7 Juli 2023 12:41 pm

Elemen-Elemen Penting dalam Kartu Nama Digital (Digital Business Card)

Elemen-Elemen Penting dalam Kartu Nama Digital (Digital Business Card)
Kartu nama digital sekarang umum digunakan untuk menggantikan kartu nama tradisional. Ada banyak alasan yang membuat kartu nama digital lebih baik dan lebih disukai di sera digital saat ini.
Pada dasarnya, digital business card tidak berbeda jauh dengan kartu nama kertas yang umum dijumpai. Namun, karena sudah dibuat secara digital, Anda pun bisa menggunakan fitur-fitur pendukung digital lainnya.
Sebagai contoh, dengan kartu nama digital, Anda bisa menanamkan link untuk menghubungkannya dengan media sosial atau nomor HP Anda. Kartu nama digital juga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan setiap pengguna.
Anda bisa dengan mudah membagikan (share) kartu nama digital, bisa dalam bentuk link atau QR Code yang bisa discan lewat HP. Jadi, mengirim kartu nama digital melalui WhatsApp atau Email akan terkesan lebih profesional.
Nah, elemen-elemen apa saja yang dianjurkan ada dalam kartu nama digital dan kenapa penting menggunakan kartu nama digital di era sekarang? Berikut ulasan selengkapnya!

Apa itu kartu nama digital?


Kartu nama digital
Gambar: blinq.me
Kartu nama digital Gambar: blinq.me

Digital business card (juga disebut virtual business card/electronic business card) adalah profil ringkas yang mencantumkan semua informasi kontak digital Anda.
Anda bisa mendesain kartu nama digital sendiri, tidak ada panduan khusus. Ada juga beberapa aplikasi yang memudahkan Anda untuk membuat kartu nama digital dengan mudah, menggunakan template yang tersedia.
Nah, informasi yang dicantumkan juga bermacam-macam, sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda bisa mencantumkan nama lengkap, alamat email, akun media sosial, status pekerjaan, tentu disertai foto yang dianggap sesuai.
Bahkan, sekarang Anda bisa membuat kartu nama digital yang lebih interaktif, yaitu dengan link yang bisa diklik. Misalnya, Anda bisa menanamkan link di nama akun media sosial Anda. Otomatis, ketika diklik, orang lain bisa membuka media sosial Anda untuk berinteraksi lebih lanjut.
Fitur-fitur ini membuktikan bahwa kartu nama digital bisa jadi salah satu media yang membantu mengenalkan bisnis Anda dan profil Anda. Lantas, apa saja yang biasanya tercantum dalam kartu nama digital?

Elemen-elemen penting dalam kartu nama digital


Desain kartu nama digital
Gambar: qrcodechimp.com
Desain kartu nama digital Gambar: qrcodechimp.com

Seperti yang disinggung di atas, tidak ada rumus pasti untuk membuat kartu nama digital. Informasi atau elemen yang dicantumkan bisa berbeda-beda, tergantung kebutuhan Anda dan bisnis Anda.
Meski begitu, secara umum ada enam elemen penting yang bisa dicantumkan dalam sebuah kartu nama digital alias digital business card, di antaranya:

1. Nama dan foto profil


Meski dibebaskan mengisi kartu nama digital, rasanya nama dan foto profil adalah dua elemen yang wajib dan harus ada. Bahkan dua elemen ini saling melengkapi, dianjurkan untuk disatukan.
Untuk kartu nama digital pribadi, Anda bisa mencantumkan nama panggilan atau nama lengkap, bebas. Foto profil yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Misalnya, jika Anda bergerak di bisnis non-formal, mungkin Anda bisa menggunakan foto yang tidak terlalu kaku.
Nah, Anda juga bisa membuat kartu nama digital untuk bisnis Anda. Misalnya Anda menyediakan jasa persewaan sound system. Anda bisa mencantumkan nama bisnis dan foto yang mendukung.

2. Detail informasi kontak (email, telepon, dst.)


Elemen wajib lain yang harus disertakan dalam kartu nama digital adalah informasi kontak, seperti nomor telepon, email, dan lainnya. Informasi kontak sangatlah penting dalam berbisnis.
Anda juga bisa menanamkan link di nomor HP yang dicantumkan supaya langsung terhubung dengan WhatsApp. Cara ini akan sangat memudahkan calon klien atau calon pelanggan yang perlu menghubungi Anda.
Fitur tanam link ini jadi salah satu keunggulan digital business card. Jadi, calon pelanggan atau calon klien bisa menghubungi Anda dengan lebih mudah, tidak perlu mengetik nomor satu per satu.

3. Detail perusahaan (job title, logo, nama perusahaan, dst.)


Detail perusahaan atau detail bisnis Anda juga perlu dicantumkan. Misalnya Anda bekerja sebagai freelance designer. Cantumkan jabatan tersebut dan pastikan calon klien dapat mengetahui status Anda.
Jika kartu nama digital digunakan untuk bisnis, Anda bisa menambahkan informasi pelengkap, seperti jasa yang disediakan, skill-set, nama produk, atau hal-hal lain yang mendukung bisnis Anda.

