5 Maret 2017 5:00 pm

Ahli SEO Yang Kita Bayar Ternyata Malah Merusak Ranking Kita

Ahli SEO Yang Kita Bayar Ternyata Malah Merusak Ranking Kita
Pertimbangkan ini sebagai peringatan, perusahaan SEO yang kamu bayar ternyata pada umumnya malah menyakiti ranking kamu.

Kita tahu banyak UKM yang telah menempatkan kepercayaan mereka pada agensi ahli SEO, hanya untuk menemukan ranking toko online mereka di Google hancur karena strategi SEO yang tidak etis. Kami di Berdu.id telah melihat perjuangan banyak startup yang telah menghabiskan menghabiskan puluhan juta rupiah untuk mencoba meroket di ranking Google, kemudian menyadari bahwa mereka telah tertipu oleh ahli SEO mereka.

Kami Berdu.id tidak ingin hal itu terjadi pada klien kami. Dan kami tidak ingin klien kami membuang-buang uang dan waktu mereka hanya untuk merusak ranking toko online mereka. Maka dari itu kami di sini menulis artikel ini sehingga semua orang dapat mengetahui apakah ahli SEO yang telah mereka percayai sebenarnya melakukan pekerjaannya baik atau hanya merugikan.

Tanda-tanda Mereka Melakukannya Pekerjaannya Dengan Tidak benar

Jadi kita menyewa agen SEO. Apa yang harus kita lakukan setelahnya? Apa kita harus mempercayai mereka dengan semua hal di segi SEO, dan hanya berharap peringkat kita naik karena sihir SEO mereka yang tidak kita mengerti?

Tidak.

Sebaliknya, kita harus mencari tahu apa yang mereka lakukan, terutama selama beberapa bulan pertama kontrak mereka. Semakin kita dapat mengetahui apa yang mereka lakukan, semakin besar kesempatan kita memiliki menentukan apakah mereka membantu atau merugikan toko online kita.

Berikut adalah tanda-tanda alarm untuk menemukan agensi SEO yang bermasalah.

1. Mereka Tidak Punya Data Yang Bisa Diberikan

Agensi SEO bukan hanya harus memiliki sesuatu untuk menunjukkan pertumbuhan yang telah mereka buat, tapi juga harus memberi tahu kita hal apa yang mereka lakukan demi menaikan peringkat.

Semua karena di 1-4 bulan awal kontrak mungkin terlalu dini untuk melihat hasil SEO yang signifikan, sehingga tidak kadang sangat sulit untuk melihat pertumbuhan.

Namun, kita memiliki hak untuk meminta kejelasan lebih detil tentang apa yang kita sudah bayar.

Berikut adalah beberapa hal yang agensi SEO dapat perlihatkan ke kita di beberapa minggu pertama:
  • Audit SEO dari website
  • Analisis profil link
  • Pengoptimalan konten lama
  • Artikel dengan link ke website kita yang sedang atau telah dipublikasikan di website lain

2. Mereka Tidak Meminta Kita Untuk Melakukan Apapun.

Agensi SEO yang baik tidak bisa bekerja sendiri, dia tetap membutuhkan bantuan kita, karena kita adalah pemilik websitenya, sehingga mereka mungkin meminta kita untuk melakukan hal berikut:
  • Memberikan akses admin ke blog/CMS kita
  • Memberikan akses admin ke Google Analytics
  • Memberikan akses ke Google Webmaster Tools
  • Memberikan akses ke akun sosial
  • Daftar kata kunci yang kita mau beranking tinggi
  • Sejarah audit, penalti dari Google, hasil dan data dari agensi SEO sebelumnya

Jika mereka tidak meminta apa-apa, besar kemungkinan mereka hanya menambahkan backlink dari jaringan blog mereka yang kemungkinan telah dilihat sebagai spam oleh Google. Dan jika mereka tidak membutuhkan akses apa-apa dari alat-alat untuk mengelola website kita, besar kemungkinan bahwa mereka melakukan tindakan yang berpotensi membahayakan ranking kita.

3. Mereka Tidak Memiliki Saran Untuk Kita Melakukan Perbaikan

Jika ahli SEO tidak meminta kita atau memberitahu kita untuk melakukan hal-hal tertentu, itu adalah pertanda bahwa mereka merencanakan sesuatu yang mencurigakan atau bahkan mereka sengaja tidak bekerja sekali.

Ahli SEO yang buruk sering hanya akan membuat linkbacks yang tidak berkualitas yang akan menunjuk website kita. Mereka berharap bahwa upaya mereka yang rendah ini akan menghasilkan hasil yang besar. Mereka tidak tertarik berinteraksi dengan klien mereka, sebaliknya, mereka hanya ingin memberikan sesuatu yang akan membuat kita berpikir bahwa kita telah mendapatkan manfaat.

Agensi SEO terbaik melihat hubungan mereka dengan kita sebagai kerjasama. Mereka melihat untuk kita bisa sukses, kita harus bekerja dengan mereka. Hal ini membuat mereka memiliki rekomendasi-rekomendasi untuk mengoptimalkan ranking kita.

4. Mereka Tidak Dapat Berbagi Apa Teknik Yang Mereka Gunakan

Kita perlu tahu hal seperti apa ahli SEO kita lakukan, dan cara satu-satunya adalah bertanya ke mereka.

"Jadi, apa tepatnya yang kalian lakukan?"

Apa tanggapan pertanyaan tersebut akan memberikan sinyal jelas tentang apakan ahli SEO kita hanya menipu kita, beberapa ini contoh jawaban ahli SEO yang abal-abal:
  • "Sebagai sebuah perusahaan SEO, upaya kami atas nama kita harus tetap rahasia."
  • "Karena sifat industri, kita tidak diizinkan untuk mengungkapkan praktik kami."
  • "Yah, kita melakukan berbagai hal, tetapi pada dasarnya melibatkan mengoptimalkan website kita untuk mesin pencari."
  • "Oh, banyak hal. Ini akan terlalu lama untuk dijelaskan."
Jawabannya tidak akan sama persis, tapi kita tahu kira-kira jika agensi SEO berusaha menutupi cara-cara mereka, mereka layak dicurigai.

Dan jika kamu mendapatkan yang menutup-nutupi, kami sarankan segera berhentikan kontrak secepat yang kamu bisa. Ahli SEO yang menggunakan praktek topi putih sudah diterima dapat menaikan ranking secara sah dan terbukti untuk mendapatkan hasil, dan cara-caranya tidaklah rahasia karena mengikuti pedoman yang Google telah berikan atau sarankan. Jika agensi SEO kita melakukan hal-hal itu, akan bisa menjelaskannya tanpa perlu menutup-nutupi.

Jika mereka tidak bisa, kita telah berinvestasi di penipuan. Segera beritahu mereka untuk pergi.

5. Kita Mendapatkan Penalti Manual

Penalti manual adalah salah satu hal terburuk yang bisa terjadi ke website kita.

Website menerima hukuman manual dari Google
Website menerima hukuman manual dari Google

Kita akan tahu bahwa kita menerima penalti manual, jika kita mendapatkan pemberitahuan pesan email atau pesan di Google Search Console.

Jika kita menerima penalti manual satu atau dua bulan setelah bekerja dengan suatu ahli SEO, kita memiliki hak untuk curiga terhadap mereka.

Jelas, kita tidak perlu langsung memecat mereka segera. Hanya karena kita mendapatkan penalti manual, hal ini tidak berarti adalah kesalahan mereka. (Tapi besar kemungkinannya).

6. Peringkat Kita Drop.


Kami di Berdu.id sangat menyarankan kamu mengawasi peringkat kamu (tapi jangan sampai terobsesi dengan mereka). Jika kita melihat bahwa peringkat kita terus menurun, maka ahli SEO kita mungkin melakukan tindakan yang membuat website kita terkena penalti secara algoritma.

