23 Februari 2021 3:43 pm

Cara Mudah COD dengan SAP Express Tanpa Marketplace

Cara Mudah COD dengan SAP Express Tanpa Marketplace
Bagi Anda yang sudah terbiasa melakukan jual beli secara online, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah COD (Cash on Delivery) alias Bayar di Tempat.
COD adalah sejenis mekanisme pembayaran yang mengandung kesepakatan antara pembeli dan penjual, di mana pembeli tidak perlu membayar terlebih dahulu sebelum barang dikirim. Sehingga pembeli bisa melakukan pembayaran terhadap barang yang dibeli ketika barang diterima. Metode ini berpotensi mendongkrak penjualan, targetnya adalah pembeli yang kurang nyaman dengan metode pembayaran online seperti transfer bank, dompet digital, atau kartu kredit.

Apakah bisa COD tanpa melalui marketplace?

Tentu saja bisa. Banyak seller yang sudah mulai melakukan transaksi COD di website masing-masing. Tujuannya adalah memberikan kemudahan kepada pembeli dengan menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran. Bagi yang belum punya website, ada cara mudah dan sukses untuk membuat website, yaitu dengan menggunakan website builder seperti Berdu.id.

COD dengan SAP Express

Di Indonesia sendiri, ada sejumlah perusahaan ekspedisi atau kurir yang menawarkan jasa COD, salah satunya adalah kurir SAP Express.
SAP Express berdiri sejak tahun 2014, dan mulai melayani pelanggan dari sektor e-commerce secara COD sejak 2016. SAP mengklaim sudah memperluas area layanan COD ke seluruh wilayah Indonesia, dengan biaya COD yang cukup bersaing.
Berdu.id pun telah bekerjasama dengan SAP Express. Dengan kerjasama ini, Anda bisa melakukan mengelola order & COD dengan mudah, hanya melalui 1 dashboard admin Berdu.id saja. Packing slip juga sudah dibuatkan oleh sistem menurut format baku dari SAP Express, sehingga tidak perlu dibuat manual lagi. Pengembalian dana COD dilakukan secara cepat setiap minggu. Laporan riwayat COD juga bisa diperiksa di dashboard.
Sebelum bisa menggunakan layanan Bayar di Tempat, Anda harus mendaftar dulu di SAP Express. Jika Anda menggunakan Berdu.id, Anda bisa langsung mendaftar di dashboard admin website Anda di Berdu.id. Setelah pendaftaran diverifikasi, Anda bisa langsung melakukan permintaan pickup paket kepada Sicepat, hanya dengan satu klik saja di dashboard admin website Anda.

Tahapan menggunakan COD dengan SAP Express di Berdu.id:

  1. Mendaftar di akun Berdu Anda.
  2. Atur metode pembayaran COD agar muncul di halaman checkout website Anda.
  3. Request pickup paket di dashboard admin.
  4. Cetak packing slip dan tempelkan di paket sebelum kurir tiba.
  5. Tunggu kedatangan kurir SAP di rumah, dan jangan lupa catat nomor telepon kurir jika sudah datang.
  6. Jika paket sudah diterima pembeli dan pembeli sudah membayar, dana akan direkonsiliasikan ke rekening Anda.

Untuk informasi lebih lengkap, simak video Tutorial lengkap COD tanpa marketplace dengan SAP Express.



Ayo buat Website kamu sekarang!