19 Mei 2023 5:03 pm

9 Ide Bisnis Digital Tahun 2023: Kreatif untuk Pendapatan Pasif

9 Ide Bisnis Digital Tahun 2023: Kreatif untuk Pendapatan Pasif
Tertarik untuk mulai berbisnis di tahun 2023? Bagi Anda yang berminat dan ingin mencoba, bisnis digital mungkin bisa jadi salah satu pilihan yang tepat untuk memulai.
Tentu ada begitu banyak jenis bisnis yang bisa Anda coba. Anda bisa memilih bisnis UMKM, seperti membuka toko kelontong, berjualan katering sehat, usaha roti & kue, dan lain sebagainya.
Persoalannya, bisnis-bisnis semacam itu membutuhkan modal yang cukup besar. Ini bisa jadi kendala bagi Anda yang memiliki keterbatasan dana untuk mulai mengembangkan bisnis.
Nah, solusi yang tepat untuk skenario semacam ini adalah memilih berbisnis digital. Pada umumnya bisnis digital membutuhkan modal yang relatif lebih kecil dan bisa dimulai dari diri sendiri.
Gampangnya, bisnis digital mengacu pada jenis bisnis yang membutuhkan teknologi elektronik untuk pengoperasian sehari-hari, termasuk produksi, distribusi, dan penjualan.
Bisnis digital relatif lebih mudah, cepat, dan tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan, jika sudah berjalan dengan baik, bisnis digital bisa jadi sumber pendapatan pasif yang tepat untuk Anda.
Yuk simak beberapa ide bisnis digital yang bisa Anda coba di tahun 2023 ini!

1. Mulai bisnis dropshipping


Bisnis dropshipping
Gambar: Shopify
Bisnis dropshipping Gambar: Shopify

Bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal, bisnis dropshipping adalah salah satu pilihan yang paling tepat. Mungkin Anda hanya membutuhkan kuota internet dan ketelitian untuk mencari produk layak jual.
Saat ini, Anda bisa mulai bisnis dropship dengan membuat akun penjual di marketplace seperti Tokopedia atau Shopee. Bisa juga dengan membuat akun media sosial di Facebook atau Instagram.
Menariknya, Anda tidak perlu mengelola produk secara fisik. Anda cukup mencari supplier yang menyediakan produk tersebut, mulai dari produksi, pengemasan, hingga pengiriman.
Nah, katakanlah ada customer yang memesan produk. Selanjutnya, toko online Anda otomatis mengirim pesanan tersebut ke supplier dropship (bisa juga secara manual).
Supplier lalu harus menyiapkan produk dan mengirim produk ke customer. Setelah customer membayar ke Anda, barulah Anda melanjutkan pembayaran ke supplier dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya. Di sinilah Anda mendapatkan margin keuntungan.

2. Jual karya Anda (print-on-demand)


Bisnis print-on-demand
Gambar: Bootstrapping
Bisnis print-on-demand Gambar: Bootstrapping

Jika Anda punya jiwa seniman atau memang bekerja sebagai graphic designer/art creator, tentu Anda punya kesempatan untuk menjual karya Anda. Nah, Anda bisa menerapkan sistem print-on-demand.
Artinya, Anda bisa menjual karya Anda dalam bentuk cetak, tapi hanya jika ada yang memesan. Cara ini sangat efektif, Anda tidak akan membuang-buang produk dan tidak membutuhkan banyak modal awal.
Jika mau, Anda juga bisa bekerja sama dengan supplier kaos, poster, tas, jaket, dan semacamnya. Jadi, Anda bisa menjual desain satuan karya Anda, sesuai dengan pesanan customer, tapi menggunakan produk dari supplier lain sebagai media cetaknya.
Cara ini efektif dan relatif memiliki risiko rendah. Anda pun bisa memperluas pasar dengan memilih berbagai media cetak yang disediakan oleh supplier atau pihak ketiga.

3. Jual produk digital


Bisnis produk digital
Gambar: A Better Lemonade Stand
Bisnis produk digital Gambar: A Better Lemonade Stand

Produk digital pada dasarnya adalah aset atau media yang tidak tersedia dalam bentuk fisik. Contoh yang paling mudah di antaranya adalah PDF, template, plug-in, dan semacamnya.
Produk digital bisa jadi sumber pendapatan pasif yang sangat menguntungkan, sebab Anda bisa memasang margin keuntungan yang sangat tinggi. Anda hanya perlu membuat aset satu kali, lalu menjualnya berkali-kali.
Artinya, Anda bisa menjual produk sebanyak mungkin. Kreator biasanya menggunakan kesempatan ini untuk menjual file digital atau material lain yang bisa digunakan oleh profesional lainnya.

4. Buat kursus online (atau Bootcamp)


Bisnis kursus online
Gambar: Learn Worlds
Bisnis kursus online Gambar: Learn Worlds

Bagi Anda yang merasa memiliki bakat atau ilmu di bidang tertentu, membuat kursus online tentu bisa jadi salah satu opsi yang menarik. Artinya, Anda bisa membagikan ilmu kepada orang lain, tentu dengan sistem digital.
Jika mau, Anda bisa membuat rekaman kursus terlebih dahulu, lalu menjualnya dalam bentuk video. Anda juga bisa membuka kelas langsung yang lebih interaktif dengan pengguna.
Katakanlah Anda memiliki bakat di bidang pembuatan ilustrasi, desain, atau bahkan jika Anda sudah sangat paham soal digital marketing atau SEO optimizing. Nah, ilmu-ilmu tersebut dapat dijual terhadap pengguna yang tertarik.

5. Mulai jadi blogger


Ilustrasi blogger
Gambar: Hubspot
Ilustrasi blogger Gambar: Hubspot

Mulai membuat dan membesarkan blog memang tidak mudah, tapi sejauh ini blogging terbukti masih cukup efektif sebagai bentuk bisnis. Buktinya, setelah belasan tahun, blog masih ramai pengguna.
Memang butuh waktu untuk mengembangkan blog. Namun, jika Anda bisa menciptakan konten berkualitas dan tahu caranya mempromosikan blog Anda, tentu Anda bisa menambah saluran pendapatan tambahan.
Ada beberapa cara mendapatkan uang dari blog, di antaranya:
  • Menjual produk afiliasi
  • Membuat unggahan berbayar
  • Menjual produk sendiri
  • Menjalankan iklan dengan sistem Google AdSense


6. Mulai bisnis affiliate marketing


Bisnis affiliate marketing
Gambar: authorityhacker.com
Bisnis affiliate marketing Gambar: authorityhacker.com

Affiliate marketing pada dasarnya adalah bisnis merekomendasikan atau mempromosikan sebuah produk atau layanan terhadap audiens.
Jenis bisnis ini cocok sebagai sumber pendapatan tambahan, sebab Anda bisa melakukannya dengan mudah. Setiap kali ada pembeli yang menggunakan referral link yang sudah Anda bagikan, maka Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.
Menambah pendapatan pasif dengan sistem affiliate marketing bisa sangat efektif dan tidak begitu sulit. Anda hanya perlu mengalokasikan waktu lebih banyak untuk mencari produk yang diinginkan konsumen dan menyiapkan strategi promosi yang tepat.

7. Jual foto online


Bisnis foto online
Gambar: Unsplash
Bisnis foto online Gambar: Unsplash

Anda merasa berbakat di bidang fotografi? Coba mulai bisnis penjualan foto online! Saat ini sudah tersedia banyak website yang bisa menjadi wadah Anda berjualan.
Salah satu cara yang termudah adalah dengan menjual foto Anda di situs stock photo seperti Pexels, Shutterstock, dan semacamnya. Potensi penjualan sangat besar karena akses pengguna dari seluruh dunia.
Tentu Anda harus terlebih dahulu mengenalkan karya Anda. Fotografi cenderung subjektif, karya yang dianggap bagus belum tentu disukai oleh calon pembeli. Jadi, Anda mungkin butuh waktu untuk menjual foto pertama Anda.

8. Coba jadi social media influencer


Social media influencer
Gambar: Forbes
Social media influencer Gambar: Forbes

Selalu ada ruang untuk menjadi influencer di media sosial. Anda juga bebas memilih media sosial yang dianggap cocok, mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, atau bahkan TikTok.
Cara termudah untuk memulai adalah dengan membuat konten terkait hal-hal yang Anda suka. Jika Anda suka menonton film, Anda bisa mulai dengan membuat akun untuk analisis film-film terbaru dan semacamnya.
Lama-kelamaan, dengan strategi yang tepat, Anda bisa mendapatkan audiens yang memang tertarik dengan konten Anda. Nah, selanjutnya audiens itu bisa jadi lead untuk mengembangkan bisnis online Anda.

9. Mulai channel YouTube



Tidak pernah terlambat untuk mulai membuat kanal YouTube. Dengan algoritma yang sekarang, konten Anda seharusnya punya kesempatan lebih besar untuk sampai di audiens.
Memang butuh waktu untuk mengembangkan kanal YouTube. Anda mungkin tidak bisa langsung mendapatkan uang melalui sistem monetisasi.
Biar begitu, masih ada banyak kesempatan lain seperti sponsorship, affiliate sales, konten pesanan untuk brand, dan sebagainya. Ada banyak ruang untuk berbisnis di YouTube.
Nah itu dia beberapa ide bisnis digital untuk tahun 2023 yang bisa Anda coba. Menarik ya, ayo dimulai!
Ayo buat Website kamu sekarang!

Ingin mencari pengetahuan lain?

Ketik judul blog yang ingin kamu cari