Setelah menemukan hal ini kita perlu langsung mencari tahu telah mereka lakukan, untuk mencari bau-bau yang mencurigakan. Dan jika menemukannya langsung menghentikannya.

7. Penurunan Taffic

Traffic yang turun secara tiba-tiba, seperti karena kehilangan ranking, bisa menjadi tanda penalti algoritmik.

Penurunan traffic yang dilihat dari Google Analytic
Penurunan traffic yang dilihat dari Google Analytic

Penurunan traffik

Ini adalah hal yang buruk untuk bisnis kita.

Dan ini mungkin bisa menjadi kesalahan ahli SEO kita. Setelah menemukan hal ini kita wajar untuk curiga, dan kita harus mulai bertanya.
  1. Apakah telah terjadi di luar dari website kita, seperti perubahan algoritma Google yang bisa membuat kita mengalami penurunan traffic.
  2. Menentukan apa perubahan yang dilakukan ke website kita pada hari-hari dan minggu-minggu menjelang penurunan.
  3. Gambaran yang akurat tentang apa tindakan offsite yang diambil oleh ahli SEO kita

8. Kita Berperingkat Untuk Keywords Yang Salah


Kita sudah tahu apa target keywrods yang kita inginkan. Untuk memiliki gagasan keywords apa yang orang pakai untuk meneumkan website kita, kita bisa gunakan Google Analytics. Untuk melihat analisis ini, arahkan ke Akuisisi → Kata Kunci → Organik.

Akusisi kata kunci organik
Akusisi kata kunci organik

Jika kata kunci organik kita berubah secara signifikan, berhati-hatilah. Jika kita mulai mendapatkan lalu lintas dari kata kunci yang salah, itu terjadi karena suatu alasan. Atau, jika kita berhenti peringkat untuk kata kunci peringkat sebelumnya tinggi, ini juga bermasalah.

Tujuan kita dalam melihat traffic kita adalah untuk melihat apakah hasil SEO sesuai dengan target. Jika, traffic yang berasal dari query yang aneh atau mencurigakan, maka itu bisa tanda kerja dari ahli SEO yang ceroboh.

List kata kunci ranking kita di Google Analytic
List kata kunci ranking kita di Google Analytic



Daftar domain yang memiliki backlink ke website kita di Google Webmaster
Daftar domain yang memiliki backlink ke website kita di Google Webmaster

Profil link adalah salah satu hal yang harus kita selalu perhatikan. Profil link kita adalah sinyal untuk Google memberikan ranking website kita.

Jika profil link kita kacau, website kita akan berada di dalam kesulitan.

Bagaimana tahu profil link yang kacau? Profil link kacau ketika website kita menerima terlalu banyak backink yang website yang berbau spam atau yang mencurigakan.

Berikut adalah contoh utama:
  • Backlink yang berasal dari website yang isinya beda ketegori dengan kita
  • Backlink dari website yang berbeda dengan bahasa yang berbeda dengan website kita.

Jika kita mulai melihat backlink seperti ini, hal ini bisa menjadi tanda bahwa SEO kita menargetkan website kita dengan banyak backlink secara acak.u Hal ini walau dimaksudkan untuk menambahkan otoritas untuk website kita, tapi backlink seperti ini hanya akan mendevaluasi website kita.

Teknik penyemprotan website dengan banyak backlink yang tidak berkualitas, dalam beberapa kasus yang telah terjadi, akan menyebabkan lonjakan sementara di ranking dan traffic. Dan dalam hitungan minggu atau bulan, akan jatuh ke peringkat yang jauh dari peringkat awal kita, karena terkena penalti algoritmik setelah update dari Google.

Berikan daftar link-link mencurigakan ke agen SEO kita, dan tanya mereka jika mereka tahu dari mana link-link ini berasal. Mungkin kita tidak akan menerima jawaban yang jujur, tapi apapun yang terjadi, kita sekarang memiliki tugas untuk pembersihan diri dari backlink-backlink sampah ini.

10. Kita Anchor Teks Yang Terlalu Dioptimalkan Dari Linkbacks.


Sekarang anchor teks yang terlalu dioptimalkan adalah dosa besar untuk melakukan SEO. Update Penguin Google pada bulan April 2012 berhasil menghukum 3,1% dari semua website yang menunjukkan tanda-tanda anchor text yang dioptimasi.

Anchor yang dioptimalkan terdiri dari anchor text yang terdiri dari kata kunci kunci sangat terbatas dan tidak unik.

Sebagai contoh, katakanlah website kita adalah . dan kita mencoba untuk berperingkat untuk "print baju murah", dan semua backlink yang kita buat mempunyai teks yang sama, yakni "print baju murah".

Itu merupakan contoh dasar dari anchor teks yang terlalu dioptimasi.

Jika berdasarkan penelitian profil link kita, kita menemukan bahwa website kita mendapatkan sejumlah besar link yang dioptimalkan tersebut, maka hal ini bisa jadi merupakan karya licik dari ahli SEO kita yang berupaya untuk menipu Google.

Berikut ini adalah proses yang umumnya terjadi:
  1. Skenario: baclink yang website kita miliki sedikit atau tidak ada satupun anchor text yang sesuai dengan keyword yang kita mau ranking.
  2. Kita kontrak satu agensi SEO, dan memberikan daftar keyword target yang kita mau.
  3. Beberapa minggu kemudian, profil link kita memiliki banyak anchor text yang sama dan mirip, dan anchor text kita tersebut mirip ataup bahkan sama persis dengan yang kita berikan ke agen SEO kita.

Hal ini akan membawa website kita meluncur ke penalti besar, dan hal ini adalah kesalahan agensi SEO yang kita bayar.

Agensi SEO Yang Membantu Kita

Jangan putus harapan, masih ada beberapa ahli SEO yang baik di luar sana. Kami di Berdu.id berharap bahwa kamu bisa bekerja dengan salah satu dari mereka. Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang cukup menyakinkan bahwa mitra SEO kita adalah ahli SEO yang yang baik.

1. Mereka Memiliki Hasil Hang Bisa Diperlihatkan.

Sebuah perusahaan SEO berkualitas akan menunjukkan kepada kita apa yang mereka telah lakukan. Mereka mungkin tidak dapat menampilkan hasil secara terlalu spesifik, tetapi setidaknya mereka bisa memberikan gambaran bukti dari segala sesuatu yang telah mereka lakukan.

Misalnya, mereka mungkin menunjukkan hal berikut:
  • Website yang yang memiliki backlink dofollow ke website kita
  • Audit dari website, homepage, konten, atau profil link kita
  • Konten baru untuk website kita, atau perubahan konten yang sudah ada
  • Laporan mingguan atau bulanan, yang juga menampilkan pekerjaan yang mereka lakukan di saat itu dan di mana peringkat website kita

Ahli SEO terbaik pun tidak bisa melambaikan tongkat sihir untuk meningkatkan peringkat semaunya, akan tetapi, mereka dapat melakukan hal-hal yang akan sangat membantu. Jika mereka menunjukkan dengan tepat apa yang mereka lakukan, itu pertanda mereka adalah ahli SEO yang bisa dipercaya.

2. Mereka Memiliki Rekomendasi Untuk Kita Melakukan Perbaikan.

Tidak ada ahli SEO apapun yang dapat membantu kita tanpa meminta ikut campur kita, si pemilik website. (Ini adalah fakta yang harus kita sadari dan ingat seumur hidup)

Jika mereka merekomendasikan untuk kita melakukan hal-hal tertentu, ini memberitahu kita bahwa agensi SEO tersebut ingin bekerjasama dan menganggap kita sebagai mitra kerja. Jika kita memenuhi permintaan mereka, kemungkinan besar kita akan melihat pertambahan ranking yang kita harapkan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang ahli SEO berkualitas dapat rekomendasikan:
  • Mulai dari media sosial - Facebook, Twitter, YouTube, Google+, LinkedIn, dll
  • Mengintegrasikan website dan media social
  • Meluncurkan rencana pemasaran dan distribusi konten
  • Memulai sebuah blog
  • Menambahkan konten ke website kita
  • Mengintegrasikan link internal ke konten yang ada
  • Mengoptimalkan semua konten website
  • Menambahkan alt tag pada gambar
  • Mencari link yang rusak
  • Menghapus konten yang berisi spam

Dan list dibawah adalah untuk mereka yang bukan klien di Berdu.id (karena kami sudah otomatis mengoptimalkannya untuk klien kami)
  • Membuat sitemap.xml yang memungkinkan Google merangkak bagian lain dari website
  • Ubah robots.txt kita untuk tidak menganggu crawler
  • Membuat RSS agar pembaca yang menggunakan RSS aggregator dapat menemukan konten kita
  • Meningkatkan kecepatan website dengan cache

Ketika agensi SEO kita membuat rekomendasi tersebut, mereka bukan bermaksud untuk menawarkan jasa lain atau layanan tambahan. Tentu layanan seperti audit, konten, dll akan tetap memiliki biaya. Tapi ini bukan uang yang harus kita bayar pada bagian kita, karena pada umumnya jasa SEO yang kita bayar sudah termasuk pelayanan-pelayanan ini.

Kami di Berdu.id bahkan sudah pernah melihat agensi SEO yang bahkan memecat kliennya, jika klien itu terlalu bandel dan tidak mematuhi apa yang mereka rekomendasikan. Kedengarannya kasar, tapi itu adalah tanda pasti bahwa agensi tersebut tersebut melakukan hal dengan benar dengan kualitas yang dijaga.

3. Peringkat Kita Membaik Dan Tetap Stabil.

Ah, peringkat! Semua orang suka berbicara tentang peringkat, dan semua orang suka melihat perbaikan peringkat. Jika agen SEO kita membuat peringkat yang naik, dan stabil di tempat itu selama beberapa bulan, maka kita mungkin telah memerikan kepercayaan di tangan yang baik.

Berikut adalah tanda-tanda naiknya peringkat yang sah dan dapat dipercaya:
  • Website kita berperingkat untuk kata kunci target kita
  • Website kita berperingkat di halaman pertama Google
  • Website kita peringkat untuk berbagai kata kunci yang panjang
  • Peringkat kita tetap konsisten. Pergeseran beberapa posisi atas dan bawah pada setiap minggu adalah normal karena Google Dance. Tapi jatuhnya posisi hari demi hari dan selama beberapa hari pada suatu waktu tidak baik.

4. Traffic Menurun, Tapi Penjualan Naik.

Dalam beberapa kasus, kita dapat bekerja dengan agen SEO, dan kemudian melihat penurunan lalu lintas kita.

Apakah ini adalah satu kegagalan? Ya, tetapi hanya jika penjualan kita turun. Ada kemungkinan bahwa agen SEO telah menfokuskan SEO kita untuk traffic yang berkualitas, jadi wajar saja kenaikan kualitas ini akan malah membawa traffic yang lebih sedikit.

Dengan memahami ini, kita harus paham bahwa, tujuan kita adalah banyak traffic yang bisa memenuhi target, bukan hanya traffic yang banyak tapi tidak berarti dan hanya membuang bandwidth. Hal ini akan terlihat dengan penurunan traffic yang diiringi oleh peningkatan penjualan.

Perlu diingat traffic berkualitas berasal dari:
  1. Longtail keyword yang tepat (kata pencarian yang panjang yang tepat)
  2. Audiens yang tepat

Lalu lintas semacam ini lebih mungkin untuk menjadikan prospek kita menjadi pelanggan. Dan hasilnya kita mendapatkan lebih banyak konversi dan uang dari pengunjung yang lebih sedikit.

Hal Yang Kita Harus Lakukan Ketika Membayar Agensi SEO

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan baik ketika sedang bekerja dengan agensi SEO abal-abal atau agensi SEO yang legit.

1. Sabar

Apakah kita telah bekerja dengan agensi SEO ini selama tiga bulan, namun belum melihat adanya hasil. Tolong relax. SEO membutuhkan waktu pada umumnya hasil akan terlihat minimal 6 bulan (untuk website baru)

2. Melakukan Penelitian Sendiri

Kami di Berdu.id menyarankan untuk kamu mempelajari semua yang kamu bisa tentang SEO, dan tetap memantau perubahan industri. Mulailah dari cara yang paling simpel, seperti membaca dan mensubscribe blog kami.

Jangan berasumsi bahwa agen SEO kita memiliki semua pengetahuan terbaik. Kadang-kadang, mereka melakukan beberapa teknik usang yang sudah tidak efektif dan tidak membuahkan hasil.

3. Ikut Bekerja Dengan Mereka.

SEO adalah usaha tim, dan kita harus melihat bahwa ahli SEO adalah mitra dalam proses penaikan ranking kita. Jika mereka merupakan agen yang baik, dan mereka meminta kita untuk melakukan sesuatu, kita sebaiknya mematuhinya.

Jika kita meminta mereka untuk melakukan pekerjaan SEO, kita akan harus berbagi beban juga. SEO adalah bukanlah satu hal yang dipikir dan direncanakan belakangan, kita juga perlu ikut mematuhi rencana mereka, semua untuk rangking yang lebih baik.

4. Jangan Berharap Jaminan (Atau Pengembalian Dana).

SEO tidak dapat menjamin pekerjaan mereka. Maaf. Mereka tidak bisa menjamin 100% kepuasan atau uang kembali yang beberapa industri lain dapat melakukan.

Kenapa tidak? Karena SEO selalu di selalu berubah. Ahli SEO berusaha bekerja dengan Google, yang berada di luar kendali mereka.

Algoritma berubah, trend juga berubah. Mencoba dengan -benar praktek yang bekerja hebat di hari Selasa mungkin tidak bekerja dengan baik pada hari Kamis.

5. Kita Perlu Tahu Apa Bisa Kita Harapkan.

Memiliki pemahaman yang jelas tentang apa yang bisa kita harapkan untuk mereka lakukan sangat penting. Jangan sampai memecat mereka karena mereka tidak melakukan sesuatu yang mereka seharusnya seharusnya tidak lakukan.

Apakah mereka:
  • Membuat konten?
  • Membuat linkbacks?
  • Membuat audit konten?
  • Mengoptimalkan SEO lokal?
  • Memonitor profil link kita?
  • Menciptakan channel sosial baru?
  • Mengoptimalkan elemen-elemen konversi?
Kadang Mereka mungkin hanya melakukan beberapa dari hal-hal ini untuk lebih memfokuskan target, jadi memiliki pengetahuan yang jelas dari apa yang agensi SEO yang baik bisa lakukan sangat penting.

6. Pantau Ahli SEO Kita

Kita harus memantau semua ahli dan agensi yang kita bayar. Maka dari itu jangan salahkan orang lain ketika kamu ditipu, pada umumnya kita tertipu karena kemalasan kita sendiri untuk memantau dan mencari informasi.

Kita bisa mulai dengan:
  • Cari tahu bagaimana mereka melakukan SEO.
  • Cari tahu apa yang telah mereka lakukan untuk klien-klien sebelumnya.
  • Selalu minta laporan setiap minggu/bulan.
  • Selalu memeriksa akun-akun kita.
  • Lihatlah laporan yang mereka kirimkan.
  • Mengajukan pertanyaan.

...

Jangan meremehkan Pentingnya SEO.

Bisnis toko online kita akan berhasil atau gagal semua berdasarkan SEO. Ini terlalu penting untuk diserahkan kepada sembarang orang.

Jika kita benar-benar peduli tentang kesuksesan bisnis kita, kita perlu memberikan SEO perhatian khusus dan investasi yang layak.

Coba gratis platform toko online Berdu selama 7 hari!