Desain kartu nama digital
Gambar: qrcodechimp.com
Desain kartu nama digital Gambar: qrcodechimp.com
4. Informasi media sosial

Selanjutnya, yang tidak kalah penting adalah mencantumkan akun-akun media sosial Anda dan bisnis Anda. Kartu nama digital seharusnya bisa dengan mudah terhubung dengan identitas digital Anda, seperti:
  • Instagram
  • Twitter
  • TikTok
  • Facebook
  • YouTube
  • LinkedIn, dan lainnya.

Menunjukkan akun media sosial dalam kartu nama digital tidak kalah penting dengan mencantumkan informasi kontak. Dengan demikian, calon pelanggan atau calon klien dapat dengan mudah mengecek profil Anda atau profil bisnis Anda.

5. Website dan materi marketing


Akan jauh lebih baik jika kartu nama digital bisa langsung terhubung dengan website atau landing page bisnis Anda. Cara ini akan mendorong pelanggan memasuki marketing funnel, yaitu proses awal mengenal bisnis Anda hingga akhirnya melakukan pembelian atau pemesanan.
Anda juga bisa mencantumkan materi marketing dalam kartu nama digital, seperti link untuk video iklan atau link untuk brosur diskon terbaru. Tidak ada batasan untuk mempromosikan personal branding atau business branding.

6. Branding


Terakhir dan tidak kalah penting, Anda perlu membuat kartu nama digital sesuai dengan branding bisnis Anda. Sesuaikan pilihan warna, pilihan font, dan elemen-elemen lainnya.
Cara ini perlu dilakukan agar kartu nama digital Anda berbeda dengan yang lain, khas sesuai dengan identitas bisnis Anda. Misalnya, jika Anda adalah seorang peneliti, coba lakukan branding yang profesional, mulai dari desain, pemilihan warna, dan elemen lainnya.

Pentingnya kartu nama digital


Kartu nama digital
Gambar: blinq.me
Kartu nama digital Gambar: blinq.me

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kartu nama digital dan tidak tersedia dalam kartu nama tradisional. Anda yang sudah memiliki kartu nama tradisional pun seharusnya tidak menutup kesempatan membuat kartu nama digital. Berikut beberapa alasan pentingnya memiliki kartu nama digital:

1. Ringkas (convenient)


Keuntungan utama kartu nama digital adalah Anda tidak perlu repot membawa kartu nama kertas ke mana-mana. Saat ini rasanya semua orang mengantongi ponsel pintar. Nah, Anda bisa mengakses kartu nama digital kapan pun selama membawa ponsel, tablet, atau laptop. Kartu nama digital juga lebih mudah dishare dalam bentuk link atau QR Code yang bisa discan lewat HP, memudahkan Anda yang perlu membagi informasi kartu nama dengan cepat.

2. Keberlanjutan (sustainability)


Anda hanya perlu membuat kartu nama digital satu kali, lalu menggunakannya terus-menerus sampai dirasa perlu menambah atau mengganti informasi. Proses mengubah informasi juga mudah dilakukan, bisa kapan saja. Jika masih menggunakan kartu nama kertas, Anda harus melakukan cetak ulang untuk menambah informasi, jadi mungkin ada sisa kartu nama lama yang terbuang.


QR Code dalam kartu nama digital
Gambar: qrcodechimp.com
QR Code dalam kartu nama digital Gambar: qrcodechimp.com

3. Mudah dibuat


Membuat kartu nama digital juga relatif lebih mudah daripada kartu nama tradisional. Jika punya kemampuan menggunakan aplikasi gambar digital, Anda bisa membuatnya sendiri sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak, Anda bisa menggunakan aplikasi yang sudah menyediakan banyak template siap pakai.

4. Sesuai dengan kebutuhan (customizable)


Kartu nama digital alias digital business card juga unggul karena fitur kustomisasi yang tidak terbatas. Anda bisa mengutak-atik elemen, desain, dan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan atau dihapus. Anda juga bisa menambahkan foto atau gambar yang dianggap mendukung.

5. Tidak terlalu mahal (cost-effective)


Kartu nama tradisional biasanya lebih mahal karena membutuhkan kertas berkualitas. Proses pencetakan juga menelan biaya yang harus diperhitungkan, khususnya jika Anda menginginkan kertas terbaik dan cetakan terbaik. Nah, dengan kartu nama digital, Anda bisa mencoret biaya-biaya tersebut, jadi jauh lebih murah.
Demikian ulasan singkat soal elemen-elemen yang perlu ada dalam kartu nama digital dan pentingnya memiliki digital business card untuk sekarang. Pastikan kartu nama digital dapat mendukung bisnis Anda ya!
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari