecek ketersediaan domain tersebut. Gunakan domain availability checker tool untuk memastikan bahwa nama domain pilihan Anda belum digunakan oleh website lain.
Jika sudah menemukan pilihan yang aman dan belum digunakan oleh website lain, Anda bisa membeli domain melalui penyedia domain pilihan Anda. Biasanya pembelian domain berlaku per tahun, Anda perlu melakukan pembaruan berkala.
Berikut beberapa pilihan situs penyedia domain yang dikenal kredibel di dunia:
  • Namecheap
  • Domain.com
  • Google Domains
  • DreamHost
  • Hover
  • GoDaddy
  • Bluehost

Berikut pilihan situs penyedia domain di Indonesia:
  • Hostinger
  • Niagahoster
  • Qwords
  • Domainesia
  • RumahWeb
  • IDWebhost

Beli domain di Berdu


Cara beli domain di atas adalah cara secara umum yang bisa digunakan di mana pun. Anda juga bisa membeli domain di Berdu.id yang memang didesain mudah untuk pemula dan pengguna awam.
Mula-mula, pastikan Anda sudah membuat website/landing page di Berdu untuk bisnis toko online atau online store. Setelahnya, Anda bisa membeli domain dengan mudah melalui dashboard, caranya:
1. Buka homepage admin toko > cek sidebar kiri > pilih Pengaturan
2. Lalu klik Nama Domain > pilih Beli Baru
3. Cari nama domain yang ingin Anda beli di kolom pencarian
4. Jika sudah menemukan nama domain yang diinginkan > klik Beli Sekarang
5. Selanjutnya, tentukan jangka waktu pembelian domain, bisa satu tahun sampai lima tahun > klik Order
6. Lakukan pembayaran melalui transfer dengan tambahan kode unik untuk mempermudah proses verifikasi
7. Jika sudah, lakukan konfirmasi pembayaran > domain baru bisa digunakan dalam waktu 24 jam setelah dikonfirmasi oleh pihak Berdu

Nah demikian ulasan singkat soal tips memilih nama domain dan cara membeli nama domain dengan mudah. Pilih domain yang mudah diingat dan pastikan domain Anda mewakili bisnis atau perusahaan Anda dengan baik.
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari