26 Maret 2024 2:02 pm

7 Langkah Membuat Blog (Mudah untuk Pemula)

7 Langkah Membuat Blog (Mudah untuk Pemula)
Blogging atau membuat blog masih jadi salah satu pilihan yang tepat, entah bagi Anda pebisnis yang ingin menjual lebih banyak produk/layanan, atau bagi Anda yang mencari cara untuk menghasilkan uang tambahan dari rumah.
Saat ini, data membuktikan bahwa blog masih dibaca oleh banyak orang. Mereka menjelajahi internet, mencari informasi tentang cara mengganti oli mobil atau cara membuat karya seni mandiri. Kemudian, setelah yakin dengan hasil pencarian, mereka akan membeli produk atau layanan yang terkait dengan topik tersebut.
Informasi-informasi yang dibutuhkan banyak orang tersebut tentu ditulis dan diunggah dalam bentuk blog. Di era foto dan video, blog masih terbukti efektif untuk menjawab pencarian orang. Karena itulah masih banyak orang yang terjun ke dunia blogging.
Nah paling tidak ada tujuh langkah membuat blog yang bisa Anda coba untuk memulai. Sekarang membuat dan mem-publish blog sudah jauh lebih mudah dari beberapa tahun lalu, yuk disimak!

1. Membuat nama blog


Ilustrasi blogging
Gambar: searchenginejournal.com
Ilustrasi blogging Gambar: searchenginejournal.com

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam cara memulai blog adalah membeli nama domain. Sampai beberapa tahun yang lalu, blogger hanya memiliki pilihan ekstensi web yang terbatas, umumnya .com, .net dan .org. Sekarang Anda benar-benar bisa mendapatkan ekstensi .blog untuk alamat web Anda.
Pilihan ekstensi lain pun masih banyak. Intinya, Anda harus memilih ekstensi domain yang jelas dan merepresentasikan blog Anda. Memilih nama domain blog sebaiknya mengikuti beberapa tips berikut ini:
  • Pilih nama domain yang mudah diingat dan diketik.
  • Nama domain sebaiknya tetap pendek.
  • Hindari angka dan tanda hubung.

Jika sudah menentukan pilihan, Anda perlu membeli domain tersebut dan mendaftarkannya. Ingat, nama domain adalah properti digital pribadi yang harus dijaga, sebuah aset.

2. Memilih platform blog


Ada banyak pilihan platform blog di luar sana, pastikan Anda memilih platform yang mendukung pengoperasian untuk awam dan memberikan layanan dukungan lanjutan jika Anda mengalami kesulitan. Selain itu, Anda juga bisa melihat opsi plugin dan ekstensi yang disediakan, fitur-fitur itu bisa membuat blog Anda jadi terlihat lebih indah.
Berdu bisa membantu Anda membuat blog dengan mudah. Menariknya, Anda tidak perlu memahami pemrograman untuk mengoperasikannya, ramah untuk awam. Ada beberapa jenis paket yang tersedia, bisa disesuaikan dengan bujet Anda.
Memang saat ini ada banyak platform blogging gratis atau murah yang dapat Anda pilih, tapi Anda harus berhati-hati jika memutuskan untuk menggunakan platform yang kurang tepercaya.
Beberapa platform gratis telah meningkatkan kustomisasi mereka, tapi tetap saja lebih sulit mengoperasikannya. Fleksibilitas dan dukungan customer service jadi keunggulan Berdu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Memilih web hosting


Ilustrasi web hosting
Gambar: dribbble
Ilustrasi web hosting Gambar: dribbble

Web hosting pada dasarnya adalah layanan yang diperlukan untuk menerbitkan website atau blog Anda di internet. Tanpa web hosting, blog Anda tidak akan bisa ditemukan orang lain, apalagi postingan blog Anda.
Hosting biasanya berjalan dalam server yang dimiliki oleh perusahaan web hosting dan blog Anda hanya menempati sedikit ruang di server tersebut. Anda perlu memastikan blog Anda aktif dan bisa ditemukan oleh pengguna internet lainnya.
Sebaiknya pilih hosting berbayar sejak awal. Ada banyak pilihan web hosting yang tersedia, lakukan riset kecil-kecilan dan pilih yang terbaik untuk Anda. Pastikan juga bujet Anda sesuai.

4. Menghubungkan nama domain ke blog


Perusahaan hosting mana pun yang Anda pilih biasanya akan menyediakan panduan cara menghubungkan domain Anda ke blog. Langkah ini seharusnya mudah, tidak membutuhkan keahlian khusus atau pengetahuan khusus.
Karena itu, bisa jadi pertanda buruk jika hosting pilihan Anda tidak menyediakan panduan sederhana tersebut. Ini juga bisa jadi salah satu indikator hosting yang tepercaya.

5. Mendesain blog


Inspirasi desain blog
Gambar: pinimg
Inspirasi desain blog Gambar: pinimg

Tahap berikutnya adalah untuk mewujudkan imajinasi Anda, mendesain blog. Mungkin Anda sudah punya gambaran soal penampakan blog sejak awal, bahkan sebelum mulai membuatnya.
Anda juga bisa menentukan pilihan tema website. Pilih tema yang sesuai dengan tulisan Anda, jangan terlalu menyimpang. Tulisan yang santai mungkin lebih cocok menggunakan tema yang santai, non-formal. Demikian pula sebaliknya.
Anda juga perlu mulai melakukan branding. Mulai dengan yang sederhana, seperti logo. Logo adalah elemen branding penting yang membuat blog Anda jadi lebih menonjol. Setelah itu, pilih tema yang cocok.
Tema blog umumnya juga berpengaruh terhadap tampilan blog Anda, mulai dari gaya dan tata letak menu. Ada ratusan tema gratis dan berbayar yang bisa Anda pilih.
Plugin berperan sebagai upgrade atau fitur tambahan untuk blog Anda. Anda bisa menemukan banyak plugin gratis. Lakukan riset sebelum menggunakan plugin tersebut. Pastikan plugin tersebut memiliki ulasan bagus dari pengguna lainnya.

6. Publikasikan postingan pertama Anda


Tidak perlu terlalu rumit, postingan pertama adalah bukti kerja keras Anda sudah memberikan hasil. Bisa saja Anda membuat postingan selamat datang untuk menyambut pembaca di kemudian hari, bisa juga menjelaskan alasan Anda membuat blog tersebut.
Gaya menulis blog juga bebas, sesuaikan dengan tema dan topik blog Anda. Anda tidak perlu bingung mencari cara menulis yang baik, bayangkan saja Anda sedang bercerita kepada teman tentang hal baru yang Anda mulai.
Nantinya, pembaca Anda akan semakin mengenal dan menyukai Anda, jadi tak perlu mengubah gaya bahasa atau berpura-pura menjadi orang lain. Tulislah dengan gaya bahasa yang natural. Gaya menulis demikian juga akan membuat blog Anda berbeda dari yang lain.

7. Promosikan blog Anda dan terus menulis


Ilustrasi menulis blog
Gambar: grammarly
Ilustrasi menulis blog Gambar: grammarly

Setelah mulai membuat postingan pertama, tantangan berikutnya adalah untuk konsisten mengisi blog. Anda bisa saja mengubah hobi menjadi bisnis. Saat ini, blogging juga bisa menghasilkan uang. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

Hubungkan blog dan media sosial


Media sosial adalah cara yang efektif untuk berbagi dan mempromosikan postingan blog terbaru Anda. Anda bisa terhubung dengan pembaca atau followers, mendapatkan ide topik yang mereka suka, dan berbagi berita secara instan dalam format yang banyak dilihat.
Jangan hanya menggunakan media sosial hanya untuk menyebarkan konten. Jika demikian, engagement Anda mungkin akan rendah. Jadi, cobalah berinteraksi dengan followers, sesederhana dengan saling berbalas komentar.

Jalin interaksi dengan pembaca


Temukan grup yang memiliki minat sama dengan blog Anda dan jalin hubungan dengan mereka sebelum Anda mulai membagikan konten. Ambil langkah lebih dahulu, kenalkan diri Anda, mulai berinteraksi, baru setelahnya Anda bisa membagikan blog Anda.

Mulai tambahkan foto/video ke blog


Blogger yang menggunakan video dalam strategi konten mereka umumnya bisa mendapatkan traffic lebih banyak. Tetaplah menulis postingan blog untuk SEO, tetapi ubah konten tersebut menjadi video yang bisa Anda tambahkan ke YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Langkah ini tidak hanya membantu Anda menemukan pembaca baru, tetapi juga membuat Anda lebih menonjol saat menjalin kerja sama dengan pihak lain.
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari