15 Februari 2017 6:40 pm

Tingkatkan Ranking dan Keamankan Toko Online Kita dengan Https

Tingkatkan Ranking dan Keamankan Toko Online Kita dengan Https
Banyak penjual yang baru memulai bisnis onlinenya sering bertanya kepada kami untuk membuat websitenya memasuki peringkat di halaman pencarian Google. Sementara banyak bersumpah dengan kantong mereka sendiri trik, kebenaran adalah bahwa banyak dari optimasi mesin pencari adalah menebak.

Namun, kami punya kabar baik. Google secara terbuka mengakui bahwa mereka memprioritaskan website yang menggunakan https dalam hasil pencarian.

Apa itu Https?

Https singkatan dari 'Hypertext Transfer Protocol Secure', yang merupakan protokol komunikasi internet yang mengenkripsi koneksi sehingga tidak dapat diketehui dan dimanfaatkan oleh pihak ketiga. Tanpa https maka password dan data penting kita bisa dilihat oleh tempat kita hosting website, provider internet kita dan juga hacker yang berada di satu jaringan dengan kita.

Website yang menggunakan https untuk mengamankan koneksi dan memastikan bahwa koneksi tidak diubah atau dirusak sepanjang jalan.

Kita bisa tahu kita sedang berada di sebuah website yang menggunakan https dengan cara melihat di bagian URL yang akan menampilkan tulisan https dan bukan tulisan http. Di beberapa browser kita juga harus melihat beberapa lambang gembok berwana hijau.

Https pada berdu.id dilihat di Google Chrome
Https pada berdu.id dilihat di Google Chrome

Bagaimana Https Membantu SEO untuk Meningkatkan Rangking Kita di Google?

Selain mengamankan transaksi online dan menanamkan kepercayaan di antara pelanggan kita, sertifikat SSL juga meningkatkan optimasi mesin pencari kita, atau SEO.

Google secara terbuka mengakui bahwa mereka lebih mempioritaskan URL website yang dimulai dengan https, dan menjadikan HTTPS sebagai faktor dari ranking satu website. Hal ini sangat memberikan keuntungan untuk website yang menggunakan https, terlebih jika saingan kita masih menggunakan http.

Dengan kata lain, website yang melindungi privasi pengguna dan mempioritaskan keamanan akan peringkat lebih tinggi di Google daripada mereka yang tidak.

Bagaimana Cara Memasang Https?

Semua klien kami menikmati https yang akan diaktifkan secara otomatis, dan dengan teknologi terbaru dan koneksi kami, semua klien kami bisa menikmati https (yang pada umumnya seharga 450 ribu setahun) secara gratis tanpa mengeluarkan uang lagi.

Untuk menambahkan https ke website yang bukan dibuat menggunakan platform kami, anda harus membeli sertifikat https tahunan dari vendor seperti Namecheap atau Godaddy. Vendor ini kemudian menyampaikan informasi ke Certificate Authority (CA) seperti Comodo atau Symantec. Dan setelah proses yang akan memakan waktu beberapa hari, CA ini mengeluarkan akan sertifikat yang merupakan kunci kriptografi yang untuk melindungi koneksi website kita.

Setelah itu kita butuh bantuan teknis untuk memasang sertifikat ini, cara pemasangan berbeda di setiap platform. Dan ingat jika pengunjung pergi ke website kita yang menggunakan https dengan menggunakan alamat http biasa, website kita juga harus secara otomatis mengarahkan kita ke versi https-nya, jika tidak maka koneksi yang aman melalui https itu tidak bisa digunakan.

Dan perlu kita ketahui pada umumnya sertifikat https itu harus dibayar dan diperbaharui secara tahunan.

Kesimpulan

Memasang https mungkin sedikit merepotkan tapi keuntungan yang bisa diambil sangatlah besar baik dari secara SEO dan juga untuk keamanan data kita.

Jika anda merasa memasang https sangat merepotkan, ingat anda bisa pindah ke platform ke kapan saja anda mau, karena semua klien kami menikmati https yang sudah dipasang secara otomatis tanpa perlu memperbaharuinya setiap tahun, dan semua ini tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.



Coba gratis platform toko online Berdu selama 7 hari!