8 Maret 2017 11:12 am

Mau Jualan Online? Ketahui Dulu Cara Memilih Produk yang Tepat

Mau Jualan Online? Ketahui Dulu Cara Memilih Produk yang Tepat
Rintangan terbesar yang dihadapi pengusaha online yang baru memulai bisnisnya adalah memilih target pasar dan kategori produk untuk difokuskan. Dan itu sangat bisa dimengerti, karena kedua hal itu merupakan keputusan terbesar akan kita hadapi, yang juga akan memiliki konsekuensi jangka panjang pada keberhasilan atau kegagalan bisnis online kita.

Kesalahan paling umum pada tahap ini adalah memilih produk berdasarkan kesukaan pribadi atau hobby kita sendiri. Ini merupakan strategi yang dapat diterima jika tujuan kita adalah bermain-main dengan produk yang kita suka, tapi menjual barang hobby seperti ini belum tentu bisa menjadi bisnis yang sukses. Dan karena tujuan nomor #1 kita adalah untuk membangun sebuah toko online menguntungkan, jadi ingin untuk mempertimbangkan nafsu pribadi kita ketika melakukan riset pasar, atau setidaknya memastikan mereka memenuhi kriteria dibahas di bawah.

Rahasia Sukses Di Dalam Bisnis Online

Untuk membangun bisnis e-commerce, kita bisa melakukan salah satu dari berikut:

1. Membuat produk sendiri

Mengontrol distribusi agar cuma kita satu-satunya sumber untuk mencari produk tersebut. Hal ini membatasi kompetisi dan memungkinkan kita untuk menetapkan harga premium. Tapi jika kita ingin melakukan dropshipping, produk yang kita jual merupakan yang sudah diproduksi oleh orang lain, jadi membua produk sendiri bukanlah pilihan.

2. Memiliki akses ke harga khusus

Jika kita dapat mengatur perjanjian harga eksklusif dari produsen, kita dapat memperoleh banyak untuk dari toko online tanpa menciptakan produk kita sendiri. Tapi hal ini bisa sedikit sulit untuk diatur, bagaimanapun, dan ratusan pedagang dropship yang juga memiliki akses ke barang-barang sejenis dengan harga grosir.

3. Jual dengan harga terendah

Jika kita dapat menawarkan harga terendah, kita mungkin akan mencuri bisnis orang lain dan mendapatkan potongan besar pasar. Satu-satunya masalah adalah ini adalah model bisnis yang pasti akan gagal.

Jika satu-satunya hal nilai yang kita tawarkan adalah harga rendah, kita akan terjebak dalam perang harga yang akan memakan hampir semua keuntungan kita. Mencoba untuk bersaing dengan e-commerce raksasa lainnya secara online yang didirkan dengan menjual harga pada nilai rendah merupakan strategi yang buruk.

4. Berikan hal bernilai lainnya juga

Menawarkan informasi berharga yang melengkapi produk kita adalah cara terbaik untuk membedakan diri dan menetapkan harga premium. Pengusaha ada untuk memecahkan masalah masyarakat luas, dan itu tidak berbeda dalam dunia e-commerce dan dropshipping.

Menawarkan saran para ahli dan membimbing pembeli dengan masalah mereka adalah cara terbaik untuk membangun bisnis online yang menguntungkan.

5. Menjual produk yang kompleks

Semakin kompleks suatu produk maka kemungkinannya semakin besar untuk pembeli mencari informasi tentang barang tersebut di internet. Barang apa yang lebih membutuhkan banyak informasi ketika ingin melakukan pembelian: kursi kantor ato sistem kamera security?

6. Produk dengan bisa dikostumisasi atau banyak varian

Produk yang bisa dikostumisasi atau produk yang memiliki banyak variasi pada umumnya adalah produk yang paling membingungkan untuk dibeli. Karena setiap variasi ditargetkan untuk penggunaan yang spesifik.

Apakah pembeli kita tahu bagaimana untuk memilih konfigurasi air panas dengan tenaga surya sesuai dengan daerah tempat dia dipasang? Mampu menawarkan panduan khusus tentang apa varian produk yang paling cocok untuk lingkungan spesifik untuk satu pembeli adalah cara yang bagus untuk menambah nilai yang mereka akan hargai.

7. Membutuhkan Pengaturan Teknis atau Instalasi

Sangat mudah untuk memberikan informasi ahli untuk produk yang perlu dipasang atau dirakit. Mengambil contoh dari sistem kamera keamanan sebelumnya.

Katakanlah satu website toko online memiliki 50 halaman panduan instalasi secara rinci dan juga membahas kesalahan paling umum yang akan orang buat ketika memasang sistem mereka sendiri. Jika kita berpikir panduan seperti bisa menghemat waktu dan kerumitan pembeli, besar kemungkinan pembeli akan langsung membeli dari toko online itu, bahkan jika produk itu tersedia beberapa puluh ribu lebih murah di tempat lain.

Untuk pemilik toko, panduan seperti ini menambah nilai untuk pembeli, dan tidak ada biaya apapun yang harus kita keluarkan dari dompet kita untuk memberikan nilai seperti itu.

Cara Untuk Memberikan Nilai Tambahan Untuk Pembeli

Kita dapat menambah nilai ke produk yang kompleks dan membingungkan dengan beberapa cara, termasuk:
  1. Membuat panduan pembeli yang luas dan terperinci
  2. Investasi dalam deskripsi produk yang rinci
  3. Menciptakan panduan pemasangan yang rinci
  4. Membuat video mendalam yang menunjukkan cara kerja produk
  5. Membangun panduan yang mudah untuk dipahami untuk komponen-komponen produk
  6. Memberikan daftar atau membahas perbedaan antara produk-produk
  7. Memberikan saran varian produk yang paling sesuai dengan situasi pembeli

Pertimbangan Lainnya Ketika Memilih Produk

Saat memilih produk untuk dijual ada banyak faktor yang pada umumnya pebisnis pemula tidak pikirkan atau sering kali dilupakan oleh pebisnis online yang berpengalaman. Maka dari itu kami Berdu.id ingin menuliskan faktor-faktor tersebut secara jelas, sebagai berikut:

Biaya Dan Waktu Yang Dikeluarkan Untuk Pelayanan

Kebanyakan orang merasa nyaman menempatkan pesanan dibawah 500 ribu rupiah secara online tanpa berbicara dengan seseorang di telepon. Tapi apa untuk barang diatas 500 ribu rupiah banyak orang masih tidak terbiasa dengan melakukan pembelian tanpa menghubungi sang penjual terlebih dahulu. Kemungkinan, sebagian besar akan ingin chatting langsung dengan perwakilan penjualan sebelum melakukan seperti pembelian besar, baik untuk memastikan produk tersebut cocok dan memastikan toko online tersebut merupakan toko yang sah.
Terlebih jika kita berencana untuk menjual barang-barang mahal, karena pada umumnya kita juga akan memberikan kontak untuk pembeli menghubungi kita melalui telepon.
Pastikan kita juga memasukan biaya dari layanan yang kita lakukan sebelum melakukan penjualan. Kita harus memastikan bahwa laba itu cukup besar untuk membenarkan waktu yang telah dikeluarkan untuk membantu para pembeli, karena waktu yang kita keluarkan juga merupakan biaya, dan harus dimasukan ke harga penjualan produk.
Alternatifnya, kita bisa berfokus dengan barang kisaran harga 100 ribu sampai 500 ribu rupiah, yang merupakan sweet spot untuk memaksimalkan untung walaupun hanya memberikan pelayanan yang minim.

Harga Penjualan Minimum

Beberapa produsen akan mengatur harga minimum untuk produk mereka, dan mengharuskan semua reseller produk mereka menjual pada harga atau lebih dari harga itu. Harga minimal yang sudah ditentukan ini mencegah perang harga yang sering terjadi dan akan merusak brand/nama dari barang itu.

Jika kita dapat menemukan satu pasar di mana produsen menegakkan harga minimum ini merupakan kesempatan yang sangat besar, terutama jika kita berencana untuk membangun layanan bernilai tinggi dan website yang kaya dengan informasi. Dengan harga sama di semua pesaing, kita dapat bersaing di kekuatan website kita dan tidak perlu khawatir kehilangan bisnis karena kompetisi abal-abal yang tidak bereputasi yang menjual barang dengan harga yang lebih murah.

Potensi Pasar

Waktu yang paling tepat untuk berpikir tentang bagaimana kita akan memasarkan bisnis kita adalah sebelum kita memulai, bukan tiga bulan di saat kita menyadari bahwa susahnya mencari pelanggan adalah seperti mimpi yang buruk.

Dapatkah kita memikirkan beberapa cara kita bisa mempromosikan toko online kita dengan, misalnya, menulis artikel, memberikan produk secara gratis, membuat lomba atau menjangkau komunitas online yang menggunakan produk yang kita jual? Jika tidak, kita mungkin harus mempertimbangkan ide bisnis kita kembali.

Produk Dengan Banyak Aksesoris

Menjual produk dengan banyak aksesoris adalah cara yang bagus untuk meningkatkan laba kita secara keseluruhan, mungkin kita bisa jual produk utama dengan harga rendah dan hanya mengambil untung dari penjualan aksesorisnya.

Semua penjual ritel sudah tahu bahwa, margin dari penjualan aksesoris jauh lebih besar walaupun harganya jauh lebih rendah dibanding produk utamanya. Contohnya toko ponsel hanya dapat membuat laba 5% pada smartphone terbaru, dan mereka biasa akan dapat membuat margin 100% atau 200% dari penjualan aksesoris.
Sebagai pembeli, kita juga jauh lebih sensitif dengan harga pada produk-produk utama dan tidak terlalu peduli dan tahu harga aksesoris kecil.

Untuk menggunakan contoh sebelumnya, kita akan membuang waktu yang lama meneliti dan mencari toko yang menjual harga termurah untuk smartphone keluaran baru yang ingin kita miliki. Tapi kita jarang memikirkan untuk menemukan harga termurah pada barang di bawah 50 ribu rupiah. Karena harganya tidak terlalu mahal, seringkali kita merasa tidak masalah untuk membayar sedikit lebih mahal, daripada repot membuang waktu lagi untuk menemukan harga yang lebih murah yang hanya akan menghemat beberapa ribu rupiah.

Maka dari itu ketika kita membeli smartphone, kita juga akan membeli aksesoris untuk smartphone itu di toko yang sama walaupun kita tahu mereka bukanlah penjual termurah.

Produk Yang Jarang Berubah Harga dan Modelnya

Kita sudah paham pentingnya untuk berinvestasi di website toko online dan konten berkualitas tinggi untuk membuat pembeli bisa menaruh kepercayaan yang tinggi terhadap kita. Tetapi jika produk yang kita jual berubah setiap bulan, mengadiministrasi website yang harus selalu diubah akan menjadi segunung pekerjaan. Maka dari itu penting menemukan produk yang tidak sering diperbarui baik dengan model-model baru ataupun harga baru setiap beberapa bulan. Hal ini akan sangat menghemat waktu kita, dan akan membuat toko online yang akan bertahan lebih lama.

Sulit Untuk Ditemukan Secara Offline

Menjual produk yang sulit untuk ditemukan secara offline akan meningkatkan peluang keberhasilan kita selama kita tidak terlalu spesifik. Kebanyakan orang yang membutuhkan sprinkler taman yang hanya akan lari ke toko perangkat keras lokal seperti Ace Hardware. Tapi ketika kamu akan membeli kostum dan peralatan cosplay ksatria abad pertengahan, apakah kamu tahu toko mana yang menjualnya? Kemungkinan besar kamu akan langsung menuju ke Google dan mulai mencari.

Lebih Kecil Dan Lebih Ringan

Dalam dunia di mana pengiriman gratis sering diharapkan, dapat menjadi tantangan untuk menjual peralatan besar dan berat yang mahal untuk dikirim. Semakin kecil sebuah barang, semakin mudah untuk dikirim ke pelanggan kita.

Barang yang berat pun lebih mudah rusak, bayangkan seberapa susah mengirim bangku atau meja. Sedikit saja kesalahan maka kita sebagai penjual harus menanggung barang-barang rusak ini, belum lagi biaya untuk pembeli kita mengirim balik produk yang berat ini.

Semakin berat suatu produk maka akan semakin sering terjadi kesalahan pada pengiriman. Bisa dibilang semakin berat produk yang kita jual, semakin dekat juga kita ke api neraka.

Menentukan Pasar

Memilih pasar yang menguntungkan tidaklah mudah, dan hal ini membutuhkan kita untuk mempertimbangkan banyak faktor. Panduan ini akan memberi kita ide yang baik dari jenis produk yang bekerja dengan baik.

Jenis Pembeli

Semua pembeli tidaklah sama. Aneh rasanya beberapa pembeli yang cuma membeli satu barang kecil dan merasa berhak untuk menuntut ribuan layanan tambahan.

Karena itu penargetan demografis yang tepat dapat menjadi keuntungan besar untuk bisnis kita. Agar kita menfokuskan diri untuk melayani pembeli yang bernilai tinggi untuk bisnis kita.

Ada 3 jenis pembeli terbaik yang bisa pada umumnya bisa ditargetkan:
  1. Hobiis - Orang yang memiliki hobi yang akan menghabiskan sejumlah uang untuk peralatan-peralatan hobby dan juga pelatihan (kursus-kursus). Banyak pengendara sepeda motor gunung serius memiliki sepeda yang harganya lebih dari mobil mereka, dan orang-orang yang suka memancing ikan akan menghabiskan banyak uang untuk perlengkapan pancing mereka. Jika kita dapat menargetkan hobi yang tepat dan berhasil terhubung dengan penggemar sampai bisa mengerti kebutuhan mereka, itu merupakan tambang emas.
  2. Bisnis - Klien bisnis kadang-kadang lebih sensitif terhadap harga, tapi akan selalu memesan dalam jumlah yang besar dari konsumen individu. Setelah kita menetapkan hubungan dan mendapatkan kepercayaan mereka, kita bisa membuka pintu untuk penjualan jangka panjang dan dengan volume tinggi. Jika memungkinkan, cobalah untuk menjual produk yang menarik yang bisa dibeli baik untuk bisnis dan individu.
  3. Pembeli Berulang - Pembelian berulang adalah hal yang paling indah. Jika kita menjual produk yang sekali pakai, bersikap konsumtif atau selalu harus dibeli secara berkala. Cukup dengan beberapa pelanggan setia bisnis kita bisa tumbuh besar

Mengukur Permintaan

Tanpa permintaan, harga murah atau produk berkualitas pun tidak ada artinya. Jika tak seorang pun ingin produk kita, kita akan mengalami kesulitan besar untuk membuat uang! Dari pengalaman kami di Berdu.id, jauh lebih mudah untuk mengisi permintaan yang ada daripada mencoba untuk menciptakannya.

Untungnya, ada beberapa alat yang memungkinkan kita untuk mengukur permintaan untuk produk atau pasar. Yang paling terkenal dan populer adalah Google Keyword Tool.

Google Keyword Tool

Cara terbaik untuk mengukur permintaan produk secara online adalah untuk melihat berapa banyak orang yang mencari menggunakan mesin pencari seperti Google. Untungnya, Google membuat volume pencarian ini tersedia untuk umum melalui Google Keyword Tool. Cukup mengetik beberapa kata atau frase, dan alat ini akan memberitahu kita berapa banyak orang telah mencari kata-kata tersebut setiap bulannya.

Ada 3 hal yang selalu kami lalukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari Google Keyword Tool:
  1. Jenis Pencocokan - Google Keyword Tool akan membiarkan kita memilih hasil yang luas atau kata-kata yang sama persis ketika kita meminta laporan volume pencarian. Jika tidak kita memiliki khusus, kita lebih baik menggunakan cara pencocokan untuk mencari kata-kata yang sama persis. Ini akan memberi kita gambaran yang lebih akurat untuk volume pencarian untuk kata kunci tersebut.
  2. Lokasi Pencarian - Pastikan kita melihat perbedaan antara volume pencarian lokal (di negara atau wilayah yang ditetapkan pengguna) dan volume pencarian global (seluruh dunia). Jika kita akan mengutamakan menjual barang di Indonesia, kita harus fokus pada volume pencarian lokal dan mengabaikan hasil global, karena hasil pencarian global akan memberikan gambaran yang salah.
  3. Variasi kata kunci yang panjang - Sangat mudah untuk melekat pada satu istilah pencarian. Satu atau dua kata memang biasa mendapatkan sejumlah besar volume pencarian. Tapi pada kenyataannya, kata pencarian yang panjang dan lebih lebih spesifik dan walaupun volumenya rendah, akan menjadi sebagian besar traffic yang kita dapat dari Google. Dan kita akan lebih gampang bersaing di istilah pencarian yang lebih rinci ini.
Ingatlah hal ini ketika sedang menggunakan Google Keyword Tool untuk mencari pasar potensial untuk kita masuk. Jika suatu istilah penelusuran memiliki banyak variasi dan selalu dicari secara aktif, itu pertanda bahwa pasar cukup mendalam dan memiliki potensi.

Google Trends sangat berguna untuk mencari angka pencarian mentah, juga berguna untuk mencari wawasan yang lebih rinci . Google Trends menawarkan informasi-informasi yang tidak disediakan Google Keyword Tool seperti:

1. Volume pencarian dari segi waktu
Idealnya, kita ingin pasar yang kita masuki bisa tumbuh dan menjadi trend, dan Google Trends bisa menjawab pertanyaan itu. Untuk setiap permintaan pencarian yang diberikan, kita dapat melihat pertumbuhan atau penurunan volume pencarian dari waktu ke waktu. Di bawah ini adalah bagan dari volume pencarian untuk istilah "smartphone".
volume pencarian telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir
volume pencarian telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir

2. Pencarian terbanyak dan pencarian yang sedang jadi trend
Kita juga akan bisa mendapatkan gambaran pada pencarian terbanyak ataupun pencarian yang sedang menjadi trend yang sedang tumbuh dalam popularitas tercepat. Berfokus pada hal yang berkembang populer dan cepat ini dapat membantu kita ketika merencanakan upaya pemasaran dan strategi SEO kita. Menurut grafik di bawah ini, permintaan pencarian yang berkaitan dengan AT & T, Verizon dan Samsung tampaknya akan mengalami pertumbuhan yang paling besar di smartphone.
Ini adalah data yang muncul ketika kita menganalisis istilah"smartphone"
Ini adalah data yang muncul ketika kita menganalisis istilah"smartphone"

3. Konsentrasi Geografis
Fitur lain adalah kemampuan untuk melihat di mana orang yang mencari pencarian itu secara geografis. Hal ini dapat membantu kita mengidentifikasi di mana secara geografis basis pelanggan kita paling banyak terkonsentrasi.

Misalnya, jika kita menjual perahu kano di Amerika Serikat, grafik di bawah ini dapat membantu kita menentukan bahwa mayoritas pelanggan mungkin akan datang dari Alaska dan Hawaii. Jika kita mencoba untuk memutuskan antara beberapa supplier dropshipping, pengetahuan seperti ini bisa membantu kita bermitra dengan salah satu supplier yang paling dekat dengan mayoritas pelanggan kita
Jumlah pencarian besarkan lokasi geografis
Jumlah pencarian besarkan lokasi geografis

4. Musiman
Kita harus memahami musiman pasar, jika permintaan untuk produk berubah secara dramatis pada titik-titik yang berbeda di setiap tahun, ini harus kita perhatikan secara rinci. Karena Google Trend menyediakan data secara bulanan, kita dapat menarik beberapa kesimpulan menyesatkan jika kita menganggap pencarian akan selalu terbagi rata sepanjang tahun.

Meninjau kembali contoh kita sebelumnya, kita bisa lihat di bawah bahwa "payung" adalah istilah pencarian yang populer dengan permintaan memuncak pada bulan-bulan musim hujan. Jika kita mengukur permintaan di musim hujan dan berpikir penjualan akan konstan sepanjang tahun, kita akan menghadapi pasar yang jauh lebih kecil dari yang kita kira.
Trend yang selalu berpuncak di beberapa bulan di dalam satu tahun
Trend yang selalu berpuncak di beberapa bulan di dalam satu tahun

Mengukur Kompetisi

Melakukan analisis kompetitif pada pasar potensial bisa menjadi hal yang rumit. Terlalu banyak kompetisi dan kita akan mengalami kesulitan membangun traffic dan bersaing dengan pemain yang sudah mapan. Terlalu sedikit kompetisi dapat menunjukkan pasar kecil yang secara drastis akan membatasi seberapa besar kita dapat bertumbuh.

Beberapa toko online sangat bergantung pada iklan yang berbayar di social media, tetapi sebagian besar dari toko online masih mengandalkan trafficnya yang berasal dari Google untuk membangun sebuah model bisnis yang menguntungkan.

Dengan pemikiran ini, cara terbaik untuk mengukur kompetisi secara keseluruhan di pasar adalah untuk melihat hasil pencarian organik (yang tidak berupa iklan) di halaman pertama hasil pencarian Google untuk jangka waktu tertentu.

Di Berdu.id ada 4 metrik yang selalu kita lihat untuk mengukur seberapa kuat kompetisi dan seberapa sulitnya untuk mengungguli para pesaing.

Jumlah Domain Yang Terhubung

Algoritma untuk Google menentukan peringkat sangat bergantung pada link. Semakin banyak link yang diterima suatu website maka website itu akan lebih tinggi berperingkat di hasil pencarian.

Mengetahui berapa banyak link yang menunjuk ke sebuah website akan memberikan gambaran tentang berapa banyak pekerjaan yang kita harus lakukan untuk penghasilan dan membangun link ke website kita untuk mengungguli pesaing kita.

Ada ratusan faktor SEO yang berbeda yang Google gunakan, tapi satu di antaranya bisa membuat gambaran yang sangat tepat ketika mengevaluasi kekuatan peringkat website, dan dia adalah: jumlah uniknya domain dari link yang satu website dapat. Dengan ini kita menganggap semua link dari satu domain bisa diwakili oleh hanya satu link.

Untuk memahami konsep ini sangat membantu untuk memikirkan link seperti rekomendasi dari teman. Jika teman terbaik kita datang kepada kita dan merekomendasikan satu restoran, kita mungkin akan ingat itu. Dan setelah ia merekomendasikan hal yang sama setiap hari selama seminggu, kita mungkin akan mencoba pergi ke restoran itu. Tetapi bila kita mendapat 7 rekomendasi dari 7 teman yang berbeda yang tidak saling kenal, maka kita akan langsung pergi ke restoran itu di hari itu juga.

Hal yang sama berlaku ketika menganalisis link ke sebuah website. Sebuah domain dapat memberi link ke sebuah website berulang kali, tapi itu hal ini harus dihitung sebagai satu rekomendasi.

Jika kita menghitung semua link dari satu domain sebagai satu rekomnedasi yang berbeda, kita akan melukis gambaran yang tidak akurat ketika mengukur kekuatan sebuah website.

Cara paling mudah untuk mendapatkan angka ini adalah dengan menggunakan alat yang disebut Open Site Explorer. Open Site Explorer menyediakan sejumlah metrik SEO berharga dan data secara gratis, tapi untuk mendapat fungsinya secara penuh, kita harus membeli keanggotaan.

Berikut adalah contekan cepat untuk menafsirkan jumlah banyaknya jumlah domain yang unik:
  • 0 sampai 50 Domain - Sangat memungkinkan website ini berada di ujung bawah pertempuran pasar. Sebagian besar website dengan konten berkualitas dan beberapa pemasaran yang terfokus bisa mendapatkan 50 link dari domain yang unik dalam kurang dari satu tahun.
  • 50 sampai 250 Domain - Website sudah bisa menjadi website yang berada di peringkat teratas untuk kata kunci yang sedikit panjang. Untuk memiliki profil backlink dalam kisaran biasanya akan membutuhkan waktu lebih dari satu tahun atau lebih. Jumlah domain unik pada kisaran ini sudah bisa membuat suatu website cukup kompetitif, terutama bagi mereka yang melakukan dropshipping secara individu atau tim yang sangat kecil.
  • 250+ Domain - Kecuali kita seorang marketer berbakat atau seorang ahli SEO, membangun lebih dari 250 link unik akan memakan waktu yang luar biasa panjang dan komitmen yang besar.

Hasil Pencarian Dari Google

Ketika kita melakukan pencarian, penting untuk menyadari bahwa Google mempersonalisasi hasil yang kita lihat berdasarkan lokasi geografis kita, riwayat browsing dan faktor lainnya. Ketika kita menganalisa pasar, kita perlu melihat hasil yang se-subjektif mungkin, sehingga kita dapat memahami ruang kompetitif yang nyata. Dan perlu diingat jika kita tinggal di luar Indonesia tapi berencana untuk menjual kepada pelanggan di Indonesia, kita memerlukan akses pencarian dari Indonesia untuk melihat bagaimana sebenarnya toko online kita akan bersaing dengan.

Ada dua cara mudah untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih subjektif:
  1. Incognito - Jika kita menggunakan Google Chrome, kita dapat menelusuri web dengan mode Incognio. Dalam mode ini, pengaturan pribadi atau sejarah pencarian akan dibuang sehingga kita bisa mendapatkan hasil pencarian yang lebih subjektif untuk melihat bagaimana toko online kita berperingkat.
  2. Menggunakan Hasil Dengan Bahasa Lain - Jika kita ingin melihat hasil yang muncul untuk bahasa lain selain kita sendiri, kita dapat menambahkan sejumlah kecil teks ke akhir URL pada halaman hasil Google untuk mendapatkan hasil tertentu negara. Misalnya, jika kita berada di Indonesia tetapi ingin melihat hasil pencarian yang kembali ke pencarian di AS, kita akan menambahkan "&gl=us" parameter ke akhir URL pada halaman hasil pencarian dan tekan enter. Demikian pula, jika kita berada di Indonesia dan ingin mendapatkan UK hasil yang akan kita tambahkan "&gl=id" ke akhir URL.

Kesimpulan

Pengusaha online umumnya ingin tahu, bagaimana untuk mengetahui pasar yang tepat? Jawabannya adalah, kita tidak bisa! Sementara tips dan panduan ini secara dramatis akan meningkatkan peluang kita dan membantu kita membuat keputusan, tidak ada cara pasti untuk mengetahui secara pasti apakah kita akan berhasil di pasar tanpa menyelam di di pasar itu. Apa yang membedakan pengusaha yang sukses dari para pemimpi adalah kemauan untuk maju meskipun ketidakpastian.

Jadi kita harus melakukan pekerjaan rumah kita, melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Setelah itu kita perlu membuat keputusan untuk bergerak maju meskipun masih memiliki keragu-raguan dan ketakutan. Jika kita menunggu sampai semua ketidakpastian harus diselesaikan dengan mencari "pasar yang sempurna", kita tidak akan pernah memulai bisnis selama-lamanya.

Coba gratis platform toko online Berdu selama 7 hari!