26 Agustus 2018 2:55 pm

Menyetel Metode Pembayaran Bank Transfer di Berdu.id

Menyetel Metode Pembayaran Bank Transfer di Berdu.id


Website toko online tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai macam metode pembayaran, seperti kartu kredit, PayPal, maupun transfer bank. Melalui platform Berdu.id, kamu bisa menyetel metode pembayaran transfer bank di tokomu. Bagaimana caranya?
Di sidebar kiri homepage admin toko kamu, klik Pengaturan >> Pembayaran. Tambahkan metode pembayaran baru dengan mengklik Metode Baru di sebelah kanan atas. Pilih Tambah Metode Bank Transfer.

Menambah metode pembayaran baru
Menambah metode pembayaran baru
Pilih bank penerima pembayaran dari daftar yang sudah ada. Pilihan bank lokal yang tersedia antara lain: Bank Mega, BCA, BNI, BRI, CIMB Niaga, Bank Danamon, Go-Pay, Bank Mandiri, MayBank, MNC, dan Bank Permata.

Lalu, tulis nama lengkap penerima dana sesuai dengan nama di rekening, beserta nomor rekening bank penerima dana. Kamu bisa menambahkan beberapa bank lokal lainnya dengan mengklik + Bank Lokal, atau + Bank Lain menambahkan bank yang namanya belum terdaftar dalam pilihan bank yang sudah ada. Tentunya, kamu juga bisa mengupload logo banknya. Klik tanda silang (X) untuk menghapus nomor rekening bank.
Contoh pengaturan bank tranfser
Contoh pengaturan bank tranfser
Di bagian Instruksi, kamu bisa menuliskan pesan yang akan muncul di halaman Checkout, ketika pembeli sudah memilih metode pembayaran transfer bank. Instruksinya bisa kita ganti, contohnya menjadi "Pembayaran hanya akan dikonfirmasi di hari Senin sampai Jumat, jam 8 pagi hingga jam 4 sore".
Selanjutnya, bagi pengguna Paket Bisnis, kita juga bisa atur Kode Unik Pembayaran. Kode unik adalah nominal yang sudah ditambahkan ke 3 digit terakhir pada "Jumlah Bayar". Centang Aktif untuk mengaktivasi kode unik pembayaran. Di pengaturan Jumlah Maksimal ini, kita bisa mengatur nominal tertinggi kode unik, misalkan di sini jumlahnya 100 rupiah, maka artinya kode unik pembayaran yang di-generate, tidak akan melebihi Rp 100. Nominalnya bisa kita ganti jadi berapapun. Nah, jika tadi kode unik pembayarannya berupa penambahan nominal, kita juga bisa atur kode unik pembayaran yang berupa pengurangan ke nominal pembayaran. Artinya, nanti jumlah pembayaran akan dikurangi maksimal Rp 100 pada saat checkout. Klik Simpan.
Untuk melihat hasilnya, kita bisa coba mengunjungi toko kita, caranya kembali ke Dashboard, klik Kunjungi Toko. Lalu pilih salah satu produk, dan langsung ke Checkout dengan membeli produknya. Isi informasi pembeli, klik Lanjutkan. Pilih salah satu metode pengiriman, klik Lanjutkan.

Di bagian Metode Pembayaran, sudah ada metode bank transfer, lengkap dengan instruksi dan informasi rekening bank penerima dananya. Klik Selesaikan Order.
Metode pembayaran bank transfer tertera di halaman checkout
Metode pembayaran bank transfer tertera di halaman checkout
Kode uniknya sudah muncul di invoice, kali ini kode uniknya berupa pengurangan sebesar Rp 26. Selain itu, di halaman invoice juga akan muncul instruksi dan informasi rekening bank penerima dana. Klik Konfirmasi Pembayaran. Di halaman ini, rekening bank yang sudah kita input tadi akan muncul di pilihan "Ditransfer Ke".
Data bank transfer ada di bawah halaman invoice
Data bank transfer ada di bawah halaman invoice

Hanya dengan Rp 55.000 bisa memiliki Website sendiri!