1 September 2018 3:19 pm

Istilah Pengiriman Barang J&T Express yang Wajib Diketahui

Istilah Pengiriman Barang J&T Express yang Wajib Diketahui
Fitur untuk melacak status pengiriman paket Anda dengan cek nomor resi di website sudah menjadi layanan standar yang disediakan perusahaan ekspedisi, termasuk J&T Express. Namun, ketika melakukan pelacakan nomor resi, terkadang kita menemukan beberapa istilah pengiriman barang yang kurang dipahami. Untuk itu, kami sudah mengkompilasi istilah yang sering ditemukan ketika melakukan pengecekan resi J&T Express. Berbeda dengan JNE, istilah status paket J&T Express semuanya ditulis dalam Bahasa Indonesia.


Istilah
Penjelasan
PAKET SUDAH DITERIMA

PAKET SUDAH SAMPAI TUJUAN

GATEWAY
Istilah ini menunjukkan kode lokasi, dengan format (KODEKOTA_GATEWAY). Contohnya, SUB_GATEWAY yang berarti paket sedang berada di Surabaya sebagai gudang J&T Express. Paket kiriman di gudang ini akan disortir sebelum diteruskan.

J&T menggunakan daftar kode bandara di Indonesia sebagai referensi Gateway atau gudang porses sortir mereka.
SPRINTER / SPRINTER SEDANG MENGIRIM
Dalam sistem J&T, Sprinter artinya kurir. Ini artinya paket telah tiba di Drop Point J&T daerah tujuan dan sedang dalam proses pengantaran oleh Sprinter. Nama Sprinter-nya juga akan tertera dalam hasil cek resi.
BERMASALAH
Status bahwa ada terjadi masalah dalam pengiriman. Beberapa masalah yang mungkin terjadi adalah alamat yang tertera salah, atau Sprinter belum menemukan alamat tujuan.
SIMPAN
Informasi bahwa paket kamu tidak memungkinkan untuk diantarkan saat itu juga, biasanya karena kendala waktu dan jarak, sehingga harus disimpan dulu di cabangnya (Drop Point).
SCAN
Menginformasikan bahwa paket telah diproses dan diupdate statusnya.
SEDANG MENJALANKAN SIMPAN SCAN
Paket telah tiba di Drop Point J&T namun belum dapat langsung diproses karena di luar jam kerja atau Sprinter sedang overload antaran sehingga paket disimpan sementara dan baru akan diproses keesokan harinya.
SEDANG MENJALANKAN BERMASALAH SCAN
Paket telah tiba di Drop Point J&T, tetapi belum dapat diproses karena adanya masalah internal maupun eksternal. Biasanya masalahnya adalah sistem error, alamat tidak jelas, paket berisi barang yang dilarang oleh hukum, paket tercecer di gudang atau paket salah drop dalam proses sorting, dll.
INVALID AIRWAY BILL
Istilah ini muncul jika nomor resi yang kamu masukkan salah, atau server tracking J&T Express sedang mengalami gangguan (down). Jika server sedang down, kode resi tidak akan berhasil dilacak baik lewat website desktop, browser smartphone, maupun aplikasi pihak ketiga.
SUDAH DITERIMA
Paket sudah sampai di tujuan dan diserahkan kepada penerima


Hanya dengan Rp 55.000 bisa memiliki Website sendiri!