26 Agustus 2018 12:57 pm

9 Jasa Pengiriman Terpopuler di Indonesia

9 Jasa Pengiriman Terpopuler di Indonesia
Seiring dengan perkembangan zaman, perdagangan online semakin merebak. Akibatnya, kebutuhan akan bisnis ekspedisi atau jasa pengiriman barang pun semakin meningkat. Jika dulu yang sering terdengar hanya kurir Pos Indonesia atau TIKI, sekarang, sudah banyak perusahaan jasa pengiriman barang yang lahir di tanah air. Jasa pengiriman ini bisa dilacak di halaman Cek Resi, tarifnya pun bisa dicari tahu di halaman Cek Ongkir.
Sudah tahukah kamu jasa pengiriman apa saja yang tersedia?
1. JNE Express
Para pelaku bisnis online mungkin sudah tidak asing lagi dengan kurir yang satu ini. Sejak didirikan tahun 1990, JNE terus memperluas jaringannya, banyak gerai cabang yang bisa ditemukan. Selain itu JNE juga menawarkan banyak layanan seperti layanan jemput-antar ASI, kirim uang, dokumen penting, dan lainnya.
2. J&T Express
J&T Express adalah perusahaan pengiriman ekspres yang relatif masih muda. Meski baru berdiri sejak 2015, tak butuh waktu lama bagi J&T untuk memperluas jaringan dan bersaing dengan perusahaan logistik yang lebih senior, dengan menerapkan perkembangan teknologi sebagai dasar dari sistemnya, dan mengeksekusi penjemputan yang cepat.
3. POS Indonesia
Badan usaha milik negara (BUMN) yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1746. Saat ini Pos Indonesia tidak hanya melayani jasa pos dan kurir, tetapi juga jasa keuangan, yang didukung oleh titik jaringan sebanyak 4.800 kantor pos dan 58.700 titik layanan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Layanannya pun beragam, selain pengiriman surat dan paket, tersedia juga jasa pengiriman uang, kargo, dan lainnya.
4. TIKI (Titipan Kilat)
Berdiri sejak tahun 1970, TIKI sebagai salah satu perusahaan ekspedisi tertua di Indonesia, masih mampu bersaing dengan menerapkan tarif pengiriman yang kompetitif. Berbagai produk dan layanan pun diluncurkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti Same Day Services, Over Night Services, Holiday Delivery Services, Trucking Service, Jemputan Online, dsb.
5. SiCepat
SiCepat adalah perusahaan ekspedisi meliputi transportasi dan udara yang berdiri sejak tahun 2004. Sesuai dengan namanya, kurir ini selalu berusaha untuk selalu cepat dalam pengiriman. Pihak SiCepat mengklaim bahwa layanan mulai dari 15 jam sampai, dengan tarif regular terutama di wilayah Jabodetabek dan kota besar lainnya di Indonesia telah mencapai target perusahaan yaitu 95%.
6. Wahana
Perusahaan jasa pengiriman ini berdiri sejak 1998, dan mulai mengirimkan paket ke kota-kota besar di seluruh Indonesia sejak tahun 2002. Kini Wahana Logistik memiliki puluhan kantor cabang utama yang tersebar di seluruh Indonesia, Singapura, dan Malaysia.
7. Pahala Express
Pahala Express sudah beroperasi sejak 2008, dan menawarkan berbagai layanan pengiriman, mulai dari yang ekonomis hingga ekspres. Kini, Pahala Express memiliki 29 kantor cabang dan 500 cabang agen yang tersebar di Indonesia.
8. Pandu Logistics
Perusahaan ini didirikan sejak tahun 1992, hingga kini telah ada sebanyak 180 kantor cabang atau agennya yang tersebar di seluruh Indonesia. Berbagai layanan pun ditawarkan, seperti pengiriman ekspres, pergudangan, dan pengiriman internasional.
9. First Logistic
Didirikan pada tahun 2007, perusahaan kurir lokal ini melayani paket pengiriman sampai di hari yang sama (same day services), sampai di hari kerja berikutnya (next day services), dan sampai antara 2-3 hari berikutnya (regular services).
Berdasarkan informasi yang kami himpun dari Google Trends, secara berurutan, kurir pengiriman paket yang paling sering dicari dalam 1 tahun terakhir (Agustus 2017-Agustus 2018) adalah:
  1. JNE Express
  2. J&T Express
  3. TIKI
  4. Pos Indonesia
  5. SiCepat

Grafik pencarian terpopuler
Grafik pencarian terpopuler

Dari sisi pertumbuhan, dalam setahun terakhir JNE Express (warna biru pada grafik) dan J&T Express (warna merah pada grafik) menunjukkan pertumbuhan yang paling signifikan, terutama pada bulan Juni 2018 lalu.
Grafik Pertumbuhan
Grafik Pertumbuhan
Berdasarkan statistik dari Google Trends, kata kunci JNE paling banyak dicari di Kalimantan Utara, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Banten, dan Maluku Utara.

Grafik geografis wilayah terpopuler JNE
Grafik geografis wilayah terpopuler JNE
Sedangkan kata kunci J&T sering dicari di wilayah Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Utara.

Grafik geografis wilayah terpopuler J&T
Grafik geografis wilayah terpopuler J&T
Kelima ekspedisi ini dianggap paling populer karena intensitas pencarian kata kuncinya yang sangat tinggi di search engine Google, dari orang yang melakukan tracking pengiriman atau cek resi, mencari informasi tarif ongkos kirim atau lokasi gerai kurir terdekat.
Di antara beberapa perusahaan pengiriman yang disebutkan di atas, kurir mana saja yang sudah pernah kamu pergunakan?
Hanya dengan Rp 55.000 bisa memiliki Website sendiri!