20 Maret 2017 5:37 am

5 Model Bisnis Online Yang Sudah Terbukti Keampuhannya

5 Model Bisnis Online Yang Sudah Terbukti Keampuhannya
Ketika kita memulai dengan bisnis online kita, kita memiliki banyak keputusan untuk dibuat. Cepat atau lambat kita akan harus membuat keputusan tentang apa produk untuk dijual online atau bagaimana cara untuk memanfaatkan pemasaran afiliasi. Tapi jangan terlalu terburu-buru, karena kita perlu tahu tentang apa saja jenis model bisnis online.

Setiap bisnis baru membutuhkan satu model bisnis. Kabar baiknya adalah, ada begitu banyak model bisnis online yang sudah terbukti keampuhannya di luar sana. Setelah puluhan tahun internet ada, model bisnis yang paling sukses pun sudah dilahirkan, jadi bisnis hanya perlu belajar tentang apa saja mereka dan memutuskan bisnis model mana yang paling sesuai untuk bisnis kita.

Kami Berdu sudah mengumpulkan 5 model bisnis online yang berbeda yang bisa kita diskusikan untuk melihat mana yang akan menjadi yang model bisnis terbaik untuk bisnis kamu .

1. Model Freemium

Istilah "freemium" berasal dari gabungan kata "free" dan "premium". Ini adalah model bisnis online yang sangat disukai oleh start up di berbagai macam industri. Idenya di sini adalah bahwa perusahaan akan menyediakan layanan baik secara gratis ataupun berbayar untuk pelanggan. Bisnis dengan model seperti ini akan memberikan layanan dan fitur dasar secara gratis, sementara menyediakan layanan dan fitur premium untuk pelanggan yang bersedia membayar layanan mereka.


Spotify yang menggunakan bisnis model freemium
Spotify yang menggunakan bisnis model freemium
Spotify, layanan streaming musik, memberikan layanan gratis bagi semua orang. Pada layanan gratis kita dapat mendengarkan musik di mana saja secara online dan sebanyak apapun yang kita inginkan. Namun, jika kita membayar layanan mereka hanya dengan 49 ribu rupiah per bulan saja, kita bisa menerima fitur premium, yang berupa tidak perlu mendengan iklan di antara lagu, kualitas yang musik yang lebih baik, dan musik yang bisa didengarkan secara offline.

Contoh lain adalah OkCupid yang merupakan layanan kencan online. Sekali lagi, aplikasi ini gratis bagi siapa saja untuk digunakan. Jika kita membayar untuk berlangganan premium, kita akan menerima inbox yang lebih besar, filter pencarian yang lebih, daftar lengkap orang-orang yang telah menyatakan minat pada kita, dan banyak fitur lainnya. Tentu saja, jika kita membayar kita tidak akan melihat iklan saat menggunakan aplikasi baik.

2. Model Berlangganan / Subscription

Alasan model bisnis online ini sangat populer adalah karena model ini memberikan kenyamanan untuk pelanggan dan pemilik bisnis. Pelanggan tidak perlu khawatir tentang pembelian yang sama dan berulang setiap bulannya.

Karena setiap pembeli memiliki kebutuhan dan budget yang berbeda, model bisnis seperti ini umumnya memiliki banyak paket yang bisa dipilih.

Keindahannya dari model bisnis seperti ini adalah jika bisnis dapat menyediakan banyak layanan yang bernilai untuk pelanggan, maka pelanggan bisa tetap membayar selama bertahun-tahun dan tidak pindah. Dan hal ini sangat indah karena pelanggan yang selalu konsisten membeli setiap bulannya akan sangat mengurangi resiko dalam bisnis.

Contoh paling mudah adalah platform kami, platform toko online Berdu, yang dapat membuat para entrepreneur baik muda ataupun berpengalaman membuat toko online sesuai dengan aspirasi mereka. Dengan customer service yang memuaskan dan fitur-fitur baru yang ada setiap bulannya, klien kami tidak hanya setia, tapi sampai tidak dapat berpikir bagaimana bisnis mereka tanpa bantuan dari layanan kami.

3. Model On-Demand

Model bisnis on-demand secara online bergantung pada kebutuhan pembeli yang mendesak dan juga kepuasan yang instan. Model bisnis ini sangat bergantung pada teknologi dan kemampuannya untuk menyediakan barang atau jasa langsung sat dibutuhkan.
Kunci dari model ini adalah untuk menyediakan layanan yang cepat kapanpun dan dimanapun pelanggan membutuhkannya.

Perusahaan menggunakan model ini biasanya bekerja dengan freelancer yang bekerja dengan jadwal yang fleksibel. Perusahaan yang menggunakan model ini dapat membuat keuntungan dengan mengambil biaya dari freelancer yang menyediakan jasa mereka.
On-demand sudah sangat tak asing lagi di Indonesia, dengan Gojek yang merupakan satu contoh yang paling terkenal.

4. Model Barang Yang Bisa Dikostumisasi

Model bisnis online lain yang perlu dipertimbangkan adalah menyediakan barang yang dapat dikostumisasi dan disesuaikan secara pribadi. Bisnis seperti ini menyediakan produk dasar yang pelanggan kemudian dapat ubah dengan keinginan mereka. Model ini berkerja sangat ampuh dengan harga yang berlapis, yang biasanya berupa harga khusus per edit.

Sebuah contoh yang bagus dari hal ini adalah Artifact Uprising. Mereka adalah perusahaan yang menjual album custom-made foto, kalender, dan beberapa barang lain kertas dicetak. Pelanggan menciptakan album foto mereka dengan keinginan mereka dengan mengupload foto sebanyak yang mereka inginkan. Mereka merancang setiap halaman album foto juga. Ada harga dasar untuk setiap album berdasarkan ukuran dan jumlah halaman. Jika pelanggan ingin lebih banyak halaman, pelanggan membayar untuk mereka secara individu. Semua perusahaan apakah itu mencetaknya dan kapal itu.

5. Model Pasar / Marketplace

Model terakhir yang saya ingin menyebutkan adalah model pasar. Ini salah satu model bisnis online yang mengandalkan pemasok dan pembeli produk untuk bertemu di tempat yang sudah bisnis ini sediakan. Model bisnis seperti ini tidak perlu memiliki persediaan barang, barang akan disediakan dari sisi pemasok. Uber menyediakan transportasi tapi memiliki mobil, Airbnb menyediakan penginapan tapi tidak memiliki penginapan, dan Etsy memberikan barang namun tidak memproduksi dari mereka.

Model seperti ini sangatlah bisa discale secara besar-besaran, namun memiliki kesulitan ayam-telur. Siapa dulu yang diciptakan ayam atau telur? Siapa dulu yang perlu ada pembeli atau pemasok? Tanpa pembeli tidak ada pemasok, tanpa pemasok juga tidak ada membeli.

Penutup

Jadi sekarang pertanyaannya, apa yang terbaik salah satu model bisnis online untuk kita? Mudah-mudahan, beberapa model ini telah memberikan wawasan tentang kemungkinan untuk melakukan bisnis online.
Coba gratis platform toko online Berdu selama 7 hari!