22 Maret 2019 1:02 pm

JNE vs J&T Express, Kurir Mana yang Lebih Bagus?

JNE vs J&T Express, Kurir Mana yang Lebih Bagus?
Pertumbuhan bisnis online atau e-commerce mendatangkan peluang tersendiri bagi jasa ekspedisi. Beberapa tahun lalu, perusahaan ekspedisi umumnya hanya melayani pengiriman barang untuk urusan pribadi atau ritel besar saja, namun kini pengguna jasa mereka kebanyakan adalah pemilik toko online yang berjualan baik di website sendiri maupun di marketplace.
Dari sekian banyaknya perusahaan ekspedisi di tanah air, di antaranya ada beberapa jasa populer pengiriman barang yang bisa mendukung bisnis online. Di antara kurir-kurir tersebut, nama JNE dan J&T Express tentu tidak asing bagi Anda. JNE adalah pemain lama dalam bisnis pengiriman barang. Sedangkan, J&T Express bisa dibilang seperti pemain baru yang dengan cepat menyaingi para senior-seniornya.
Banyak yang mempertanyakan, mana kurir yang lebih baik dan lebih murah, JNE atau J&T Express. Berikut adalah perbandingan untuk membantu Anda memilih jasa ekspedisi terbaik sebagai mitra bisnis Anda.
Waktu operasional Kebanyakan outlet JNE akan melayani pengiriman barang setiap hari Senin-Sabtu pukul 08.00-20.00. Namun, barang yang datang setelah pukul 13.00 biasanya akan disertakan di pengiriman hari berikutnya.
Beberapa kantor cabang JNE di kota-kota besar bahkan membuka layanan selama 24 jam. Sayangnya, agen counter kecil JNE yang tersebar hingga cakupan kecamatan bersifat waralaba atau franchise. Karena itu, pengelolaannya diserahkan kepada masing-masing agen, tidak menutup kemungkinan jika tiba-tiba agen tutup di jam operasionalnya. Berbeda dengan JNE, J&T Express tidak akan menjalin kerja sama waralaba guna memperluas jaringan. Oleh karena itu, semua agen dikelola dari pusat, jam operasionalnya pun sama di setiap cabang. Drop point J&T Express buka setiap hari, termasuk hari Minggu dan hari libur nasional.
Cakupan dan wilayah cabang Dilihat dari jumlah cabang di seluruh Indonesia, JNE lebih unggul daripada J&T Express. Ini karena JNE sudah berdiri cukup lama, tepatnya sejak tahun 1990. Apalagi dengan sistem bisnis franchise, siapapun bisa menjadi agen JNE meski berada jauh di pelosok. Namun, J&T Express yang baru berdiri pada tahun 2015 ini juga masih terus berkembang dan memperluas jangkauannya.
Tarif pengiriman
Ongkos kirim yang lebih mahal atau murah menjadi salah satu bahan pertimbangan pokok ketika memilih layanan ekspedisi. Untuk pengiriman dalam wilayah Jabodetabek, tarif yang dipatok JNE Reguler dan J&T Express tidak jauh berbeda. JNE mematok ongkos Rp 9.000 untuk pengiriman 1-2 hari, sementara J&T Express memasang tarif Rp 10.000 untuk pengiriman 2-4 hari. Namun, jika Anda memilih layanan JNE YES (Yakin Esok Sampai), tarif JNE menjadi Rp 18.000.
Untuk pengiriman antar pulau, seperti dari Cempaka Putih, Jakarta Pusat ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, tarif pengiriman J&T Express lebih murah dari ketiga jenis layanan JNE (OKE / Ongkos Kirim Ekonomis, Reguler, YES), namun dengan estimasi waktu pengiriman yang lebih lama.


Sebaliknya, di contoh lain seperti dari Batam Kota, Kepulauan Riau ke Setiabudi, Jakarta Selatan, ongkos kirim J&T Express lebih mahal dari ketiga jenis layanan JNE (OKE, Reguler, YES).


Semua skema ongkos kirim di atas adalah untuk pengiriman barang dengan berat maksimal 1 kg. Anda boleh mengecek ongkos kirim JNE dan J&T Express dengan mengganti berat barang dan tujuan pengiriman di sini.
Jenis layanan
Hingga saat ini, J&T masih hanya berfokus pada satu jenis layanan pengiriman saja. Namun, selain jasa pengiriman reguler dan ekspres, layanan yang ditawarkan JNE cukup beragam. Seperti jasa antar jemput Air Susu Ibu (ASI) untuk para ibu yang sibuk bekerja, jasa pengiriman uang ke seluruh dunia, dsb.
Aplikasi smartphone
Kedua jasa ekspedisi ini meluncurkan aplikasi untuk memudahkan pelayanan pelanggannya. Aplikasi smartphone untuk J&T Express tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. Sayangnya, aplikasi smartphone JNE hanya tersedia di platform Android saja. Namun tenang saja, tanpa kedua aplikasi ini pun, Anda tetap bisa melakukan pengecekan kode resi pengiriman JNE dan J&T Express serta pengecekan ongkos kirim di browser smartphone.

Layanan jemput paket Selain melalui website dan call center, J&T menyediakan jasa jemput paket di tempat lewat aplikasi. Menariknya, J&T tidak menetapkan tarif atau berat minimum untuk layanan jemput barang ini.
Berbeda dengan layanan jemput dari J&T Express, di layanan JNE PIPO (Pick-Up Point) ini, si penerima barang yang akan menjemput barang kiriman ke agen yang telah ditentukan. Layanan ini ditujukan untuk mereka tidak selalu berada di rumah atau satu titik saja untuk menerima paket.
*** Dari poin-poin di atas, manakah yang lebih bagus, JNE atau J&T Express? Jawabannya tergantung kebutuhan masing-masing individu. Namun yang pasti, popularitas kedua kurir ini membuktikan bahwa keduanya memang penyedia jasa yang terpercaya.

Artikel Terkait:
Ayo buat Website kamu sekarang!