25 Juni 2024 11:15 am

7 Alasan Pentingnya Packaging untuk Produk Anda

7 Alasan Pentingnya Packaging untuk Produk Anda
Anda mungkin pernah menjumpai sebuah brand yang menaruh ekstra perhatian untuk packaging produk mereka. Bahkan, jika dihitung kasar, biaya untuk membuat packaging tersebut tidaklah murah. Mungkin bisa mencapai seperempat harga produk itu sendiri.
Dahulu, packaging mungkin tidak pernah menjadi perhatian brand. Pelanggan pun tidak pernah mementingkan packaging produk. Bagi mereka, yang terpenting adalah kualitas produk itu sendiri.
Kini, sejak memasuki era pasar global dan kemajuan internet, kualitas produk saja tidak cukup. Ada ratusan produk sejenis dengan kualitas yang sama persis, pembedanya hanyalah branding atau marketing produk tersebut.
Nah, salah satu elemen yang bisa diutak-atik untuk membuat produk jadi berbeda adalah packaging-nya. Bahkan packaging juga sekaligus bisa digunakan sebagai alat marketing dan branding.
Packaging alias kemasan juga bisa membedakan produk Anda dengan produk sejenis lainnya. Dalam suatu momen, mungkin Anda pernah tidak sadar memutuskan membeli produk karena desain kemasannya yang lebih menarik, lebih lucu, dan unik.
Pengalaman itu membuktikan bahwa packaging produk juga sangat penting. Selain untuk melindungi produk di dalamnya, kemasan juga memiliki berbagai fungsi lain. Paling tidak, ada 7 alasan pentingnya packaging untuk produk Anda. Apa saja?

1. Menjaga Produk Tetap Aman


Contoh konsistensi branding di packaging produk
Gambar: Apple
Contoh konsistensi branding di packaging produk Gambar: Apple

Packaging alias kemasan bisa didesain sedemikian rupa, dibuat secantik mungkin. Namun, jangan pernah melupakan tujuan utama kemasan tersebut, yaitu untuk melindungi produk di dalamnya dari risiko kerusakan.
Saat ini, khususnya jika Anda berjualan online, produk Anda akan dikirim melalui layanan jasa kirim ekspedisi. Pengiriman produk semacam ini juga berisiko, apalagi jika produk Anda mudah rusak, mudah pecah, dan sejenisnya.
Karena itu, kemasan alias packaging harus dibuat kuat dengan kualitas tinggi. Pelanggan juga bisa melihat bahwa brand Anda menaruh perhatian ekstra terhadap kemasan produk. Tingkat kepercayaan pelanggan pun meningkat.
Memang, packaging yang aman biasanya dibuat dari material yang lebih mahal pula. Jadi, Anda harus menyiapkan bujet ekstra untuk mendesain dan membuat kemasan menarik sekaligus aman.
Benar bahwa pelanggan membeli produk Anda karena kualitas produk atau kebutuhan mereka, tapi jangan lupa bahwa kemasan produk juga jadi faktor penting.

2. Branding produk lewat desain packaging


Selain tujuan utamanya agar barang tetap aman, packaging juga bisa menjadi wadah desain branding Anda. Di era digital saat ini, penting bagi bisnis Anda untuk memiliki brand image yang jelas dan konsisten.
Brand image pada dasarnya adalah sederet aturan yang harus diterapkan di setiap upaya branding Anda. Mulai dari logo, jenis font, hingga kalimat copywriting yang digunakan harus konsisten di setiap media branding.
Nah, hal yang sama juga perlu diterapkan dalam desain kemasan. Saat mendesain kemasan untuk produk Anda, jangan lupa menggunakan elemen-elemen branding seperti logo, font, warna, bahkan kalimat yang tertulis.

3. Demi kesan pertama yang terbaik


Contoh packaging unik 
Gambar: Sapore Fettuccine
Contoh packaging unik Gambar: Sapore Fettuccine

Perlu diingat, dalam setiap produk Anda yang terjual, selalu ada pembeli baru yang pertama kali melakukan pembelian. Jadi, mereka akan mendapatkan kesan pertama terhadap produk Anda di pembelian pertama tersebut.
Prinsip ini berlaku baik untuk toko online maupun untuk toko offline. Bayangkan Anda adalah seorang pembeli yang mendapati dua produk sejenis, satu di antaranya memiliki desain kemasan yang lebih menarik, hal baru di mata Anda.
Prinsip serupa juga berlaku bagi pembelian online. Memang Anda perlu membungkus produk dengan ekstra, misalnya dengan tambahan bubble wrap. Namun, begitu bubble wrap itu dibuka, saat itulah desain packaging Anda terlihat.
Pelanggan tidak akan pernah sampai melihat kualitas produk Anda jika mereka tidak tertarik melakukan pembelian. Karena itu, desain kemasan sangat penting, harus eye-catching, jadi pelanggan tertarik melihat isinya.

4. Pengalaman unboxing yang tak terlupakan


Masih soal pengalaman membuka kemasan. Satu hal unik yang ditawarkan pembelian online dan mungkin tidak dimiliki oleh bentuk pembelian lainnya adalah pengalaman unboxing.
Anda sendiri pasti pernah mengalaminya. Membuka kemasan produk yang Anda beli secara online selalu memberikan pengalaman menarik. Bahkan, ada banyak content creator yang secara khusus mengutamakan video-video unboxing.
Karena itu, packaging produk online juga sangat penting. Desain kemasan yang unik dan pengalaman unboxing yang menarik juga menjadi bagian dari buying experience bagi pelanggan tersebut.
JIka mereka terpuaskan, kemungkinan besar mereka akan tertarik melakukan pembelian ulang. Anda bisa menumbuhkan loyalitas pelanggan hanya lewat desain kemasan.

5. Memberikan informasi kepada pelanggan


Desain packaging dengan elemen branding yang konsisten
Gambar: worldbranddesign.com
Desain packaging dengan elemen branding yang konsisten Gambar: worldbranddesign.com

Selain faktor keindahan dan pengalaman menarik lewat desain kemasan. Hal penting lain yang tidak perlu dilewatkan dalam kemasan Anda adalah informasi produk.
Memang sebagian besar produk tidak membutuhkan informasi tambahan, khususnya produk-produk pakaian dan sejenisnya. Namun, sebagian produk lain masih membutuhkan informasi.
Katakanlah Anda menjual perangkat elektronik, speaker bluetooth dengan desain unik dan metode pengoperasian yang tidak biasa. Nah, Anda bisa menjelaskan informasi mengenai produk tersebut dan cara menggunakannya lewat teks di bagian luar atau bagian dalam kemasan.

6. Membedakan produk Anda dengan kompetitor


Kembali ke era pasar global, saat ini produk Anda bersaing dengan ratusan produk sejenis, dan Anda tidak bisa menghalangi pelanggan untuk memilih-milih produk, bahkan membandingkan satu produk dengan produk lainnya.
Karena itu, jika produk yang dibandingkan pelanggan sama persis, kemungkinan mereka akan menentukan pilihan berdasarkan harga. Jika harga masih belum membantu menentukan pilihan maka desain kemasan juga akan berpengaruh.
Kemasan yang terlihat kukuh dan berkualitas tinggi akan membantu membuat produk Anda lebih dipercaya. Ketika melihat kemasan solid produk Anda, pelanggan bisa membayangkan upaya dan kerja keras Anda untuk membuat detail kemasan tersebut.
Jadi, secara tidak langsung mereka akan lebih yakin dengan produk Anda. Mereka yakin bahwa Anda telah memperhatikan kemasan dengan sangat baik, jadi seharusnya produk di dalamnya juga disiapkan dengan sangat baik.

7. Ketergunaan ulang (usability)


Ilustrasi packaging produk 
Gambar: boxagency
Ilustrasi packaging produk Gambar: boxagency

Hal terakhir yang tidak kalah menarik dalam pentingnya packaging. Anda mungkin secara tidak sadar melakukannya. Pernahkah Anda melihat kemasan suatu produk lantas dialihgunakan untuk hal lain setelah produk tersebut habis dikonsumsi?
Contoh sederhana adalah kaleng biskuit. Tidak peduli merk, harga, warna, dan faktor-faktor lain, Anda pasti pernah melihat kaleng biskuit digunakan untuk mewadahi benda-benda lain. Misalnya, di rumah Anda mungkin ada kaleng biskuit yang digunakan sebagai wadah benang jahit dan jarum jahit.
Nah, Anda bisa menggunakan prinsip yang sama untuk produk Anda. Mungkin tidak sehebat kaleng biskuit yang sudah puluhan tahun beralih fungsi, tapi prinsip yang sama masih bisa diterapkan, asal mau dipikirkan.
Jadi, kemasan produk Anda tidak hanya menarik dilihat mata, tidak hanya penting untuk branding, tapi kemudian juga bisa membantu menjaga lingkungan jika digunakan kembali (reuse) untuk fungsi lainnya dalam kegiatan manusia. Menarik!
Demikian ulasan singkat soal 7 alasan pentingnya packaging produk. Kini Anda tahu bahwa kemasan memiliki berbagai fungsi selain untuk melindungi produk tersebut. Bahkan, pelanggan bisa saja memilih produk Anda karena kemasan yang unik dan berbeda.
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari