24 Februari 2017 1:16 pm

5 Ciri Nama Domain Berkualitas

5 Ciri Nama Domain Berkualitas
Bila kita ibaratkan dunia online sebagai sebuah pasar tradisional, maka nama domain untuk toko online yang bagus bisa ibaratkan dengan letak toko yang strategis di pasar tersebut. Semakin strategis letaknya (misalnya dekat jalan besar atau di dekat lapangan parkir), semakin besar peluang toko tersebut untuk dikunjungi banyak pembeli.

Demikian halnya, semakin berkualitas sebuah nama domain toko online, semakin besar pula peluang untuk mendapat banyak pengunjung.

Jadi, apa saja ciri-ciri nama domain berkualitas yang layak kita pilih?

Di bawah ini adalah 5 ciri-ciri nama domain toko online yang bagus untuk kita pilih. Ciri-ciri ini adalah pendapat saya pribadi serta dari hasil penelusuran beberapa referensi terpercaya.

1. Nama Domain Yang Pendek

Semakin pendek nama domain akan semakin baik. Umumnya tidak lebih dari 3 kata. Bila diibaratkan dengan medali di suatu kejuaraan, domain dengan satu kata adalah medali emas, domain dua kata adalah medali perak, domain 3 kata adalah medali perunggu.

Selain itu, beberapa perusahaan top dunia juga menegaskan bahwa semakin pendek nama domain, semakin mahal harganya. Jika bisa diumpamakan, nama domain pendek berita.com berharga jutaan USD, beritapagi.com berharga ribuan USD, beritapagihari.com berharga ratusan USD, dan beritapagihrariini.com cuma berharga puluhan USD.

2. Tidak Memiliki Garis Sambung dan Angka

Banyak online shop di seluruh dunia mengatakan bahwa domain yang memiliki kata sambung dan angka memiliki 2 kelemahan dasar. 2 contoh berikut akan menjelaskan alasannya.
  1. saat-ini.com: orang bisa saja lupa mengetikkan kata sambungnya sehingga akan mengetikkan saatini.com.
  2. 1jam.com: angka lima ini akan membingungkan karena bisa saja orang mengetikkan satujam.com sehingga akan salah alamat.

Kasus coolest-gadgets.com merupakan bukti nyata kelemahan domain yang memiliki tanda sambung. Website ini adalah salah satu website populer yang membahas tentang gadget terbaru. Tapi, banyak orang yang lupa mengetikkan kata sambung di browser bila akan menuju blog tersebut, sehingga salah alamat ke coolestgadget.com. Karena tidak mau kehilangan pengunjungnya, pemilik coolest-gadget.com membeli website saingannya yang memiliki nama coolestgadget.com tersebut.

3. Mudah Dieja dan Diingat

Sebagian besar pengguna internet tidak pernah membookmark website. Mereka hanya mengingat nama domain. Oleh karena itu, saat mereka hendak mengunjungi website favoritnya, yang mereka lakukan adalah mengetikkan nama domain website tersebut di browser. Jika nama domain bersangkutan panjang, tidak mudah diingat dan dieja, maka website tersebut akan susah dituju.

Sebagai contoh, sophisticatedentrepreneur.com. Nama domain ini akan sulit diketikkan di browser, dan orang yang tidak bisa berbahasa Inggris yang jumlahnya banyak di Indonesia tidak akan mengakses website ini karena tidak mengerti cara menulisnya.

4. Nama Domain Yang Dapat Mendeskripsikan Dirinya Sendiri

Deskriptif artinya memberikan gambaran yang jelas mengenai blog atau website bersangkutan. Contohnya seperti, saat kita ingin tahu ulasan film terbaru dan mengetikkan kata kunci tersebut di Google.

Misalnya urutan pertama adalah hello123.com dan di urutan ketiga ada ulasanfilm.com. Yang mana yang akan kita klik terlebih dahulu? Besar kemungkinan yang kita klik terlebih dahulu adalah ulasanfilm.com.

5. Memiliki Extensi .com Atau Extensi Lokal Seperti .id

Seperti kita ketahui, ada beberapa nama ekstensi domain. Lembaga atau organisasi cocok dengan ekstensi .org. Untuk beberapa online shop yang menargetkan pasar lokal sangat disarankan meregister domain lokal (.us, .id, .sg dan lainnya). Dan jika bukan merupakan online shop yang menargetkan pasar lokal tersebut, domain .com adalah yang terbaik karena paling banyak digunakan dan lebih gampang diingat.

Contoh nyata pentingnya domain .com dibuktikan oleh salah satu blog terkemuka dunia, problogger.net. Ia membuat blognya di ekstensi .net. Meskipun sudah begitu terkenal, banyak pengunjung yang masih salah menuju blognya karena mengetikkan alamat blog di problogger.com.

Dua tahun setelah problogger.net dibuat, blog asal Australia ini akhirnya memutuskan membeli problogger.com (yang telah dibeli orang lain) seharga 5000 USD dan mengarahkannya (redirect) ke problogger.net.

Penutup

Jangan khawatir jika nama domain Anda sekarang tidak memiliki salah satu dari ciri-ciri tersebut. Ciri-ciri tersebut hanya merupakan satu panduan (terlebih untuk yang baru memulai membuka toko onlinenya). Ada juga beberapa website dan toko online terkenal di dunia yang tidak sesuaai beberapa ciri-cri di atas, tapi mereka masih tetap saja terkenal.

Untuk yang ingin membuka toko online, Berdu menyediakan domain .com gratis jika Anda membeli paket tahunan.
Coba gratis platform toko online Berdu selama 7 hari!