5 Mei 2023 11:01 am

Manajemen Website: 6 Tips Mengelola Situs Web Anda

Manajemen Website: 6 Tips Mengelola Situs Web Anda
Mengelola website jadi salah satu hal terpenting untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis online. Manajemen website sama pentingnya bagi pebisnis kecil atau perusahaan besar.
Jika Anda ingin mengembangkan strategi digital marketing, tentu Anda tahu bahwa memiliki website sendiri adalah langkah awal yang harus diambil. Website adalah salah satu aset terpenting untuk bisnis Anda.
Masalahnya, jika website tidak dikelola dengan benar, Anda mungkin sulit mendapatkan hasil maksimal. Website Anda harus bisa mencuri perhatian pengunjung yang pertama kali melakukan akses.
Oleh sebab itu, diperlukan pentingnya manajemen website. Singkatnya, manajemen website adalah proses mengelola dan mengembangkan website yang aman, atraktif, up-to-date, dan bisa berfungsi secara penuh.
Proses manajemen website ini meliputi sejumlah aspek, mulai dari desain website, struktur, fitur, marketing, dan tentu saja konten.
Website yang tidak dikelola dengan baik biasanya akan bermasalah, seperti proses loading yang terlalu lambat, fitur-fitur yang usang, bahkan bisa menjadi tidak aman.
Paling tidak, ada 6 tips mengelola website yang perlu Anda perhatikan untuk memaksimalkan penjualan online produk atau layanan Anda. Yuk disimak!

1. Pilih content management system (CMS) yang tepat


CMS manajemen website
Gambar: Kinsta.com
CMS manajemen website Gambar: Kinsta.com

Content management system alias CMS adalah aplikasi atau software yang digunakan oleh user untuk menciptakan, merilis, dan mengedit konten digital di sebuah website.
CMS yang berkualitas akan memudahkan proses manajemen website Anda. Terlebih, sebagai awam, penting bagi Anda memilih CMS yang user-friendly, sehingga lebih mudah digunakan.
Berdu menawarkan CMS yang mudah dioperasikan dengan fitur yang lengkap. Jadi, Anda bisa mengelola konten website dengan maksimal dan lebih mudah.

2. Lakukan backup website


Backup website
Gambar: Unsplash
Backup website Gambar: Unsplash

Meski fitur keamanan website Anda sudah terjamin, akan lebih baik lagi jika Anda meluangkan waktu untuk melakukan backup website secara berkala.
Backup website adalah proses menciptakan salinan (copy) file dan data website, lalu menyimpannya di lokasi berbeda. Backup akan sangat membantu Anda dalam banyak skenario.
Misalnya, jika Anda membuat perubahan website dan hasilnya kurang memuaskan, Anda bisa dengan mudah kembali ke versi sebelumnya dengan menggunakan backup tersebut.

3. Amankan website Anda


Website security
Gambar: Unsplash
Website security Gambar: Unsplash

Salah satu aspek terpenting dari manajemen website adalah fitur keamanannya. Penting memastikan bahwa website Anda aman untuk melindungi bisnis online dan customer Anda.
Ada kemungkinan website Anda terserang malware atau percobaan hack. Nah, Anda perlu melindungi data-data bisnis Anda dan data pelanggan.
Salah satu cara termudah menjaga keamanan website adalah dengan memilih penyedia hosting yang tepercaya dan menawarkan sertifikat keamanan.

4. Pantau website Anda


Monitoring website
Gambar: Unsplash
Monitoring website Gambar: Unsplash

Lebih lanjut, langkah manajemen website yang perlu Anda lakukan adalah memantau perkembangan situs secara berkala. Langkah ini sangat penting, sebab dengan ini Anda bisa mengetahui prioritas PR website Anda.
Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam memantau perkembangan website:
  • Gunakan analytic tools untuk memonitor traffic dan performa website, seperti Google Analytics.
  • Secara berkala, kunjungi website Anda sendiri dan akses setiap halaman untuk mengecek adanya masalah.
  • Cek plugin yang Anda gunakan dan lakukan update jika perlu.
  • Perhatikan website kompetitor, pastikan website Anda tidak ketinggalan tren desain website terbaru.
  • Cek kecepatan website Anda, pastikan proses loading tidak terlalu lama.

5. Lakukan update desain website secara berkala


Desain website mengalami perkembangan dengan cepat, sama seperti bidang-bidang desain lainnya. Jadi, pastikan Anda menambah referensi desain secara berkala, bisa dengan mengecek website-website ternama.
Pembaruan desain website secara berkala akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Artinya, Anda pun bisa meningkatkan kemungkinan pengunjung membeli produk atau layanan.
Prinsip yang sama juga berlaku dalam hal pembuatan konten. Pastikan konten di website Anda selalu baru dan aktual.

6. Terapkan strategi marketing website


Strategi marketing website
Gambar: Unsplash
Strategi marketing website Gambar: Unsplash

Manajemen website pun tidak lengkap jika tidak disertai upaya memasarkan website Anda. Website marketing krusial untuk meningkatkan traffic dan sales bagi bisnis online Anda.
Ada beberapa strategi marketing situs web yang bisa Anda coba, di antaranya:
  • Gunakan strategi search engine optimization (SEO) untuk mendulang traffic ke website Anda.
  • Sediakan bujet untuk iklan berbayar di Google, Facebook, dan media sosial lainnya.
  • Lakukan kerja sama dengan klien atau influencer untuk mengenalkan website Anda.

Nah itu dia ulasan soal pentingnya manajemen website dan 6 tips untuk mengelola situs web Anda. Selamat mencoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari