28 Juni 2024 5:30 am

Cara Menambahkan Link ke Bio TikTok

Cara Menambahkan Link ke Bio TikTok
TikTok sekarang menjelma jadi media sosial utama pilihan brand dan individual influencer. Format konten yang ditawarkan TikTok sulit disamai oleh media sosial lain. Bahkan, Anda mungkin sudah tahu banyaknya influencer baru yang lahir dari TikTok.
Sekarang hampir semua brand memiliki akun TikTok, termasuk brand kelas menengah ke bawah. Konten sederhana seperti proses produksi atau promosi produk saja sudah bisa meningkatkan engagement, juga meningkatkan brand awareness.
Nah yang menarik, ada dua cara untuk memanfaatkan TikTok sebagai sales channel. Anda bisa langsung menghubungkan akun TikTok dengan akun Tokopedia. Mulai tahun 2023 lalu, TikTok menjalin kerja sama dengan Tokopedia untuk beroperasi di Indonesia.
Cara kedua, Anda juga bisa menambahkan link di bio TikTok. Link tersebut bisa mengarahkan audiens ke halaman lain, misalnya ke website atau ke landing page brand Anda. Justru di website Anda bisa memuat informasi lebih lengkap soal brand dan bisnis tersebut.
Oleh sebab itu, penting menambahkan link di bio akun TikTok Anda. Bahkan Anda mungkin sering menjumpai brand lain atau pengguna individu lain yang blak-blakan meminta viewers: "cek link di bio ya!" atau semacamnya.
Sama seperti media sosial lainnya, TikTok juga menyediakan layanan untuk akun tertentu bisa menambahkan tautan yang dapat diklik di halaman profil mereka. Tautan alias link tersebut mengarahkan viewers ke situs web atau ke nomor WhatsApp secara langsung, hingga akhirnya audiens tersebut membuat pemesanan.

Ilustrasi menambahkan link di bio TikTok
Gambar: bitly.com
Ilustrasi menambahkan link di bio TikTok Gambar: bitly.com

Perlu diingat, setiap orang yang melihat konten Anda di media sosial bisa dianggap sebagai calon pelanggan. Mereka mungkin memang sengaja mencari produk yang Anda sediakan, bisa juga jadi tertarik secara tidak sengaja.
Karena itu, penting melengkapi akun media sosial Anda dengan informasi selengkap mungkin, termasuk menambahkan link di bio TikTok. Meski sederhana, link alias tautan tersebut bisa memperpendek perjalanan calon pembeli tersebut untuk membeli produk Anda.
Hal pertama yang harus Anda sediakan adalah website atau landing page. Di platform tersebutlah pembeli akan membuat pembelian, mengalami perubahan dari calon pembeli jadi pelanggan.
Keuntungan lain dari website atau landing page adalah bahwa Anda bisa menampilkan banyak produk sekaligus di etalase online. Si calon pembeli juga bisa melihat ulasan terdahulu dari pembeli lainnya.
Anda juga bisa menambahkan link langsung ke laman marketplace bisnis Anda. Cara ini efektif untuk memudahkan pengunjung yang benar-benar ingin langsung membeli produk Anda.
Berikut beberapa manfaatkan menambahkan link di bio TikTok bisnis Anda:

Mendongkrak traffic ke website/landing page

Link alias tautan tersebut bisa mendorong pengguna TikTok untuk langsung mengakses website Anda. Bahkan Anda bisa menggunakan link generator yang sekaligus bisa menampilkan banyak link. Jadi bukan hanya laman website yang bisa ditambahkan, Anda juga bisa mencantumkan link ke Whatsapp for Business.

Mendorong followers untuk membuat pembelian

Seperti yang disinggung di atas, setiap orang yang melihat konten TikTok Anda, entah followers atau bukan, hanya bisa dianggap sebagai calon pembeli. Karena itu, penting mendorong mereka memasuki saluran pembelian (sales channel) untuk pada akhirnya meningkatkan konversi.

Meningkatkan kredibilitas

Lebih lanjut, akun bisnis yang memiliki link di bio TikTok juga menunjukkan kualitas dan kredibilitas brand tersebut. Ketika bisnis Anda secara percaya diri menampilkan produk dan mempromosikannya, pelanggan bisa lebih percaya membuat pembelian.

Menghubungkan dengan media sosial lain (cross platform)

Link juga penting untuk mengenalkan audiens Anda dengan akun-akun bisnis Anda yang lain. Mereka yang jadi followers Anda di TikTok mungkin tidak sama dengan followers di Instagram. Jadi, Anda bisa saling menambahkan link ke akun media sosial lain, seperti ke Facebook, YouTube, Instagram, dan lainnya.

Contoh TikTok business account
Gambar: unum
Contoh TikTok business account Gambar: unum

Tentu tidak semua orang bisa menambahkan link di bio profil TikTok. Sebagai media sosial, TikTok juga menerapkan aturan untuk membatasi pengguna agar tidak sembarang menambahkan link. Ada beberapa hal yang dibutuhkan agar akun TikTok bisnis Anda bisa menambahkan link, di antaranya:

Harus menggunakan business account

Syarat pertama, TikTok Anda harus diubah menjadi akun bisnis, bukan akun personal. TikTok memang menyediakan opsi ini untuk membedakan fitur dan dukungan lainnya. Caranya:
  1. Masuk ke profil akun TikTok Anda
  2. Klik ikon dropdown menu (tiga garis horizontal) > lalu klik ikon Setting
  3. Setelahnya, pilih Akun > dan klik Alihkan ke Akun Bisnis
Langkah ini penting karena Akun Bisnis memiliki banyak fitur unggulan. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengelola konten.

Pengikut harus lebih dari 1.000

Syarat kedua yang harus dipenuhi adalah jumlah pengikut alias followers. Meski akun Anda sudah diubah jadi akun bisnis, Anda mungkin masih tidak bisa menambahkan link di bio. Syaratnya, Anda membutuhkan minimal 1.000 pengikut untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Hanya bisa diakses secara mobile

Jika dua syarat di atas sudah terpenuhi, baru setelahnya Anda bisa menambahkan link di bio TikTok. Namun, perlu diingat bahwa Anda hanya bisa menggunakan fitur ini dengan mengakses TikTok melalui ponsel, tidak bisa melalui desktop.

Ilustrasi menambahkan link di bio TikTok
Gambar: bitly.com
Ilustrasi menambahkan link di bio TikTok Gambar: bitly.com

Nah katakanlah Anda sudah memenuhi semua syarat di atas dan sudah bisa menambahkan link di bio TikTok. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan perangkat mobile

Pastikan Anda membuka TikTok di ponsel Anda, tidak di desktop atau website. Fitur menambahkan link hanya bisa digunakan melalui ponsel alias handphone.

2. Klik ikon profil akun Anda

Selanjutnya, klik profil akun Anda, yaitu ikon fisik manusia di sudut kanan bawah. Selanjutnya bio Anda akan terbuka.

3. Lakukan Edit Profil

Setelah laman bio akun Anda terbuka, klik tombol Edit profil yang terletak di bawah Mengikuti (following).
Nantinya akan muncul kolom website alias situs web. Tambahkan link yang sebelumnya sudah Anda siapkan, bisa link ke website atau ecommerce akun Anda. Jika mau, Anda juga bisa menggunakan layanan penampung tautan seperti Linktree atau lainnya.

Memoles Bio TikTok


Official Wendy's memilih caption pendek tapi humoris, juga menambahkan link di bio TikTok
Gambar: TikTok
Official Wendy's memilih caption pendek tapi humoris, juga menambahkan link di bio TikTok Gambar: TikTok

Nah itu dia cara mudah menambahkan link di bio TikTok akun bisnis Anda. Pastikan bahwa link Anda ditulis dengan jelas, jangan menggunakan kode kombinasi huruf dan angka seperti "asd3749dxsk.com".
Perlu diingat, bio TikTok juga terbatas hanya bisa menampung 80 karakter, itu sudah termasuk spasi, jeda baris, dan emoji. Jadi, tulis bio dengan padat dan jelas, fokus untuk menyajikan informasi penting dan efektif.
Fungsi tautan atau link di bio TikTok Anda adalah untuk mendorong konversi pengunjung jadi pembeli. Jadi, pastikan Anda menambahkan link sesuai dengan tujuan. Jika Anda ingin meningkatkan traffic website, tambahkan link ke laman website atau blog Anda. Jika Anda ingin meningkatkan sales, tambahkan link langsung ke laman produk.
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari