11 April 2023 10:30 am

Facebook Marketing: Pengertian dan Kelebihannya untuk Bisnis Anda

Facebook Marketing: Pengertian dan Kelebihannya untuk Bisnis Anda
Membuat website adalah langkah pertama yang dianjurkan jika Anda ingin mengembangkan bisnis di era digital marketing. Selanjutnya, langkah yang tidak kalah penting adalah mendulang traffic ke website Anda. Nah, di sinilah Facebook Marketing dibutuhkan.
Setelah membuat website, Anda harus mencari cara untuk mendapatkan traffic dan membidik target market yang tepat. Bagi pebisnis kecil, UMKM, dan brand-brand lokal mandiri, Facebook bisa sangat membantu.
Tercatat, hampir sepertiga populasi dunia memiliki akun Facebook. Platform ini pun dikenal sebagai salah satu marketing channels (saluran pemasaran) yang cocok untuk setiap jenis bisnis.
Nah, dengan penggunaan yang tepat, Facebook marketing dapat membantu Anda mencapai tujuan besar dalam bisnis Anda, yaitu meningkatkan traffic, mendapatkan leads, dan akhirnya menambah penjualan produk atau layanan Anda (sales).

Apa itu Facebook Marketing?


Facebook Marketing
Gambar: futurescapeadvt
Facebook Marketing Gambar: futurescapeadvt

Secara umum, Facebook marketing adalah praktik mempromosikan atau menjual produk / layanan melalui platform media sosial. Perlu Anda tahu, pemasaran di Facebook terjadi sangat masif, bahkan untuk produk seperti media online atau website.
Facebook menawarkan dua cara untuk mengenalkan bisnis Anda kepada audiens, yaitu cara organic atau berbayar (paid). Artinya, menggunakan Facebook sebagai alat pemasaran gratis pun sudah sangat membantu.
Tentu cara berbayar menawarkan lebih banyak keuntungan. Sebagai contoh, Anda bisa membuat business page di Facebook dan memasang iklan (Facebook Ads) agar konten Anda lebih banyak ditemui oleh audiens baru.

Kenapa perlu berjualan di Facebook?


Berjualan di Facebook
Gambar: emarketexperts.com.
Berjualan di Facebook Gambar: emarketexperts.com.

Media sosial terus berkembang dan sekarang Anda punya banyak pilihan. Meski begitu, Facebook masih jadi salah satu saluran promosi yang sangat efektif.
Tercatat, pengguna Facebook harian saat ini mencapai angka sekitar dua miliar pengguna. Sebagai pengingat, populasi dunia saat ini menyentuh angka delapan miliar. Artinya, seperempat di antaranya aktif di Facebook.
Menurut riset Hootsuite, sekitar 18,7% audiens Facebook Ads terdapat di Asia Tenggara. Persentase ini jadi yang paling besar, bukti bahwa Facebook masih sangat efektif di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia.
Selain itu, dari kacamata pebisnis, Facebook dipilih karena banyak faktor. Facebook menyediakan sejumlah tools dan analytics yang dapat membantu Anda membuat campaign marketing yang jauh lebih efektif.

Pilihan Facebook post untuk marketing


Facebook post marketing
Gambar: nicepng.com
Facebook post marketing Gambar: nicepng.com

Pemasaran di Facebook tentu dimulai dengan memilih jenis postingan yang tepat. Saat ini, Facebook Posts mendukung berbagai format untuk tujuan marketing Anda. Berikut beberapa di antaranya:

1. Text


Teks atau tulisan adalah jenis post paling mendasar dalam Facebook. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai hal, seperti untuk meningkatkan engagement dengan followers, melempar pertanyaan, memasang iklan, dan sebagainya.
Tentu, sebagai bagian dari strategi digital marketing, Anda harus memperhatikan sejumlah hal dalam memilih postingan berbasis teks. Pastikan Anda hanya menggunakan sekitar 150 - 250 karakter agar pesan yang disampaikan efektif diterima audiens.

2. Images


Images, termasuk gambar, foto, infografik, ilustrasi, dan sebagainya juga sangat efektif untuk mempromosikan produk. Elemen visual memang terbukti bisa mencuri perhatian audiens dengan lebih cepat.
Facebook saat ini mendukung sejumlah tipe image post, seperti photo albums, carousel, dan Instan Experiences yang hanya bisa diakses oleh pengguna mobile.
Pilih foto atau gambar dengan resolusi tinggi. Selanjutnya, tentukan caption yang singkat, idealnya kurang dari 90 karakter dengan informasi terpenting saja.

3. Video


Jika gambar terbukti sangat efektif maka video bisa memberikan efek berlipat ganda. Video bisa mencuri perhatian audiens dan mendapatkan engagement dengan lebih efektif.
Biasanya, video dipilih untuk mempromosikan produk dan layanan. Anda juga bisa menggunakan video untuk bercerita mengenai proses perkembangan bisnis Anda, mengenai brand Anda.
Video juga sangat cocok untuk membuat tutorial atau demonstrasi produk. Misalnya, jika Anda menyediakan jasa servis HP, Anda bisa membuat video tentang bagaimana biasanya proses Anda memperbaiki HP customer yang sedang Anda kerjakan.

4. Live video


Perubahan gaya konsumsi media sosial juga berpengaruh terhadap strategi digital marketing secara umum. Saat ini, audiens sangat suka menonton tayangan live dan berinteraksi secara langsung.
Nah, Facebook memiliki fitur Facebook Live, yaitu live video streaming yang sangat efektif sebagai salah satu strategi digital marketing. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk banyak hal.
Misalnya, Anda bisa membuka sesi live stream setiap hari untuk membuat sesi tanya-jawab (Q&A) mengenai produk atau layanan Anda. Jika perlu, Anda bisa menyediakan diskon atau potongan harga khusus untuk live.
Cara ini terbukti sangat efektif untuk meningkatkan engagement dan membuat brand Anda lebih dekat dengan calon pembeli.
Nah itu dia ulasan singkat soal pentingnya Facebook marketing sebagai salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis Anda. Tentu, Anda juga bisa mengintegrasikan laman Facebook dengan website Anda untuk menciptakan customer experience yang lebih memuaskan. Yuk dicoba!
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari