25 Agustus 2018 9:30 am

Cara Menambahkan Countdown / Penghitung Mundur di Website

Cara Menambahkan Countdown / Penghitung Mundur di Website


Pertama, tentukan dulu kita mau buat countdown di halaman apa. Misalkan kali ini kita mau membuat countdown di halaman Detil Produk, maka sekarang di layout editor, kita pilih salah satu produk di toko kamu. Di layout editornya, klik Tambah Seksi, scroll ke bawah, pilih seksi Countdown.

Menambahkan seksi "Countdown"
Menambahkan seksi "Countdown"
Lalu kita lihat di bagian pratinjau, kamu bisa mengganti tampilannya dengan klik Ubah di bagian (Desain). Yang kita lihat di halaman pratinjau ini adalah desain Circle, tapi kita bisa coba ganti menjadi Digital, atau Full Text. Klik Simpan jika mau diganti, tapi karena saya tidak jadi mengganti desainnya, saya klik Batal.
Kita juga bisa klik Ubah Tema, untuk memilih tema warna yang berbeda, misalkan Colorful atau Night untuk background yang lebih gelap. Kita coba kembali ke Ubah Desain dan pilih desain Digital. Klik Selesai. Di sini kita bisa ganti ukuran font countdownnya dengan cara drag di sini. Klik Selesai.

Mengganti tema tampilan dari seksi Countown
Mengganti tema tampilan dari seksi Countown
Untuk lebih jelas, biasanya, kita tambahkan 1 seksi lagi, pilih Konten Teks. Teksnya bisa kita ganti menjadi "Diskon akan berakhir setelah". Fontnya bisa kita sesuaikan lagi. Klik Selesai. Lalu seksi Countdown dan Teks yang kita baru buat, bisa didrag ke atas. Klik tombol pengaturan Countdown, lalu ke pengaturan Wadah. Besarnya Ruang Pengisi atau Paddingnya bisa kita atur dengan cara di-drag di sini. Lalu kita kembali ke pengaturan Konten. Kita sekarang lihat pratinjau halaman Detil Produk kita, seperti ini tampilannya setelah adanya elemen Countdown.
Kita juga bisa lakukan penyetelan terhadap Tipe Target. Di sini ada beberapa pilihan, kita coba pilihan Tanggal dulu. Kita bisa atur, countdown diskon berakhirnya sampai tanggal berapa dan pukul berapa.
Nah, sekarang kalau kita pilih tipe target Jam & Menit, kita hanya bisa menyetel countdown diskon berakhirnya sampai pukul berapa, di hari yang sama. Misalkan kita pilih pukul 18:25, artinya diskonnya akan berakhir di pukul 18:25 di hari yang sama. Jika sudah lewat dari jam yang ditentukan, sistem akan otomatis menghitung mundur lagi ke jam yang sama, keesokan harinya. Kita coba ganti waktu selesainya jadi 16:25, di mana sekarang sudah pukul 16:28. Kita bisa lihat di bagian pratinjau, ini countdownnya otomatis menghitung mundur sampai jam 16:25 keesokan harinya, yang kurang lebih masih ada 23 jam 56 menit lagi.
Sekarang, kita pilih tipe target Diskon. Di pengaturan ini, sistem akan menghitung mundur waktu selesai dari suatu program diskon. (Namun kamu sebelumnya harus membuat diskonnya terlebih dahulu
Sekarang, kita kembali lagi ke halaman Detil Produk tadi, tepatnya ke pengaturan Tipe Target Diskon. Nah di pilihan Diskonnya, sudah muncul Diskon Besar yang tadi kita sudah buat. Kita lihat di bagian pratinjau, countdownnya sudah menghitung mundur diskon yang akan berakhir 32 hari lagi sejak video ini dibuat, sesuai dengan tanggal yang tadi sudah kita tetapkan.
Untuk meninjau bagaimana tampilan countdownnya setelah diskon berakhir, kita tinggal klik Tinjau Dalam Kondisi "Sudah Selesai". Tampilannya seperti ini, tapi kita bisa ubah, di pengaturan Selesai. Kita lalu tinjau dalam kondisi Sudah Selesai. Teksnya kita bisa ganti menjadi, "Maaf, diskon sudah berakhir". Format teksnya bisa diubah sesuai keinginan. Klik Selesai. Simpan.
Lalu coba Kunjungi Toko. Klik salah satu produk di toko kamu, nah seperti inilah tampilan countdown atau hitung mundur program diskon.
Hanya dengan Rp 55.000 bisa memiliki Website sendiri!