3 Agustus 2024 3:39 pm

Packaging Inserts: Strategi Branding untuk Tingkatkan Loyalitas Customer

Packaging Inserts: Strategi Branding untuk Tingkatkan Loyalitas Customer
Pernahkah Anda membeli barang secara online, entah produk fashion atau peralatan lainnya, dan merasakan pengalaman unboxing paket yang memuaskan? Anda mungkin mendapatkan beberapa item tambahan di dalam paket tersebut, seperti kartu ucapan terima kasih, stiker, gantungan kunci, bahkan sampai voucher atau hadiah tambahan.
Barang-barang kecil tambahan itu bisa disebut sebagai packaging inserts, yaitu barang atau benda-benda tambahan yang memberikan nilai tambah dalam paket yang dibeli customer. Jangan dianggap remeh, sentuhan kecil semacam ini bisa berdampak besar.
Secara keseluruhan, packaging inserts umumnya tidak terlalu mahal. Biaya yang dikeluarkan efektif dan sepadan dengan hasil yang Anda dapatkan, yaitu untuk membangun hubungan dengan pelanggan.
Perlu diingat, pelanggan akan lebih puas jika brand Anda menunjukkan usaha untuk lebih dekat dengan mereka, ada usaha untuk mengenal. Caranya sederhana, biaya relatif kecil, tapi dampaknya cukup besar.
Nah paling tidak, ada 6 jenis packaging inserts yang sering ditemui dan terbukti efektif sampai sekarang. Apa saja? Yuk cek selengkapnya di bawah ini!

1. Panduan atau tips and tricks


Contoh packaging inserts
Gambar: i0.wp.com
Contoh packaging inserts Gambar: i0.wp.com

Menyertakan selembar kartu berisi panduan atau informasi tips and tricks bisa jadi salah satu packaging inserts yang sangat efektif, apalagi jika produk Anda adalah produk yang memang membutuhkan informasi lebih.
Katakanlah Anda menjual produk paket perawatan wajah untuk pria. Nah umumnya para pria kurang memahami fungsi setiap item, juga tidak tahu soal urutan menggunakannya dengan baik.
Oleh sebab itu, coba tambahkan selembar kertas yang berisi informasi panduan penggunaan produk tersebut secara efektif. Anda juga bisa menambahkan informasi penanggulangan jika terjadi kesalahan.
Informasi sederhana semacam itu bisa membuat pelanggan merasa lebih puas. Mereka merasa lebih diperhatikan, jadi akan terbangun hubungan antara pelanggan dan brand.
Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Coba desain lembaran informasi tersebut sesuai dengan brand Anda, jangan gunakan kertas polos putih dengan tulisan hitam standar.
  • Pastikan tips atau panduan penggunaan produk jelas dan mudah dimengerti.
  • Tambahkan ucapan terima kasih, jika perlu tambahkan apresiasi terhadap pelanggan yang sudah mau membaca informasi.

2. Sample Produk


Anda juga bisa menambahkan sample atau contoh produk lain. Tidak harus di setiap pembelian, tidak harus dalam kemasan besar, mungkin Anda bisa memilih beberapa customer yang beruntung.

Cara ini efektif jika Anda berjualan produk yang memiliki banyak jenis. Misalnya Anda menjual produk parfum pria dengan 5 wangi berbeda, jadi pelanggan bisa memilih.
Nah katakanlah satu pelanggan membeli dua produk A dan B. Lalu, sebagai apresiasi, Anda menambahkan sample produk C dalam kemasan kecil, mungkin hanya cukup untuk dua-tiga kali penggunaan.
Strategi ini bagus untuk mengenalkan pelanggan terhadap produk-produk Anda yang lain. Bahkan jika pelanggan tersebut kemudian tidak tertarik dengan sample, mereka mungkin merekomendasikannya kepada teman atau rekan, jadi strategi word of mouth.
Tentu, pastikan bahwa pemberian sample produk masih sesuai dengan bujet Anda, jangan sampai berlebihan hingga menimbulkan cost berlebih.

3. Kartu Terima Kasih dan Ucapan Personal


Contoh packaging inserts
Gambar: printify.com
Contoh packaging inserts Gambar: printify.com

Orang Indonesia dikenal suka dengan sentuhan-sentuhan personal, sentuhan humanis dalam brand-brand besar. Karena itu Anda mungkin sering menjumpai iklan atau berita yang demikian.
Nah, langkah sederhana seperti memberikan kartu ucapan terima kasih diyakini sudah cukup untuk mendapatkan hati pelanggan. Mereka merasa diperhatikan, merasa bahwa brand Anda memikirkan produk dengan sangat baik.
Bahkan langkah semacam ini juga dilakukan oleh brand luar negeri, seperti Xiaomi. Beberapa tahun terakhir, saat Xiaomi Indonesia berada di bawah kepemimpinan Alvin Tse, pembeli akan mendapatkan kartu ucapan terima kasih dan selamat bergabung di keluarga Xiaomi untuk setiap pembelian ponsel atau produk lain.
Akan lebih baik jika ucapan Anda lebih otentik. Anda juga bisa menambahkan cerita otentik, mengisahkan pertumbuhan brand Anda mulai dari kecil hingga sampai ke titik sekarang. Pelanggan akan merasa lebih dekat.

4. Kupon atau Voucher Diskon


Selanjutnya, untuk packaging inserts yang lebih sederhana dan berterus terang, Anda bisa menambahkan kartu/voucher diskon atau penawaran diskon. Voucher tersebut bisa disatukan langsung di dalam paket produk.
Perlu diingat, sesuaikan besaran diskon dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. Tidak harus memberikan diskon besar, 5% sampai 10% saja sudah cukup membuat pelanggan puas, apalagi lebih besar lagi.
Pemberian voucher diskon akan memberikan minimal dua dampak positif terhadap brand Anda. Pertama, pelanggan akan merasa senang karena diperhatikan, bahwa brand Anda tidak ragu-ragu memberikan diskon.
Kedua, voucher diskon tersebut juga jadi undangan bagi pelanggan untuk membuat pembelian lagi, repeat order. Jadi, penjualan produk Anda juga akan meningkat di kemudian hari.

5. Hadiah-Hadiah Kecil


Ilustrasi packaing inserts
Gambar: rpack.b-cdn.net
Ilustrasi packaing inserts Gambar: rpack.b-cdn.net

Sederhana, tapi tidak bisa dianggap remeh. Anda juga bisa menambahkan hadiah-hadiah kecil seperti gantungan kunci, striker, pin, dan lain sebagainya.
Cara ini juga efektif untuk mendukung perkembangan branding Anda. Pelanggan mungkin akan menempel stiker tersebut di motor/mobil, juga menggunakan pin di tas atau semacamnya.
Hadiah-hadiah kecil semacam ini tidak perlu mahal, tidak perlu mewah. Ingat bahwa pembeli tidak mengharapkan apa-apa, jadi hadiah kecil semacam ini sudah jadi kejutan besar yang menyenangkan.

6. Undangan untuk Share di Medsos


Anda harus berasumsi bahwa pembeli memesan produk Anda untuk pertama kalinya. Jadi, sangat bagus jika Anda mendapatkan feedback atau review dari pembeli tersebut.
Caranya, coba berikan undangan kepada si pembeli untuk melakukan review produk di media sosial mereka. Pelanggan bebas membagikan pandangan mereka terkait produk Anda.
Undangan sederhana semacam ini tentu cukup ditulis di kertas, katakan bahwa brand Anda akan sangat berterima kasih jika pembeli mau memberikan pendapat atau feedback terkait produk tersebut.
Sederhana saja, pelanggan cukup membuat story di Instagram atau bahkan postingan di Instagram. Semakin mudah cara untuk menyampaikan review, semakin tertarik mereka melibatkan diri.

Tingkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Packaging Inserts


Packaging inserts untuk meningkatkan loyalitas customer
Gambar: moellerprinting.com
Packaging inserts untuk meningkatkan loyalitas customer Gambar: moellerprinting.com

Nah enam jenis packaging inserts di atas bisa jadi cara efektif untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Hal-hal sederhana seperti kartu ucapan menunjukkan bahwa brand Anda peduli, bahwa Anda ingin menjalin hubungan, dan ingin lebih dekat.
Salah satu keunggulan strategi semacam ini adalah bahwa target Anda sudah jelas. Penerima paket adalah pelanggan dan Anda tahu produk yang mereka beli. Jadi, packaging inserts bisa disesuaikan khusus untuk pelanggan tersebut, tepat sasaran.
Strategi branding sederhana seperti ini juga dapat mendorong nama baik brand Anda. Pembeli tidak mengharapkan apa pun, jadi ketika Anda memberikan sentuhan ekstra seperti sample produk lain, mereka akan menilai brand Anda telah melebihi ekspektasi.
Meski begitu, pastikan bahwa Anda tidak buru-buru memilih packaging inserts dan tidak buru-buru merasa salah. Sama seperti strategi marketing umumnya, Anda perlu melakukan trial and error, mencoba-coba hingga menemukan jenis packaging inserts yang paling cocok dengan brand Anda.
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari